Setetes Darah Anda Bermanfaat Bagi Orang Lain

Jurnalis : Siti (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Calvin (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun


Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali melakukan kegiatan donor darah, Minggu, 29 April 2018. Sebanyak 25 relawan Tzu Chi berpartisipasi dalam kegiatan yang akan rutin dilakukan tiap tiga bulan sekali ini.

Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Setetes darah dapat menjadi sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Karena itu Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan donor darah, Minggu 29 April 2018. Donor darah sebelumnya digelar pada Januari 2018. 

Tepat pukul 09.00 WIB donor darah pun dimulai dengan doa bersama agar acara yang dilaksanakan hari itu berjalan lancar. Kali ini relawan juga menyiapkan laptop untuk mengecek berapa kali peserta sudah ikut bersumbangsih. Terkadang pendonor terburu-buru berangkat dari rumah sehingga lupa membawa kartu donornya.


Tampak para relawan Tzu Chi dengan teliti dan bekerja sama saat melakukan pendataan persyaratan yang harus dimiliki oleh para pendonor.


Raut wajah kebahagiaan yang dipancarkan oleh para relawan yang berhasil mendonorkan darahnya. Sembari menunggu proses donor darah mereka juga saling melempar candaan-candaan kecil untuk menghangatkan suasana.

Kali ini banyak pendonor yang tidak lolos dalam cek tekanan darah, di antaranya karena kurang tidur. Tapi Surtina, salah satu pendonor yang sudah enam tahun bervegetaris ini telah menyiapkan diri dengan sangat baik sebelum mengikuti donor darah.

“Saya memperbanyak minum jus tomat karena biasanya orang yang bervegetarian saat test HB tidak tuntas. Saya juga memperoleh protein dari kedelai,” ucap Surtina yang mendapatkan informasi kegiatan ini melalui grup di Whatsapp.


Surtina salah satu pendonor yang sudah mempersiapkan diri untuk bisa mendonorkan darahnya untuk membantu orang yang membutuhkan.


Lenni Herdina mengutarakan perasaannya saat pertama kali mendonorkan darahnya, “Walaupun ada rasa takut tapi tetap saya melangkah untuk donor darah,” ucap Lenni.

Sementara bagi Lenni Herdina (25), donor darah kali ini merupakan yang pertama kali baginya. “Walaupun ada rasa takut tapi tetap saya melangkah untuk donor darah,” Ucap Lenni. Lenni sendiri mendapatkan info donor darah yang diadakan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun ini dari rekan kerjanya.   

Para relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun juga mengucapkan terima Kasih kepada petugas Palang Merah Indonesia (PMI) yang  telah membantu kegiatan donor darah sehingga berjalan sukses. Setetes Darah sangat penting bagi orang yang membutuhkan, jadi tunggu apa lagi ayo! bersama-sama donor darah.

Editor: Khusnul Khotimah



Artikel Terkait

Mendonorkan Darah untuk Membantu Sesama

Mendonorkan Darah untuk Membantu Sesama

25 Agustus 2020

Pada 15 Agustus 2020 Tzu Chi Bandung mengadakan bakti sosial donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) yang berlangsung di Jing Si Tzu Chi Bandung, Jl. Jend. Sudirman no 628.

Setetes Darah Menyelamatkan Banyak Jiwa

Setetes Darah Menyelamatkan Banyak Jiwa

15 Desember 2021

Tzu Chi Bandung bekerja sama dengan PT. Gistex mengadakan kegiatan donor darah. Dalam kegiatan ini, sebanyak 120 kantong darah berhasil dikumpulkan.

Dari Saat Ini Hingga Nanti

Dari Saat Ini Hingga Nanti

09 April 2018
Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2 mengadakan kegiatan donor darah di RPTRA Kembangan Utara, Jakarta pada tanggal 7 April 2018 untuk menyelamatkan jiwa sesama yang membutuhkan darah.
Seulas senyuman mampu menenteramkan hati yang cemas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -