Sumbangsih Muda-Mudi Tzu Chi dalam Baksos Kesehatan Degeneratif

Jurnalis : Dea Paramita (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Kho Kiho, Restuti, Dea Paramita (Tzu Chi Pekanbaru)
Tzu Ching dan tunas relawan Tzu Chi Pekanbaru membantu kegiatan baksos kesehatan degeneratif ke dua yang dilaksanakan di SDN 073, Jl. Sidomulyo, Pekanbaru.

Pada Minggu, 24 Juli 2022, Tzu Chi Pekanbaru mengadakan Bakti Sosial Kesehatan Degeneratif yang kedua di SDN 073, Jl. Sidomulyo, Pekanbaru. Baksos ini merupakan lanjutan dari kegiatan baksos yang sama pada bulan Juni 2022 lalu. Kegiatan kali ini diikuti 5 dokter dan 10 tenaga tim medis TIMA Pekanbaru yang didukung oleh 79 relawan Tzu Chi Pekanbaru.

Dalam kegiatan ini, tim medis dan relawan kemudian memberikan pelayanan kesehatan kepada 90 warga yang kembali untuk melakukan kontrol yang kedua. Selain itu, sebanyak 85 warga untuk pertama kalinya juga hadir untuk memeriksa kesehatannya.

Tunas relawan Tzu Chi Pekanbaru membantu mengecek suhu tubuh salah satu peserta baksos kesehatan degeneratif.

Lancarnya baksos kesehatan degeneratif kali ini tak lepas dari peran Tzu Ching (Muda-Mudi Tzu Chi) dan tunas relawan Tzu Chi Pekanbaru. Gerimis yang turun saat pagi, juga tidak menyurutkan semangat para Tzu Ching dan tunas relawan. Dengan antusias, mereka tetap menjalankan tugas mereka di pos yang telah ditentukan. Mulai dari bagian pengecekan suhu, pendaftaran, sosialisasi, pemeriksaan, konsultasi dokter, dan farmasi. Dalam kegiatan baksos kesehatan degeneratif ini, para Tzu Ching dan tunas relawan selain berkesempatan untuk berbuat kebajikan juga dapat mempelajari ilmu baru.

M. Habibullah (kanan) dengan salah satu Tzu Ching dengan penuh cinta kasih membantu salah satu pasien.

“Dalam baksos kali ini, para Tzu Ching dan tunas relawan Tzu Chi sangat membantu. Saya berharap ke depannya, mereka bisa tetap aktif karena dalam setiap kegiatan karena bisa mempelajari banyak hal yang dapat menambah kualitas mereka sebagai manusia,” ucap Mariany Heriko, koordinator pendaftaran pada baksos kesehatan degeneratif kali ini.

Setelah baksos, para Tzu Ching dan tunas relawan berkumpul membagikan pengalaman yang telah mereka dapatkan dari baksos kesehatan degeneratif ini. “Saya sangat senang bisa bersumbangsih dalam baksos kali ini. Karena saya mendapat banyak pelajaran, seperti cara menghadapi orang-orang. Saya merasa senang karena bisa membantu dan berbuat kebajikan,” ungkap M. Habibullah, salah satu tunas relawan yang bertugas di bagian farmasi.

Setelah kegiatan baksos kesehatan degeneratif selesai, para Tzu Ching dan tunas relawan Tzu Chi Pekanbaru juga sharing tentang pengalaman yang didapat selama membantu baksos kesehatan degeneratif.

Tzu Ching dan tunas relawan Tzu Chi merupakan salah satu bagian dari komunitas Tzu Chi yang penting, karena merupakan harapan masa depan. Bertambahnya barisan Tzu Ching merupakan cerminan dari harapan akan berkembangnya Tzu Chi di masa depan. Karena itulah, para Tzu Ching dan tunas relawan diharapkan dapat mempraktikkan kebajikan bersama-sama.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Pentingnya Kesehatan di Usia Senja

Pentingnya Kesehatan di Usia Senja

07 Juni 2016

Menyadari pentingnya kesehatan di usia senja, insan Tzu Chi komunitas Pusat Grosir Cililitan (PGC) kembali mengundang para pasien lanjut usia dari Dusun 01, 02, dan 03, Karang Baru, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi untuk datang memeriksa kesehatan mereka pada kegiatan follow up kedua penyakit degeneratif.

Pelayanan Medis yang Humanis

Pelayanan Medis yang Humanis

18 Februari 2014 Secara umum penyakit degenerative adalah penyakit penurunan fungsi tubuh yang disebabkan oleh faktor usia (karena proses penuaan), 4 faktor utama penyebabnya adalah pola makan yang tidak sehat, jarang berolah raga, stress dan istirahat yang tidak cukup.
Edukasi Kesehatan Melalui Baksos Degeneratif

Edukasi Kesehatan Melalui Baksos Degeneratif

28 Februari 2020
Tzu Chi Bandung mengadakan baksos kesehatan degeneratif bagi warga Kelurahan Campaka, Kecamatan Andir, Kota Bandung. Baksos kesehatan diadakan pada Minggu, 23 Februari 2020 di Sekolah Dasar Negeri 091 Cibereum .
Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -