Tuang Bersama Celengan Bambu di Summarecon Mall Serpong

Jurnalis : Yuliawati Yohanda, Wanda Pratama, Chitra (He Qi Tangerang), Fotografer : Vivi Angel, Yuliawati Y, Wanda (He Qi Tangerang)
Suasana dalam kegiatan Tuang Bersama Celengan Bambu Tzu Chi di Summarecon Mall Serpong, Tangerang Selatan pada 9-10 September 2022.

Pada 9-10 September 2022, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang turut berpartisipasi dalam kegiatan Tuang Bersama Celengan Bambu Tzu Chi di Summarecon Mall Serpong, Tangerang Selatan. Dalam kegiatan ini juga diadakan pameran produk dan buku Jing Si, penyuluhan pelestarian lingkungan, pertunjukan isyarat tangan, dan kerajinan tangan.

“Kegiatan ini sudah dilaksanakan Summarecon sejak beberapa tahun lalu, namun karena pandemi, sempat berhenti sejenak dan baru bulan ini kembali berlangsung. Manajemen Summarecon melihat apa yang dilakukan Tzu Chi sangat bermanfaat dan tepat guna dalam menyalurkan dana kemanusiaan. Oleh karena itu, manajemen memutuskan untuk ikut mendukung Program Celengan Bambu Tzu Chi,” ungkap Agus Hartono, Head of Corporate Culture and Social Responsibility (CCSR) di Summarecon sekaligus relawan Tzu Chi.

Vladimir Tan Michael Torte bersama ibunya menuangkan koin-koin dari celengan bambu di Summarecon Mall Serpong.

Salah satu pengunjung Summarecon Mall Serpong juga ikut membuat kerajinan tangan dengan didampingi relawan Tzu Chi.

Sebanyak 41 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang ikut berpartisipasi mendukung kegiatan Tuang Bersama Celengan Bambu tersebut. “Kita sebagai Relawan mengisi acara dengan menjalin jodoh baik dengan masyarakat luas, dengan memperkenalkan misi-misi Tzu Chi, melakukan pertunjukan bahasa isyarat tangan (Shou Yu). Kami juga berharap makin banyak orang yang mengenal Tzu Chi, tahu akan manfaat celengan bambu,” jelas Lily Santoso, koordinator relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang dalam kegiatan ini.

Salah satu pengunjung mal yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Toto yang datang bersama istri dan anaknya Vladimir Tan Michael Torte. “Merupakan pengalaman pertama baginya (Vladimir Tan Michael Torte), sedangkan saya secara rutin menuang celengan sporadis dimana saja pas kebetulan ke mal dan ada kegiatan seperti ini. Saya berharap kelak anak saya juga terbiasa melakukannya sendiri. Ini adalah hal yang bagus, baik, dan harus ditingkatkan terus,” jelas Toto.

Selain itu dari Summarecon Mall Serpong yang ikut berpartisipasi menuangkan celengan bambu dalam kegiatan ini terdapat 100 orang dari staf sekuriti, engineering, house keeping, landscaping, dan petugas parkir. Salah satunya adalah Muhidin yang terlihat sangat antusias ingin belajar isyarat tangan dan mengetahui cara pembuatan Eco Enzym dari para relawan Tzu Chi.

Staf sekuriti Summarecon Mall Serpong juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan Tuang Bersama Celengan Bambu Tzu Chi.

Selain Tuang Bersama Celengan Bambu Tzu Chi juga diadakan pameran produk dan buku Jing Si.

Muhidin yang sudah 11 tahun menjadi staf sekuriti di Summarecon Mall Serpong ini mengawali perkenalan dengan Tzu Chi pada tahun 2011. Ketika itu ia bergabung menjadi relawan Tzu Chi Summarecon Gading Serpong dan ikut membagikan celengan cinta kasih Tzu Chi secara door to door ke perumahan-perumahan Summarecon Gading Serpong. Prinsip “Dana Kecil Amal Besar” sangat menginspirasinya sehingga Muhidin pun mampu menjelaskan kepada warga Summarecon Gading Serpong tujuan dan maksud dari celengan bambu.

Sejak bergabung menjadi relawan Tzu Chi Summarecon Gading Serpong, Muhidin merasakan ada perubahan positif dalam sikap dan perilakunya sehari-hari. Ia pun sering terlibat dalam kegiatan daur ulang sampah plastik yang dilakukan Tzu Chi setiap hari Sabtu di area parkir Pasar Sinpasa, Gading Serpong.

“Saya menjadi lebih peduli pada keluarga sendiri dan masyarakat di sekitar. Kedepan saya ingin lebih mengenal dan memahami lebih dalam budaya humanis dan misi pelestarian lingkungan Tzu Chi yang selama ini menginspirasi,” kata Muhidin.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Gemerencing Celengan Bambu

Gemerencing Celengan Bambu

19 Agustus 2015

Menumbuhkan kepekaan sosial kepada generasi muda merupakan satu cara efektif untuk membangun kebersamaan di masyarakat. Hal inilah yang dilakukan Sekolah Dharma Budi Bhakti di Sunter, Jakarta Utara yang terus mengajak muridnya bersumbangsih melalui celengan bambu Tzu Chi pada 14 Agustus 2015.

Koin Cinta Kasih Perdana dari Tzu Chi Hospital

Koin Cinta Kasih Perdana dari Tzu Chi Hospital

30 Desember 2021

Keluarga besar Tzu Chi Hospital mengadakan kegiatan penuangan celengan bambu Tzu Chi untuk pertama kalinya yang diselenggarakan di lobi utama Tzu Chi Hospital.

Kebajikan Besar Akumulasi dari Perbuatan Kecil

Kebajikan Besar Akumulasi dari Perbuatan Kecil

05 Desember 2017
Relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun terus menghimpun berkah. Seperti pada Jumat, 1 Desember 2017, di Hari Libur Nasional itu relawan mengalang hati masyarakat melalui kegiatan pembagian celengan bambu di daerah Meral, Tanjung Balai Karimun. 
Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -