Tuang Bersama Celengan Bambu di Summarecon Mall Serpong

Jurnalis : Yuliawati Yohanda, Wanda Pratama, Chitra (He Qi Tangerang), Fotografer : Vivi Angel, Yuliawati Y, Wanda (He Qi Tangerang)
Suasana dalam kegiatan Tuang Bersama Celengan Bambu Tzu Chi di Summarecon Mall Serpong, Tangerang Selatan pada 9-10 September 2022.

Pada 9-10 September 2022, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang turut berpartisipasi dalam kegiatan Tuang Bersama Celengan Bambu Tzu Chi di Summarecon Mall Serpong, Tangerang Selatan. Dalam kegiatan ini juga diadakan pameran produk dan buku Jing Si, penyuluhan pelestarian lingkungan, pertunjukan isyarat tangan, dan kerajinan tangan.

“Kegiatan ini sudah dilaksanakan Summarecon sejak beberapa tahun lalu, namun karena pandemi, sempat berhenti sejenak dan baru bulan ini kembali berlangsung. Manajemen Summarecon melihat apa yang dilakukan Tzu Chi sangat bermanfaat dan tepat guna dalam menyalurkan dana kemanusiaan. Oleh karena itu, manajemen memutuskan untuk ikut mendukung Program Celengan Bambu Tzu Chi,” ungkap Agus Hartono, Head of Corporate Culture and Social Responsibility (CCSR) di Summarecon sekaligus relawan Tzu Chi.

Vladimir Tan Michael Torte bersama ibunya menuangkan koin-koin dari celengan bambu di Summarecon Mall Serpong.

Salah satu pengunjung Summarecon Mall Serpong juga ikut membuat kerajinan tangan dengan didampingi relawan Tzu Chi.

Sebanyak 41 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang ikut berpartisipasi mendukung kegiatan Tuang Bersama Celengan Bambu tersebut. “Kita sebagai Relawan mengisi acara dengan menjalin jodoh baik dengan masyarakat luas, dengan memperkenalkan misi-misi Tzu Chi, melakukan pertunjukan bahasa isyarat tangan (Shou Yu). Kami juga berharap makin banyak orang yang mengenal Tzu Chi, tahu akan manfaat celengan bambu,” jelas Lily Santoso, koordinator relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang dalam kegiatan ini.

Salah satu pengunjung mal yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Toto yang datang bersama istri dan anaknya Vladimir Tan Michael Torte. “Merupakan pengalaman pertama baginya (Vladimir Tan Michael Torte), sedangkan saya secara rutin menuang celengan sporadis dimana saja pas kebetulan ke mal dan ada kegiatan seperti ini. Saya berharap kelak anak saya juga terbiasa melakukannya sendiri. Ini adalah hal yang bagus, baik, dan harus ditingkatkan terus,” jelas Toto.

Selain itu dari Summarecon Mall Serpong yang ikut berpartisipasi menuangkan celengan bambu dalam kegiatan ini terdapat 100 orang dari staf sekuriti, engineering, house keeping, landscaping, dan petugas parkir. Salah satunya adalah Muhidin yang terlihat sangat antusias ingin belajar isyarat tangan dan mengetahui cara pembuatan Eco Enzym dari para relawan Tzu Chi.

Staf sekuriti Summarecon Mall Serpong juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan Tuang Bersama Celengan Bambu Tzu Chi.

Selain Tuang Bersama Celengan Bambu Tzu Chi juga diadakan pameran produk dan buku Jing Si.

Muhidin yang sudah 11 tahun menjadi staf sekuriti di Summarecon Mall Serpong ini mengawali perkenalan dengan Tzu Chi pada tahun 2011. Ketika itu ia bergabung menjadi relawan Tzu Chi Summarecon Gading Serpong dan ikut membagikan celengan cinta kasih Tzu Chi secara door to door ke perumahan-perumahan Summarecon Gading Serpong. Prinsip “Dana Kecil Amal Besar” sangat menginspirasinya sehingga Muhidin pun mampu menjelaskan kepada warga Summarecon Gading Serpong tujuan dan maksud dari celengan bambu.

Sejak bergabung menjadi relawan Tzu Chi Summarecon Gading Serpong, Muhidin merasakan ada perubahan positif dalam sikap dan perilakunya sehari-hari. Ia pun sering terlibat dalam kegiatan daur ulang sampah plastik yang dilakukan Tzu Chi setiap hari Sabtu di area parkir Pasar Sinpasa, Gading Serpong.

“Saya menjadi lebih peduli pada keluarga sendiri dan masyarakat di sekitar. Kedepan saya ingin lebih mengenal dan memahami lebih dalam budaya humanis dan misi pelestarian lingkungan Tzu Chi yang selama ini menginspirasi,” kata Muhidin.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

SMAT di STIE Trisakti

SMAT di STIE Trisakti

09 Juni 2014 Celengan Bambu sendiri memiliki makna khusus bagi Isan Tzu Chi diseluruh dunia karena awal mulanya Yayasan Buddha Tzu Chi di Taiwan berdiri melalui celengan bambu ini.
Bersama - Sama Bersumbangsih

Bersama - Sama Bersumbangsih

11 Desember 2014

Jumat (28/11) di gedung Paguyuban Marga Lie, Jalan Mekar Mekar Cemerlang No. 1, Soekarno Hatta, Kota Bandung. Sebanyak 104 celengan bambu dituang pada acara arisan Marga Lie. Tak hanya itu, 28 celengan bambu juga kembali diberikan kepada anggota Marga Lie yang mengikuti arisan tersebut.

Koin-koin Kemanusiaan

Koin-koin Kemanusiaan

21 Oktober 2015

Memiliki motivasi dan tujuan yang sama, para karyawan Bank BCA Kantor Cabang Utama Wisma Asia bersemangat untuk menuangkan celengan agar cinta kasih yang dikumpulkan bisa segera dirasakan oleh sesama yang membutuhkan, meskipun penuangan celengan berlangsung usai jam kerja.

Meski sebutir tetesan air nampak tidak berarti, lambat laun akan memenuhi tempat penampungan besar.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -