Terus Menumbuhkan Hati Cinta Kasih Warga Dumai

Jurnalis : Valentina Angela (Tzu Chi Pekanbaru) , Fotografer : Kho Ki Ho, Asriani (Tzu Chi Pekanbaru)

Drama singkat Masa Celengan Bambu yang menceritakan masa awal berdirinya tzu chi dari dana kecil menghasilkan amal besar.

Untuk pertama kalinya Tzu Chi Pekanbaru mengadakan acara Pemberkahan Awal Tahun di kota Dumai pada Minggu, 12 Februari 2023 yang dihadiri 139 tamu undangan di Hotel Comforta, Dumai. Melalui tayangan Video Kilas Balik Tzu Chi Internasional sebagai pembuka acara, para hadirin dapat menyaksikan sumbangsih nyata  insan Tzu Chi di seluruh dunia dalam meringankan penderitaan.

Relawan Valentina menjelaskan bagaimana awal mula Jalinan Jodoh Tzu Chi di Dumai dan memperkenalkan Koordinator serta seluruh Relawan Dumai.

Alvin Lim sedang menuangkan koin, Alvin percaya Tzu Chi membantu orang dengan tulus hati dan donasinya akan tersalurkan ke orang-orang yang membutuhkan dan tepat.

“Saya terharu melihat Tzu Chi banyak sekali membantu orang-orang dan memang sangat bermanfaat”, ungkap Alvin Lim, remaja yang masih bersekolah di SMA tingkat X, datang bersama keluarga dan juga membawa celengan. Saya percaya Tzu Chi membantu orang dengan tulus hati dan akan tersalurkan ke orang-orang yang membutuhkan dan tepat” tambahnya.

Tim “Tabuh Gendang Jing Si” menampilkan lagu yang artinya Menggambar Kehidupan Yang Penuh Warna, mengungkapkan syukur adanya Master dan Tzu Chi, membuat hidup menjadi lebih berwarna dan bermakna dengan adanya cinta dan kebajikan, seperti yang diungkapkan oleh Tan Chong Yee, koordinator relawan Dumai. “Gan en kepada Master karena dengan adanya Tzu Chi di Dumai, maka dapat membantu lebih banyak orang lagi”, tuturnya. Ia juga mengungkapkan syukur kepada semua relawan dan donatur yang mendukung Tzu Chi, sehingga misi dan kegiatan Tzu Chi di Dumai bisa terlaksana dengan baik.

Berbuat baik dengan welas asih akan mendatangkan berkah, membawa diri dengan kebijaksanaan mewariskan nilai luhur bagi keluarga. Keluhuran berasal dari kebaikan. Hal terbaik yang bisa kita wariskan kepada anak cucu ialah teladan diri, seperti yang telah dipraktikkan oleh para Insan Tzu Chi yang sudah mulai bertumbuh di Dumai.

Koordinator Komunitas Relawan Dumai, Tan Chong Yee mengucapkan rasa syukur kepada Master pendiri Yayasan Buddha Tzu chi dan gan en kepada seluruh Relawan dan Donatur yang telah mmendukung Tzu Chi di Dumai.

Acara hari ini juga dimeriahkan penampilan lagu Imlek dari Komunitas setempat yang telah menghadirkan suasana keceriaan Imlek.

“Ibaratnya hidup ini sudah bonus punya, jadi harus memanfaatkan waktu” sharing Aseng yang menderita sakit kanker stadium empat dan sekarang telah sehat kembali dengan penuh semangat menjalankan misi Tzu Chi,  dihadapan para hadirin sambil mengajak para hadirin untuk bergabung dan bersama-sama berkegiatan Tzu Chi.

“Bantuan yang diberikan oleh Tzu Chi adalah berkelanjutan dan sangat bermanfaat dalam meringankan penderitaan para mahkluk”, ungkap Samin yang merasakan kebesaran hati relawan Tzu Chi dalam memberi bantuan.

Penuangan celengan, koin-koin cinta kasih yang akan disalurkan kepada yang membutuhkan.

Hong Thay dan Lie Mei Kiaw  mewakili Master memberikan Angpao Berkah & Kebijaksanaan kepada kita semua.

Rohana, salah satu tamu undangan hadir bersama temannya dari grup olah raga Tai Chi terkesan mengenai kisah celengan Dana Kecil Amal Besar dan berencana mengajak teman-teman di komunitas olah raga Tai Chi ikut berdonasi lewat celengan. Karmilah (Ng Lei ngo) juga sangat terkesan dengan Doa dan Harapan Master di Tahun Baru Imlek yang bersifat Universal.

“Doa Master Cheng Yen sangat tulus buat semua negara, masyarakat, keluarga supaya mendapatkan kebahagiaan, kedamaian, aman sentosa, dan hidup rukun,”jelasnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

PAT 2023: Berbuat Baik di Tahun Baru

PAT 2023: Berbuat Baik di Tahun Baru

07 Februari 2023

Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Palembang dengan semangat dan sukacita mengadakan acara Pemberkahan Awal Tahun (PAT) 2023 bertempat di Hotel Excelton Palembang pada 27 Januari 2023.

Menjalankan Kehidupan yang Lebih Bermakna

Menjalankan Kehidupan yang Lebih Bermakna

19 Januari 2023

Di awal tahun 2023 ini, tepatnya pada Minggu, 8 Januari 2023 relawan kembali mengadakan kegiatan Gan En Hu Pulang ke Rumah setelah kondisi pandemi lebih terkendali

PAT 2022: Memupuk Berkah di Tahun Yang Baru

PAT 2022: Memupuk Berkah di Tahun Yang Baru

26 Januari 2023

Awal tahun 2023, saat pandemi sudah melandai, relawan Tzu Chi Bandung sudah dapat mengajak para donatur, penerima bantuan khusus Tzu Chi (Gan En Hu) dan masyarakat umum untuk datang menghadiri Pemberkahan Akhir Tahun 2022.

Apa yang kita lakukan hari ini adalah sejarah untuk hari esok.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -