Sukacita Natal di Perumahan Cinta Kasih Sentani, Jayapura

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)

Pastur John Bunay memberikan khotbah Natal dalam ibadah Pra-Natal 2023 yang diadakan bagi warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani.

Setelah 2 tahun vakum berkegiatan, warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani akhirnya kembali berkumpul dan bersukacita bersama relawan Tzu Chi Jayapura dan relawan Tzu Chi Sinar Mas wilayah Jayapura. Momen berkumpul ini diadakan dalam rangka ibadah Pra-Natal 2023 yang juga dihadiri oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Papua dan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Papua, Sabtu 9 Desember 2023.

Antusiasme dalam menyambut ibadah Pra-Natal ini sudah dimulai sejak persiapan, mulai dari rapat, pengumpulan data, survei, hingga hari H pelaksanaan. Dari hasil survei itu, ada 300 KK dan 250 anak berusia 4 hingga 12 tahun. Apabila semua dijumlahkan, ada sekitar seribu (1.000) warga yang hadir di sana.

Tarian Bencana oleh warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani. Tarian bencana ini diciptakan untuk dipentaskan oleh para warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani di ibadah Pra-Natal 2023.

Pastur John Bunay yang melayani di dalam ibadah mengutip sebuah ayat bahwa, Apapun agamamu, jika sudah melayani sesama manusia, engkau sudah melaksanakan kehendak-Ku.”

Pastur John Bunay melanjutkan, “Saya sudah sering mengikuti kegiatan ibadah yang dilakukan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan berterima kasih atas pelayanan yang dilakukan kepada masyarakat dimana saja mereka berada. Ditambah lagi, para warga perumahan bercerita bahwa Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani dibangun oleh Tzu Chi dan diberikan secara cuma-cuma kepada para warga terdampak banjir bandang di Sentani tahun 2019.”

Sambutan Ketua Panitia Perayaan Pra-Natal 2023 oleh Hendra Santoso.

Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani ini memang dibangun berkat kerja sama banyak pihak, antara lain: Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang didukung oleh Sinar Mas Group dan IndoFood bersama BNPB RI, serta Pemkab Jayapura. Sebanyak 300 rumah tipe 36 yang dibangun di atas lahan seluas 7 hektar.

Ketua Panitia Perayaan Pra-Natal 2023 Hendra Santoso mengatakan, Kebersamaan, kedamaian saat ini kiranya akan terus ada bahkan ketika perayaan menyambut Natal ini telah selesai. Kebersamaan yang dibangun kiranya senantiasa dilandasi atas cinta kasih Kristus sehingga kebersamaan yang tercipta itu bisa terus berlanjut seterusnya.”

Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani dibangun atas kerja sama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang didukung oleh Sinar Mas Group dan IndoFood bersama BNPB RI, serta Pemkab Jayapura. Sebanyak 300 rumah tipe 36 dibangun di atas lahan seluas 7 hektar bagi warga terdampak banjir bandang Sentani pada tahun 2019.

Berbagi Kegembiraan
Dalam Ibadah Pra-Natal ini juga relawan memperagakan isyarat tangan Satu Keluarga bersama anak-anak Perumahan Cinta Kasih. Para warga juga membawakan nyanyian dan tarian-tarian. Di waktu peragaan tarian yang dinamakan Tarian Bencana ini, tidak sedikit para warga meneteskan air mata karena teringat ayah, ibu, suami, istri, adik, kakak dan handai taulan lain yang menjadi korban banjir bandang. Tarian ini dibawakan dengan gaya etnik Suku Sentani dan bahasa Sentani. Tarian bencana ini diciptakan untuk dipentaskan oleh para warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani di ibadah Pra-Natal 2023.

Untuk melengkapi sukacita Natal, pada kesempatan itu sebanyak 300 bingkisan Natal dibagikan kepada 300 KK yang hadir.  Bingkisan itu berupa 5 kg beras, 1 liter minyak, 1 kg gula, 1 kotak the, dan 1 kaleng susu. Tzu Chi Sinar Mas wilayah Jayapura juga turut mendukung bingkisan tersebut dengan menambahkan 5 kg beras untuk masing-masing KK, sehingga warga menerima total beras sebanyak 10 kg. Bagi anak-anak, relawan memberikan bingkisan 250 paket berupa tumbler, biskuit dan permen.

Since Monim warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Sentani (kiri – rompi) dan Venny, relawan Tzu Chi di Jayapura (kanan – rompi) merupakan dua relawan yang turut serta turun ke lapangan mendampingi relawan Tzu Chi sejak persiapan kegiatan dimulai.

PJ Gubernur Papua Dr. Ridwan Rumasukun, SE, MM., yang diwakili oleh Fungsional Analisis Kebijakan Yan Piet Rawar menuturkan sukacitanya melihat keharmonisan yang terus hidup berdampingan. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang berada di Papua, juga berterima kasih kepada relawan dan lembaga-lembaga lainnya yang terus bersinergi bersama Pemerintah Provinsi dan Kabupaten yang melalui misi kemanusiaan dengan berlandaskan cinta kasih universal bersumbangsih untuk masyarakat tanpa membeda bedakan suku, agama, ras, dan etnis, terus bersumbangsih kepada masyarakat di Papua.”

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Berbagi Kasih dan Kebahagiaan Dengan Anak Panti Asuhan Immanuel Palu

Berbagi Kasih dan Kebahagiaan Dengan Anak Panti Asuhan Immanuel Palu

22 Desember 2022

Dalam rangka menyambut hari Natal 2022, relawan Tzu Chi Palu pada Sabtu, 17 Desember 2022 mengadakan kunjungan ke Panti Asuhan Immanuel dan membagikan bingkisan Natal kepada anak-anak di sana.

Semua Berbahagia Menyambut Natal

Semua Berbahagia Menyambut Natal

09 Januari 2024
Relawan Tzu Chi dari berbagai komunitas merayakan Natal dengan berbagai kegiatan seperti membersihkan rumah ibadah, kunjungan kasih, memberikan paket bantuan dan bingkisan yang menjadi salah satu bentuk toleransi.
Lilin Cinta Kasih Universal Menambah Terang Natal 2022

Lilin Cinta Kasih Universal Menambah Terang Natal 2022

28 Desember 2022

Cinta kasih universal selalu menjadi awal terjalinnya jodoh baik antar umat manusia. Sebanyak 400 paket cinta kasih dari relawan Tzu Chi Cikarang kepada Paroki Cikarang Gereja Ibu Teresa menjadikan Natal 2022 semakin istimewa.  

Menyayangi diri sendiri adalah wujud balas budi pada orang tua, bersumbangsih adalah wujud dari rasa syukur.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -