Tzu Chi Gelar Kegiatan Donor Darah di Tanjung Batu

Jurnalis : Edy Susanto (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Agus, Deviana (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Relawan Tzu Chi Tanjung Batu bekerja sama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) beserta Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Kundur mengadakan donor darah untuk kedua kalinya di Gedung PMVDS (Persatuan Muda-Mudi Vihara Dharma Shanti).

Pada Minggu, 19 Maret 2023, relawan Tzu Chi di Tanjung Batu bekerja sama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) beserta Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Kundur kembali mengadakan donor darah untuk kedua kalinya. Kegiatan ini diadakan di Gedung PMVDS (Persatuan Muda-Mudi Vihara Dharma Shanti), Tanjung Batu.

Sejak pagi, para relawan sudah mempersiapkan semua keperluan yang dibutuhkan untuk donor darah. Sebelum mendonorkan darah, para peserta calon donor diwajibkan mencuci tangan dan melakukan registrasi. Setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dasar berupa tensi darah dan kadar Hemoglobin (Hb) yang dilakukan oleh petugas PMI.

Para tunas relawan melakukan registrasi untuk calon pendonor sebelum melanjutkan pemeriksaan tensi dan Hemoglobin (Hb) yang dilakukan oleh petugas PMI.

Setiap pendonor tentu memiliki motivasi untuk mendonorkan darahnya. Ada yang motivasinya untuk menjaga kesehatan tubuh dan ada juga yang berniat untuk membantu sesama. Salah satunya Iwan Candra (28), pendonor yang baru pertama kali ikut kegiatan donor darah bersama Tzu Chi di Tanjung Batu.

“Ini pertama kali saya mendonorkan darah disini. Saya sangat senang dapat mendonorkan darah karena bisa membantu orang yang membutuhkan. Donor darah sangat baik untuk kesehatan kita sendiri. Selagi saya masih sehat, saya akan selalu mendonorkan darah saya,” ungkap Iwan Candra.

Sama halnya dengan Yudi (29) yang baru pertama kali mendonorkan darahnya. Ia pun melawan rasa takutnya dengan niat membantu sesama. “Saya akan terus menerus mendonorkan darah karena saya bisa membagikan darah saya ke orang yang membutuhkan,” ucap Yudi besemangat.

Dr. Mugen Adi Suryo (26) tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mendonorkan darahnya agar dapat membantu sesama.

Salah satu tunas relawan yang juga seorang dokter umum, dr. Mugen Adi Suryo (26) juga tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Ia pun ikut mendonorkan darahnya untuk membantu sesama. “Dari segi medis, darah kita setiap 3 bulan sekali akan selalu berganti baru di dalam tubuh, maka sayang sekali jika tidak didonorkan. Kita juga bisa membantu satu nyawa dari satu kantong darah yang kita donorkan,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini terhimpun 34 kantong darah yang akan disalurkan kepada orang yang sedang membutuhkan transfusi darah.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Menumbuhkan Kebijaksanaan Diri dan Welas Asih dengan Berdonor Darah

Menumbuhkan Kebijaksanaan Diri dan Welas Asih dengan Berdonor Darah

26 September 2023

Komunitas relawan Tzu Chi di Hu Ai Petisah yang merupakan bagian dari Tzu Chi Medan kembali mengadakan donor darah, yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Pirngadi, Kota Medan.

Setetes Darah Cinta Kasih

Setetes Darah Cinta Kasih

12 Desember 2018
Minggu, 9 Desember 2018, dalam rangka menyebarkan visi misi Tzu Chi kepada masyarakat Kota Medan, relawan Tzu Chi Medan Selatan bekerja sama dengan pihak Prime One School dan Palang Merah Indonesia mengadakan baksos donor darah untuk pertama kalinya di Prime One School.
Share Your Blood Share Your Care

Share Your Blood Share Your Care

03 November 2014 Untuk menyambut momen bahagaia ini, Tzu Chi Palembang melakukan kegiatan donor darah bersama PMI dengan tema “Share Your Blood Share Your Care“ pada tanggal 19 Oktober 2014 di Kantor Penghubung Palembang. Kegiatan ini untuk menghimpun dan menumbuhkan hati welas asih yang dimiliki setiap manusia untuk saling berbagi satu sama lain serta menjaga kondisi tubuh agar lebih sehat.
Menyayangi dan melindungi benda di sekitar kita, berarti menghargai berkah dan mengenal rasa puas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -