Setetes Darah yang Sangat Berarti

Jurnalis : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Stephen, Fraderik (Tzu Chi Palembang)
Sebanyak 123 orang mendaftarkan diri untuk bisa menyumbangkan darahnya.

Bersyukurlah kepada orang yang menerima bantuan kita, karena mereka memberi kesempatan baik bagi tercapainya pembinaan rasa cinta kasih kita.
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Di penghujung bulan Oktober, tepatnya Minggu 31 Oktober 2021, relawan Tzu Chi Palembang yang ada di komunitas Xie Li Radial mengadakan donor darah. Kegiatan ini digelar di Kelenteng Chu yang beralamat di Jl. Putri Rambut Selako Sungai Itam, Bukit Lama, Kec. Ilir Barat I, Palembang.

Donor darah berlangsung sejak pukul 08.00 pagi hingga 12.00 siang. Sehari sebelumnya para relawan Tzu Chi dan petugas PMI bergotong royong mempersiapkan dan meyusun semua kebutuhan donor darah. Sinar mentari pagi yang cerah memberikan tambahan semangat untuk para relawan yang siap memulai melayani peserta pendonor darah.
 

Dari serangkaian tes, 101 orang berhasil mendonorkan darahnya.

Pada hari pelaksanaan, para peserta diwajibkan untuk melakukan registrasi serta menjalankan protokol kesehatan terkait Covid 19 seperti mencuci tangan hingga lengan dan cek suhu badan. Para peserta juga melakukan pengecekan golongan darah dan tes hemoglobin. Berikut serangkaian tahap yang harus dilakukan sebelum mendonorkan darahnya. Semua bagian terdapat beberapa relawan yang mengarahkannya agar tetap teratur dan rapi.

Ada sebanyak 123 donor yang hadir dan bertekad sepenuh hati untuk menyumbangkan darahnya. Namun dari serangkaian tes hanya 101 orang yang lolos.
 

Donor darah yang digelar Tzu Chi Palembang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang dan Kelenteng Chu ini menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Nita, warga di Perumahan Griya Cipta Sejahtera bersyukur bisa kembali mengikuti donor darah, apalagi donor darah yang diselenggarakan oleh Tzu Chi selalu memberikan kesan yang baik.

“Luar biasa dan perlu memberi apresiasi atas jiwa sosial kepada Yayasan Buddha Tzu Chi atas kegiatan ini. Pesan saya tingkatkan lagi kegiatan-kegiatan sosial seperti ini agar memberikan insprasi kepada masyarakat lainnya,” tuturnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Warga Budi Indah Bersumbangsih

Warga Budi Indah Bersumbangsih

18 Juli 2018
Sabtu, 14 Juli 2018 Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan kegiatan donor darah di Perumahan Budi Indah, Poris, Tangerang. Dalam kegiatan ini, sebanyak 36 warga berhasil mendonorkan darahnya.
Berbuat Kebajikan Melalui Donor Darah

Berbuat Kebajikan Melalui Donor Darah

25 Mei 2018

Pada Minggu, 20 Mei 2018, Tzu Chi Pekanbaru kembali menggelar kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Pekanbaru. Kegiatan ini pun berhasil mengumpulkan 87 kantong darah.


Benih Cinta Kasih Melalui Donor Darah

Benih Cinta Kasih Melalui Donor Darah

11 April 2016
Pada tanggal 24 Maret 2016, Yayasan Buddha Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), melaksanakan kegiatan donor darah dan penuangan celengan bambu di head office Sinar Mas.
Saat membantu orang lain, yang paling banyak memperoleh keuntungan abadi adalah diri kita sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -