Setetes Darah untuk Membantu Banyak Orang

Jurnalis : Nydia Pangesti (He Qi Pusat), Fotografer : Deddy, Nydia Pangesti (He Qi Pusat)

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li Jembatan Lima) bekerja sama dengan RSUP Fatmawati kembali mengadakan bakti sosial donor darah di Trade Mall Seasons City pada 7 Mei 2023.

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li Jembatan Lima) kembali mengadakan bakti sosial donor darah yang mana rutin diselenggarakan setiap tiga bulan sekali. Tepatnya Minggu, 7 Mei 2023 dan berlokasi di Trade Mall Seasons City, kegiatan donor darah ini dihadiri 25 orang relawan Tzu Chi dan 8 orang tenaga kesehatan dari RSUP Fatmawati.

Sejak pukul 11.00, para pendonor sudah mulai berdatangan dan diarahkan oleh para relawan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelahnya, pendonor akan dilakukan pemeriksaan pendahuluan dengan pengukuran berat badan, pengecekan tekanan darah, pemeriksaan kadar Hemoglobin (Hb) darah dan pemeriksaan golongan darah bagi pendonor pemula. Pendonor yang dinyatakan lolos pemeriksaan pun diperkenankan untuk ke tempat pengambilan darah. Usai bersumbangsih, pendonor dapat beristirahat dan menikmati hidangan ringan yang disajikan oleh para relawan.

Sebelum mendonorkan darahnya para peserta melakukan tensi dan pengecekan Hb darah terlebih dahulu.

Lucky (36) peserta yang sudah 24 kali mendonorkan darahnya, merasa senang bisa menjadi salah satu pendonor dalam kegiatan ini.

Lucky (36), sudah 24 kali berhasil mendonorkan darahnya. “Ini yang kedua kalinya, berdonor darah di kegiatan Tzu Chi. Saya memang senang berbagi dan untuk kegiatan sosial saja, selain itu juga baik untuk kesehatan," ujarnya. Menurutnya, kegiatan donor darah yang diadakan Tzu Chi bagus karena teratur, cepat dan rapi prosesnya.

Salah satu relawan Tzu Chi yang ikut bersumbangsih dalam kegiatan ini adalah Ferliesa (18). Awalnya ia tertarik karena mengikuti orang tuanya. “Penasaran juga rasanya mendonor. Ini sudah ketiga kalinya berdonor, dan ternyata tidak ada efek setelah mendonor. Merasa senang bisa berbagi," tuturnya.

Dari total 66 peserta yang mendaftar, hanya 39 orang yang berhasil mendonorkan darahnya. Salah satu Nakes dari RSUP Fatmawati mengatakan bahwa rata-rata pendonor yang gagal dikarenakan kadar tekanan darah tidak mencapai batas 110/70-150/90 mmHg dan batas kadar hemoglobin 12,5-17 gr/dL% serta batas usia yang sudah di atas 65 tahun.

Ferliesa (18), salah satu relawan Tzu Chi untuk ketiga kalinya mendonorkan darahnya.

Koordinator Bakti Sosial Donor Darah, Haryogi mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan rutin ini untuk membantu ketersediaan stok darah di RSUP Fatmawati. Oleh karenanya, kegiatan ini didukung semaksimal mungkin oleh para relawan Tzu Chi.

"Tzu Chi terus bersumbangsih untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan menjadi wadah para relawan untuk melatih diri bersama-sama. Saya ucapkan terima kasih juga kepada semua relawan yang sudah hadir. Walau kehadiran pendonor cukup berkurang banyak dibandingkan dengan tiga bulan lalu, tetapi para relawan tetap kompak dalam acara ini," ungkap Haryogi.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Aksi Donor Darah Tzu Chi di Hari Juang Kartika

Aksi Donor Darah Tzu Chi di Hari Juang Kartika

09 Desember 2016

Banyak cara untuk menolong orang lain, salah satunya dengan berdonor darah. Seperti bakti sosial donor darah  yang digelar Tzu Chi Bandung bekerja sama dengan banyak pihak pada 6 Desember 2016. Kegiatan ini digelar juga dalam rangka Hari Juang Kartika atau ulang tahun TNI Angkatan Darat.

Sumbangsih dengan Donor Darah

Sumbangsih dengan Donor Darah

10 September 2014 Relawan Tzu Chi Batam bekerja sama dengan PMI Batam dan PT OSI Electronics mengadakan bakti sosial donor darah untuk yang pertama kalinya pada Sabtu, 30 Agustus 2014.
Yuk! Bantu PMI dengan Berdonor Darah

Yuk! Bantu PMI dengan Berdonor Darah

18 Juni 2016

Persediaan darah Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta pada bulan puasa menipis hingga 90 persen. Karena itulah DAAI TV membantu dengan menggelar kegiatan donor darah.

Keindahan sifat manusia terletak pada ketulusan hatinya; kemuliaan sifat manusia terletak pada kejujurannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -