Teken MoU, Tzu Chi Indonesia dan Wahana Visi Indonesia Siap Berkolaborasi

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Khusnul Khotimah

Jalinan jodoh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dengan Wahana Visi Indonesia sudah terjalin cukup lama. Dan kini keduanya menandatangani nota kesepahaman.

Gotong royong merupakan budaya Indonesia yang telah ada sejak dulu kala. Dengan bergotong royong kita bisa melakukan banyak hal bermanfaat bagi masyarakat luas. Semangat ini juga yang tercermin dari penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dengan Wahana Visi Indonesia, Rabu 10 Juli 2024 di Tzu Chi Center PIK, Jakarta Utara.

Setelah sering bersua dalam berbagai kesempatan baik di forum maupun di lapangan, khususnya saat tanggap bencana, kedua lembaga kemanusiaan ini meneken nota kesepahaman agar bisa saling berkolaborasi. Kolaborasi ini mencakup bidang kerelawanan, pendidikan, kesehatan, bencana, dan juga pengembangan media.

“Misalnya bedah rumahnya dari Tzu Chi, kemudian pelatihan anak-anaknya dari Wahana Visi Indonesia. Dan setelah itu kita bisa mulai diskusikan tentang pendidikan yang lebih umum bagaimana bisa berkolaborasi. Ke depan masih banyak hal-hal yang kita bisa kerjakan untuk membantu yang menderita, untuk kemanusiaan,” terang Hong Tjhin, Sekretaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Ketua Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia, Joe Riyadi turut hadir dalam penandatanganan nota kesepahaman ini dan memberikan cindera mata.

Wahana Visi Indonesia sendiri merupakan lembaga kemanusiaan berlandaskan iman Kristiani namun melayani tanpa membatasi agama, suku, ras dan juga gender. Sama seperti Tzu Chi yang memiliki spirit cinta kasih universal. Keduanya juga sama-sama menjadi anggota perhimpunan Filantropi Indonesia.

Asteria Aritonang, Resources Development and Communications Director Wahana Visi Indonesia menjelaskan, Wahana Visi Indonesia fokus pada pemberdayaan sumber daya masyarakat di berbagai aspek yang terkait kehidupan anak. Bagaimana anak itu hidup sehat, mendapatkan pendidikan, terlindungi dari kekerasan, dan dapat mengaktualisasi diri. Penguatannya ada pada keluarga, pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait seperti guru, kader Posyandu, dan semua pihak yang memang terkait dengan kehidupan seorang anak.

“Diharapkan kolaborasi ini tidak di tingkat nasional saja tapi juga di daerah-daerah, ada kolaborasi dengan relawan Tzu Chi yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Sebagaimana Wahana Visi Indonesia juga punya banyak program di beberapa provinsi di Indonesia,” tutur Asteria Aritonang.

Editor: Arimami S.A

Artikel Terkait

Peningkatan Kerjasama dalam Penanggulangan Bencana

Peningkatan Kerjasama dalam Penanggulangan Bencana

19 Oktober 2022

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan penandatanganan MoU kerja sama dalam penanggulangan bencana alam di Indonesia pada 18 Oktober 2022 di Graha BNPB Jakarta.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Menjalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri untuk Mendukung Transaksi Donasi Digital

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Menjalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri untuk Mendukung Transaksi Donasi Digital

28 Agustus 2024

Kerja sama ini dalam bentuk layanan transaksi donasi digital dan penerbitan kartu kredit Mandiri - Tzu Chi, serta berbagai layanan lainnya.

Memperoleh Pendidikan Moral dan Akademis Melalui Tzu Chi University

Memperoleh Pendidikan Moral dan Akademis Melalui Tzu Chi University

18 Agustus 2014
Yayasan Buddha Tzu Chi melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Tzu Chi University yang berisikan kerjasama dalam memajukan misi pendidikan Tzu Chi. Penandatanganan MoU ini dilatarbelakangi oleh kepedulian Yayasan Buddha Tzu Chi akan bibit-bibit cinta kasih yang tengah tumbuh di masyarakat.
Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -