Sinergi Tzu Chi Bersama TNI AL Dalam Peringatan Hari Armada Ke-78

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya

Ketua relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat, Johan Tando yang mewakili Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan satu karung beras @10 kg secara simbolis kepada warga di sekitar Mako Armada Kelurahan Kemayoran.

Bersyukur, bergembira, rela mengantre bukan jadi halangan bagi Setiawati (66). Yang ia bayangkan adalah sekarung beras berisi 10 kilogram yang bisa dimasak dan dimakan untuk memenuhi kebutuhan makan keluarga. Meskipun hanya 10 kg beras, tetapi bagi Setiawati dan para penerima bantuan beras bantuan dari Koarmada RI ini sangat berarti.

Mungkin 10 kg beras ini hanya bisa cukup untuk 10 hari saja, namun ungkapan cinta kasih dari prajurit TNI AL dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia akan selalu diingat oleh Setiawati dan penerima bantuan lainnya. Bagi Setiawati bantuan beras ini sedikit mengurangi dan memberi jeda untuk sekadar tidak membeli beras beberapa minggu saja.

Setiawati (kiri) salah satu warga dari Kelurahan Kemayoran dengan wajah sumringah menerima satu karung beras dari prajurit TNI AL.

Setiawati merupakan salah satu warga dari Kelurahan Kemayoran yang sehari-harinya berjualan makanan ringan dan minuman. Dengan wajah sumringah, ia menerima bantuan satu karung beras dari prajurit TNI AL dan berterima kasih kepada Tzu Chi yang sudah membantu meringankan ekonomi keluarganya. “Senang saya dapat beras ini, ngebantu banget. Apalagi beras lagi mahal sekarang,” ucap Setiawati sambil mengusap-usap karung beras yang ada di sampingnya.

Saling Dukung dan Bersinergi
Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Koarmada RI mengadakan bakti sosial memperingati Hari Armada ke-78 tahun 2023 bertempat di Mako Koarmada RI, Gunung Sahari, Jakarta Pusat pada Kamis 30 November 2023. Dalam kegiatan ini, Tzu Chi Indonesia memberikan dukungan bantuan berupa 1000 paket karung beras (@10 kg) untuk keluarga prasejahtera di Kelurahan Kemayoran. 

Panglima Komando Armada RI (Pangkoarmada RI) Laksdya TNI Herru Kusmanto, S.E., M.M. sangat berterimakasih kepada relawan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang telah mendukung dengan bantuan 1000 paket beras untuk dibagikan kepada keluarga prasejahtera di sekitar Mako Armada RI.

Panglima Komando Armada RI (Pangkoarmada RI) Laksdya TNI Herru Kusmanto, S.E., M.M.  berfoto bersama dengan penerima bantuan secara simbolis bersama mitra yang mendukung kegiatan Hari Armada 2023 yang salah satunya adalah Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Selain pembagian beras, dalam bakti sosial ini juga ada kegiatan donor darah yang diikuti 500 peserta, pemeriksaan gula darah untuk anggota TNI AL dan masyarakat, pembagian 1000 paket bahan kontak kepada masyarakat dan Pekerja Harian Lepas (PHL) Koarmada RI, memberikan bantuan untuk empat yayasan yatim piatu, bantuan Al-Quran untuk masjid, dan bantuan alkitab untuk gereja.

Bakti sosial ini dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada RI (Pangkoarmada RI) Laksdya TNI Herru Kusmanto, S.E., M.M di Mako Koarmada RI, Gedung O.B Syaaf.  Dalam sambutannya, Laksdya TNI Herru Kusmanto, S.E., M.M mengatakan sangat bangga atas terlaksanya bakti sosial dalam rangka Hari Koarmada 2023 yang mengusung tema “Koarmada RI Peduli dan Manunggal Bersama Rakyat Untuk Indonesia Maju”.

Relawan Tzu Chi bersama Pangkoarmada RI Laksdya TNI Herru Kusmanto beserta istri serta perwakilan PMI dan Lion Club bersama-sama meninjau langsung kegiatan donor darah, pembagian beras, pemeriksaan gula darah, dan pembagian sembako yang berlangsung di Gedung O.B Syaaf, Mako Armada RI, Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Bakti Sosial ini serentak dilaksanakan di daerah-daerah dan dapat dilihat secara virtual oleh seluruh jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia, seperti di Armada 1, Armada 2, dan Armada 3, Lantamal 1 sampai 14, Lanal, pangkalan TNI AL tipe B, C, semua serentak mengadakan bakti sosial donor darah dalam rangka menyambut, memeriahkan, dan memperingati Hari Armada ke-78 tahun 2023.

Pangkoarmada RI juga  mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak sehingga acara Hari Armada 2023 ini bisa terselenggara dengan baik. “Saya pribadi selaku panglima mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak dan Ibu-Ibu dari Yayasan Pundi Amal SCTV-Indosiar, dari PMI yang setiap tahun selalu bersama kita mengadakan donor darah dan saya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan dari Yayasan Buddha Tzu Chi, dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Sekolah Tinggi Ilmu Maritim, Sekolah Tinggi Angkatan Laut, dan rekan-rekan dari Universitas Trisakti, Universitas Krisdwipayana, dan saya terima kasih kepada panitia yang sudah menjalakankan kegiatan ini secara serentak di seluruh Indonesia,” tutur Laksdya TNI Herru Kusmanto.

Relawan Tzu Chi yang menghadiri acara Hari Koarmada RI ke-78 2023 ini berkesempatan untuk foto bersama dengan Panglima Komando Armada RI (Pangkoarmada RI) Laksdya TNI Herru Kusmanto, S.E., M.M. dan jajaran dari Koarmada RI.            

Pada sambutannya Panglima Koarmada RI juga mencanangkan tiga program TNI AL dalam memperingati Hari Koarmada 2023, yaitu Gerakan Mako dan TNI AL Bersih, Tertib, dan Rapi, Program wisata TNI AL, dan Gerakan senang pantai dan laut bersih. “Tiga program ini akan kami canangkan dalam rangka mewujudkan Koarmada RI mulai dari Sabang sampai Merauke dari Pulau Miana sampai Pulau Rote tentunya bisa lebih bersih, tertib, rapi, lestari sekaligus bermanfaat bagi prajurit dan masyarakat di sekitar kompleks TNI AL,” jelas Laksdya TNI Herru Kusmanto.

Pada kesempatan itu Panglima Koarmada Ri berkesempatan untuk meninjau kegiatan bakti sosial yang sedang berlangsung di Gedung O.B Syaaf seperti kegiatan donor darah, pemeriksaan gula darah, pembagian beras dan sembako kepada masyarakat di sekitar Mako Armada RI.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Penyaluran 242 Ton Beras Cinta Kasih di Jawa Barat

Penyaluran 242 Ton Beras Cinta Kasih di Jawa Barat

04 Desember 2020
Tzu Chi Bandung bersama Polda Jabar mengadakan pelepasan bantuan beras cinta kasih, Kamis 3 Desember 2020. Bantuan ini ditujukan bagi warga yang benar-benar membutuhkan.
Sukacita Warga Kelurahan Sunter Agung Mendapat Paket Sembako Tzu Chi

Sukacita Warga Kelurahan Sunter Agung Mendapat Paket Sembako Tzu Chi

04 April 2022

Sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga pada bulan puasa. Karena itu dari tahun ke tahun, Tzu Chi Indonesia tak pernah absen menyalurkan paket sembako di bulan puasa guna meringankan kesulitan masyarakat kurang mampu.

Berbagi Cinta Kasih untuk Warga Kampung Sumur

Berbagi Cinta Kasih untuk Warga Kampung Sumur

10 November 2022

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas menyalurkan cinta kasih untuk warga Kampung Sumur, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (5/11/2022). Relawan menyalurkan beras 300 paket dan 500 paket makan siang. 

Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -