Seribu Bibit Kehidupan untuk Melawan Perubahan Iklim

Jurnalis : Novia Ferryani (Tzu Chi Singkawang), Fotografer : Agustinus, Kornelia Mawarni (Tzu Chi Pontianak)

Untuk mempertahankan dan melestarikan hutan mangrove, relawan Tzu Chi Pontianak bekerja sama dengan masyarakat setempat melakukan aksi penanaman 1.000 pohon mangrove pada 24 September 2023.

Hutan mangrove adalah kumpulan pohon mangrove yang biasanya ditanan di sepanjang pantai atau muara sungai. Tanaman ini memiliki toleransi tinggi terhadap air asin dan dapat mencegah erosi dan abrasi pantai. Pertumbuhan mangrove dipengaruhi oleh pasang surut perpaduan antara air sungai dan air laut. Berkat kemampuannya untuk menyerap karbon dalam jumlah besar, pohon mangrove merupakan salah satu senjata untuk melawan perubahan iklim, namun ekosistemnya mulai berkurang dan terancam.

Untuk mempertahankan dan melestarikan hutan mangrove, relawan Tzu Chi Pontianak bekerja sama dengan masyarakat setempat melakukan aksi penanaman 1.000 pohon mangrove pada 24 September 2023. Dengan dukungan bibit dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Pontianak, penanaman dilaksanakan di Desa Sungai Kupah Pontianak, dimana masih tersedia cukup luas lahan yang dapat ditanami pohon mangrove.

Dengan semangat melaksanakan misi pelestarian lingkungan, 35 relawan berkumpul di kantor Tzu Chi Pontianak pada pukul 05.30 WIB yang berlokasi di area Mega Mall Pontianak. Jarak tempuh menuju lokasi penanaman memerlukan waktu sekitar satu setengah jam, relawan berangkat dengan menggunakan 4 mobil dan 1 mobil pick up.

Lim Siak Ho, memimpin rombongan untuk melakukan penanaman bibit mangrove di Desa Sungai Kupah Pontianak.

Sesampainya di lokasi, relawan disambut baik oleh pengelola kawasan tersebut. Pihak pengelola juga dengan senang hati mengajarkan para relawan cara penanaman tanaman mangrove yang baik.

“Saya merasa sangat bahagia menjadi salah satu insan Tzu Chi yang bisa ikut berpartisipasi dalam pelestarian alam dan lingkungan dimana ini merupakan salah satu misi dari 8 jejak Dharma Tzu Chi. Dalam kesempatan ini, saya berharap agar lebih banyak lagi insan Tzu Chi dan masyarakat luas bisa ikut serta untuk merasakan kebahagiaan saat menjadi bagian yang berkontribusi dalam pelestarian alam semesta dan sekitarnya,” ungkap Lim Siak Ho yang merupakan relawan senior pendamping kegiatan ini.

Tjia Tjheng beserta istri merupakan relawan yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini mengucapakn terima kasih kepada relawan senior Jakarta yang sudah membimbing dan mendukung serta relawan muda-mudi Pontianak sehingga kegiatan ini bisa terwujud dan terlaksana dengan baik.

Bibit mangrove yang didapat dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Pontianak berukuran 50-70cm.

“Kami merasa sangat terharu melihat semangat relawan Pontianak yang mana setelah acara penanaman ini selesai seluruh relawan bernyanyi bersama lagu satu keluarga dengan wajah yang berseri bahagia. Kami berharap apa yang telah kami tanam bisa tumbuh dengan baik sehingga dapat menciptakan ekosistem yang baru untuk keberlangsungan kehidupan generasi selanjutnya,” ujar Tjia Tjheng.

Editor: Metta Wulandari


Artikel Terkait

Mencegah Erosi dan Abrasi Lewat Penanaman Mangrove

Mencegah Erosi dan Abrasi Lewat Penanaman Mangrove

22 November 2017
Dengan sangat antusias, relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun bersama anggota TNI dan masyarakat menanam pohon mangrove di Pantai Pelawan. Tanam mangrove merupakan salah satu bentuk nyata menyayangi bumi.
Seribu Bibit Kehidupan untuk Melawan Perubahan Iklim

Seribu Bibit Kehidupan untuk Melawan Perubahan Iklim

03 Oktober 2023
Relawan Tzu Chi Pontianak bekerja sama dengan masyarakat, serta Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Pontianak melakukan aksi penanaman 1.000 pohon mangrove pada 24 September 2023 untuk mempertahankan dan melestarikan hutan mangrove.
Menanam Mangrove untuk Menyelamatkan Bumi

Menanam Mangrove untuk Menyelamatkan Bumi

14 Oktober 2019

Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) TBK melaksanakan kegiatan penanaman mangrove serentak di seluruh Indonesia. Salah satunya di Tanjung Balai Karimun yang diikuti oleh 11 orang relawan Tzu Chi dengan menanam 5.000 bibit mangrove di Pantai Dusun Pelambung.

Jika menjalani kehidupan dengan penuh welas asih, maka hasil pelatihan diri akan segera berbuah dengan sendirinya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -