Tzu Chi Makassar Gelar Pelatihan Relawan

Jurnalis : Sutriani (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Umrah (Tzu Chi Makassar)

Peserta pelatihan relawan Tzu Chi memberikan penghormatan kepada Master Cheng Yen sebelum memulai materi.

Tzu Chi Makassar menggelar pelatihan relawan di akhir tahun 2018, Minggu 9 Desember 2018 di Kantor Tzu Chi Makassar, Jl Ahmad Yani Blok A NO.19-20. Pelatihan ini diikuti 43 relawan, dimulai pukul 10.00 WITA sampai 14.00 WITA. Dengan tujuan untuk mengenalkan Visi dan Misi Tzu Chi, termasuk sejarah Tzu Chi dan celengan bambu, Henny Laurence, PIC pelatihan menegaskan bahwa pelatihan ini merupakan pedoman menjalankan setiap kegiatan bagi para relawan baru. 

Peserta serius memperhatikan materi yang dibawakan oleh pemateri, Henny Laurence.

Henny Laurence menjelaskan visi dan misi Tzu Chi.

Henny memulai dengan materi misi amal yang menjelaskan tentang budaya misi amal, ajaran pembinaan diri yang meliputi ketulusan hati, kebenaran, keyakinan, kesungguhan hati, yang juga mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP). 

Salah seorang peserta, dr. Amaliah mengungkapkan sangat senang bisa mengikuti pelatihan relawan ini. Baginya, ini adalah kali kedua dirinya ikut pelatihan serupa, sekaligus mengingat kembali tugas yang harus dilakukan insan Tzu Chi. “Ini menjadi cara untuk mengingat kembali visi dan misi Tzu Chi. Ke depan, saya berharap relawan Tzu Chi semakin bertambah dan bisa menggerakkan hati orang banyak lainnya,” katanya.

Peserta pelatihan melakukan isyarat tangan lagu Satu Keluarga yang dibawakan oleh relawan.

Hal yang sama diungkapkan oleh Priadi yang baru kali ini ikut pelatihan relawan. Menurutnya, pelatihan relawan kali ini banyak mengajarkannya bagaimana cara bersosialisasi dengan masyarakat.

“Banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa saya dapatkan, seperti cara bersikap dan berprilaku di hadapan orang. Semoga Tzu Chi terus melakukan pelatihan seperti ini,” pungkasnya.


Editor: Metta Wulandari


Artikel Terkait

Relawan Zhen Shan Mei Sebagai Perekam Sejarah

Relawan Zhen Shan Mei Sebagai Perekam Sejarah

11 Juli 2016

Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas menggelar pelatihan relawan Zhen Shan Mei di kebun Batu Ampar, Kalimantan Selatan pada 2 Juni 2016. Sebanyak 17 orang hadir dalam kegiatan ini.

Mengasah Welas Asih

Mengasah Welas Asih

26 Februari 2018

Tzu Chi mengadakan kegiatan training relawan pendidikan yang bertujuan agar relawan pendidikan tetap mendapatkan semangat. Kegiatan yang diikuti sebanyak 125 relawan pada Sabtu, 24 Februari 2018 diharapkan dapat mengajak dan menularkan semangat dan cinta kasih kepada orang lain.

Ada Tekad Tentu ada Tenaga

Ada Tekad Tentu ada Tenaga

21 Juni 2019

Tujuh puluh tiga relawan Calon Komite Tzu Chi mendalami Dharma dengan mengikuti pelatihan pada Minggu, 16 Juni 2019. “Tujuannya agar lebih mengerti Dharma, serta memahami tugas dan tanggung jawab sebagai murid Master Cheng Yen,” kata Desnita, koordinator kegiatan ini.

Bekerja untuk hidup sangatlah menderita; hidup untuk bekerja amatlah menyenangkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -