Turut Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Anak

Jurnalis : Sri Wahyuningsih (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Sri Wahyuningsih (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Ibu-ibu hamil mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh Bidan Hayati.

“Bila semua orang dapat bersumbangsih dengan cinta kasih yang tulus dan murni, pelita harapan akan menyala di berbagai pelosok gelap didunia”
(Kata perenungan Master Cheng Yen)

Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) adalah upaya di bidang kesehatan yang menyangkut pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui, bayi, dan anak balita serta anak prasekolah. Dalam keluarga, KIA mempunyai peran yang besar dalam mempengaruhi kehidupan seorang anak, terutama pada awal maupun tahap-tahap kritisnya. Untuk itu 6 orang relawan Xie Li Kutai Barat mengunjungi Balai Penitipan Anak (BPA) di Pondok 1 Sungai Pilos Estate untuk menyampaikan penyuluhan kesehatan ibu dan anak. Kegiatan ini diikuti 54 anak dan 6 ibu hamil pada Senin (13/11/23).

Pengukuran tinggi badan anak untuk melihat perkembangan tumbuh kembang anak.

Penimbangan berat badan bagi anak-anak.

Penyuluhan yang disampaikan Bidan Hayati ini dipandu oleh Esra, relawan Dharma Wanita Xie Li Kutai Barat. “Ibu-ibu pemeriksaan kehamilan itu minimal 6 kali selama masa kehamilan,” terang Bidan Hayati. “Mengapa minimal harus 6 kali? Karena dengan pemeriksaan ini kita tahu tumbuh kembang bayi selama kehamilan dan setelah lahir nanti,” sambungnya. Bidan Hayati juga menyampaikan pelayanan pemeriksaan kehamilan selain menimbang berat badan dan pengukuran tinggi badan, juga untuk mengukur tinggi fundus uteri ataupun tinggi rahim serta pemberian tablet penambah darah.

Penyuluhan kesehatan ini disambut baik oleh ibu-ibu hamil. Salah satunya Rosfida. “Dengan adanya kegiatan ini kami sebagai ibu hamil jadi tahu apa yang harus dan tidak dilakukan pada saat anak dalam kandungan maupun setelah lahir,” ujarnya.

Pemberian makanan tambahan di penghujung acara.

Penyuluhan kesehatan ini dilanjutkan dengan menimbang berat badan, mengukur tinggi badan bagi balita, anak dan ibu hamil. Secara bergantian para ibu hamil dan anak-anak mengantri mengikuti arahan relawan. Dan dipenghujung acara, relawan memberikan makanan tambahan bagi ibu hamil dan anak-anak.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Menjaga Kesehatan Diri Demi Kualitas Hidup Yang Lebih Baik

Menjaga Kesehatan Diri Demi Kualitas Hidup Yang Lebih Baik

11 Februari 2015 Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Perwakilan Sinar Mas melakukan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yangmengajarkan cara mencuci tangan dan menjaga kesehatan gigi dengan berkeliling ke sekolah-sekolah di Kecamatan Pagetan, Jawa Tengah. Penyuluhan ini dilakukan pada tanggal 16 dan 17 januari 2015 kepada 1.755 orang siswa/i dari 20 sekolah dasar.
Penyuluhan Kesehatan Pada Wanita

Penyuluhan Kesehatan Pada Wanita

30 Juni 2014 Seminar Screening Kanker Servik yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Padang dan beberapa puskesmas bertujuan untuk mendeteksi dini kanker mulut rahim (kanker servik) pada wanita, khususnya wanita yang telah menikah.
Kebahagiaan di Indonesia Timur

Kebahagiaan di Indonesia Timur

15 November 2017

Selasa, 17 Oktober 2017, relawan Tzu Chi Sinarmas Xie Li Papua mengadakan Penyuluhan Kesehatan Gigi di wilayah Indonesia Timur, Provinsi Papua, tepatnya di Desa Lapua, Distrik Kaureh, Kabupaten Jayapura.

Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -