Sosialisasi dan Tour Aula Jing Si Bertajuk Welcome Home

Jurnalis : Valeska Vania Lee (Tzu Ching), Fotografer : Vivi Angel, Michelle Aprilia, Valeska Vania Lee (Tzu Ching)

Seluruh peserta dan panitia berfoto bersama setelah acara Welcome Home yang berlangsung di Aula Jing Si, Tzu Chi Center berakhir.

Pada 3 Juli 2022, Tzu Ching Indonesia mengadakan acara berjudul Welcome Home, yaitu kegiatan sosialisasi tentang Tzu Chi, Tzu Ching, serta tour aula Jing Si (Jing Si Tang), yang berlokasi di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kegiatan pun diikuti dengan penuh antusias oleh para panitia dan peserta dari berbagai daerah, setelah sebelumnya kegiatan besar Tzu Ching sempat terhenti karena pandemi Covid-19 yang melanda.

Jumlah peserta Welcome Home mencapai 77 orang dari Jakarta, Tangerang, serta Bandung. Sedangkan panitia berjumlah 41 orang yang terdiri dari Tzu Ching, Tzu Shao (murid kelas budi pekerti Tzu Chi), serta Xue Zhang Jie (kakak kelas Tzu Ching) dari Jakarta, Tangerang, serta Bandung juga.

Usai melakukan registrasi, peserta diarahkan menuju ruang Xi She Ting dan masuk dalam kelompok sebanyak 6 hingga 11 orang dengan 1 orang mentor yang berasal dari Tzu Ching maupun Xue Zhang Jie. Acara pun segera dimulai oleh MC dengan berbagai rangkaian acara perkenalan seperti games hingga shou yu (isyarat tangan) yang dibawakan oleh Tzu Ching dan Xue Zhang Jie. Acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Acara Welcome Home yaitu Tirta Budi Kusuma, yang merupakan Tzu Ching dari relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur.

Hasan Xue Zhang membawakan materi perkenalan Tzu Chi dan Tzu Ching kepada para peserta Welcome Home.

Salah satu Xue Zhang pembawa tour, Adi Nugroho (kanan), memperkenalkan peserta dengan ruangan dan produk Jing Si Book and Café.

Selang beberapa waktu, kegiatan sosialisasi pun dibawakan oleh Hasan Xue Zhang (kakak kelas laki-laki), yang menjelaskan tentang Tzu Chi serta Tzu Ching kepada para peserta. Hasan yang dulunya merupakan seorang Tzu Ching pun berbagi kesan, bahwa bergabung dalam barisan Tzu Ching membuat dirinya bisa mendapatkan teman sekaligus keluarga baru.

Acara pun berlanjut menuju kegiatan tour Aula Jing Si, yang ditujukan untuk mengenalkan tujuh lokasi Aula Jing Si kepada para peserta, yaitu Jing Si Book and Café, relief Perjalanan Hidup dan Sapi Putih, lobi pameran, Fu Hui Ting dan langit-langit bergambar malaikat, pintu tembaga, Jiang Jing Tang, serta replika Pondok Master Cheng Yen. Masing-masing lokasi dikenalkan dan dijelaskan oleh para Xue Zhang Jie kepada setiap dua kelompok secara bergiliran. Antusiasme peserta pun terlihat dari keaktifan bertanya, membeli produk dari Jing Si Book and Café, hingga berswafoto untuk mengabadikan momen.

Dalam acara Welcome Home ini, MC juga mengajak para panitia dan peserta untuk menyanyikan lagu Cinta dan Damai serta berdoa sesuai agama masing-masing. Rangkaian acara Welcome Home pun selesai sekitar pukul 12.00 WIB, dan para peserta diarahkan turun menuju kantin untuk makan siang. Menu makan siang berupa nasi tumpeng mini yang disiapkan oleh Jhony shixiong dan panitia konsumsi ini pun mengakhiri rangkaian acara Welcome Home.

Salah satu peserta, Mysella (ketiga dari kiri), mendengarkan penjelasan tour di replika Pondok Master Cheng Yen.

Agassi (kiri), peserta dari Jakarta bermain games perkenalan dengan salah satu Xue Zhang.

Meskipun kegiatan sudah berakhir, namun kesan mendalam pun dirasakan oleh para peserta, seperti Mysella, peserta asal Tangerang. “Aku baru pertama kali ikut acara ini (Tzu Ching), sangat terasa kekeluargaannya, teman-teman yang baru bertemu pun sangat welcome,” ungkap Mysella. Usai mengikuti tour Jing Si Tang, Mysella pun mengaku kagum dengan bangunan Tzu Chi Center.

Peserta lainnya asal Jakarta, yaitu Agassi, merasa kegiatan Welcome Home ini sangat penting dan bermanfaat. “Dengan ikut Tzu Chi tour tadi, jadi tahu sejarah Tzu Chi dari mana, kegiatan yang dilakukan Tzu Chi apa saja, semua ada pondasinya. Itu membuat aku semakin terinspirasi untuk berbuat kebaikan kepada orang-orang di sekitar,” jelasnya. Semoga dengan mengikuti kegiatan Welcome Home, para peserta dapat turut memperpanjang barisan relawan Tzu Chi untuk terus menyebarkan kebaikan.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Kembali ke Tekad Awal

Kembali ke Tekad Awal

25 Juli 2014

Tzu Chi Palembang pun memiliki program bahwa setiap hari kamis diawal bulan akan selalu diadakan sosialisasi dengan tema yang berbeda. Ini dilakukan agar insan Tzu Chi yang baru bergabung dapat mengetahui hal-hal apa saja yang telah dilakukan oleh Tzu Chi Palembang sekaligus membangkitkan rasa cinta kasih dan peduli terhadap sesama, sehingga bisa bersama-sama menjadi barisan Tzu Chi yang solid dalam menyebarkan benih-benih kebajikan.

Sosialisasi Relawan Baru Tzu Chi Tangerang

Sosialisasi Relawan Baru Tzu Chi Tangerang

28 Februari 2018
Tzu Chi Tangerang mengadakan kegiatan sosialisasi relawan baru di Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Tangerang yang berlokasi di Ruko Pinangsia Karawaci, Tangerang pada Sabtu, 24 Februari 2018.
Menyemai Jalinan Jodoh Dengan Warga Tanjung Balai

Menyemai Jalinan Jodoh Dengan Warga Tanjung Balai

17 Juni 2022

Relawan Tzu Chi Tebing Tinggi mengadakan kegiatan sosialisasi dan pengenalan Tzu Chi kepada masyarakat Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara pada 12 Juni 2022.

Menyayangi diri sendiri adalah wujud balas budi pada orang tua, bersumbangsih adalah wujud dari rasa syukur.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -