Tzu Chi Medan Komunitas Hu Ai Mandala Galang Kantung Darah Di Tanjung Morawa

Jurnalis : Nuraina Ponidjan (Tzu Chi Medan), Fotografer : Amir Tan, Ryanto Budiputra (Tzu Chi Medan)

Widiatmoko, warga penerima bantuan bedah rumah Tzu Chi ikut mendonorkan darahnya. Widiatmoko sangat bersyukur bisa menyumbangkan darah bagi masyarakat yang sangat membutuhkan. Donor darah kita bisa menyelamatkan nyawa manusia.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia cabang Medan komunitas Hu Ai Mandala mengadakan galang kantung Darah pada Minggu, 12 Desember 2021, Galang kantung darah ini berlangsung di Kito Convention Hall, Tanjung Morawa dan kali pertama dilaksanakan Yayasan Tzu Chi sejak masa pandemi Covid 19.

Kegiatan donor darah ini dihadiri oleh Camat Tanjung Morawa, Marianto Irawadi S.Sos, Kapolsek Tanjung Morawa AKP. Firdaus Kemit dan Danramil 16 Tanjung Morawa, Mayor Syarifuddin yang turut mendonorkan darahnya.

Timmy Jawira koordinator kegiatan donor darah sangat berterimakasih atas dukungan dan bantuan para relawan Tzu Chi dan anggota TIMA Medan.

Para relawan Tzu Chi mengadakan doa bersama dalam mengawali kegiatan bakti sosial donor darah yang berlokasi di Kito Convention Hall, Tanjung Morawa.

”Saya sangat apresiasi terhadap sumbangsih para relawan, seperti hari ini di bidang kesehatan Tzu Chi mengadakan donor darah, di bidang kesejahteraan sosial Tzu Chi mengadakan bedah rumah dan di bidang pelestarian lingkungan, hari ini akan diresmikan Depo pelestarian lingkungan Tanjung Morawa (Tamora)” tutur Marianto Irawadi.

Pendapat senada juga disampaikan Mayor TNI Syarifuddin, Danramil 16 Tanjung Morawa “Kita di Kecamatan ada tiga perangkat di pemerintahan, Camat, Koramil dan Polsek. Setiap kegiatan yang berkaitan untuk kesejahteraan masyarakat kita tetap dukung. Seperti kegiatan donor darah yang diadakan Tzu Chi kali ini” ujar Mayor TNI Syarifuddin.

Timmy Jawira mendampingi Danramil 16 Mayor TNI Syarifuddin yang sedang mendonorkan darah. Mayor TNI Syarifuddin mengatakan Setiap kegiatan yang berkaitan untuk kesejahteraan masyarakat kita (Pemda, TNI-Polri) tetap dukung.

Abdi Lesmana petugas PMI Deli Serdang mengatakan sangat apresiasi terhadap kegiatan kemanusiaan Tzu Chi yang sangat membantu di masa Pandemi Covid 19. “Saya sangat salut dengan relawan Tzu Chi yang jiwa sosialnya sangat tinggi, mereka sangat membantu di saat pandemi Covid 19. Relawan Tzu Chi rutin menyumbangkan darah ke PMI walaupun donor darah tidak digelar secara massal” ujar Abdi petugas unit donor darah PMI Deli Serdang.

Ungkapan syukur juga diucapkan oleh Widiatmoko salah satu penerima bantuan yang menyumbangkan darahnya. “Saya sering mendonorkan darah saya, apalagi kadang ada pasien yang kritis dan butuh darah, jika golongan darahnya sesuai, saya siap memberikan darah saya, karena inilah yang bisa saya berikan di dalam membantu sesama yang memerlukan bantuan”. Kata Widiatmoko.

Widiatmoko berharap PMI Deli Serdang tetap bisa bekerja sama dengan Yayasan Tzu Chi dan semoga Tzu Chi tidak henti-hentinya berbuat Amal Sosial untuk masyarakat. Widiatmoko adalah salahsatu penerima bantuan renovasi rumah yang dulunya tidak layak huni.

Camat Tanjung Morawa, Marianto Irawadi,S.Sos berpartisipasi untuk menyumbangkan darahnya bagi masyarakat. Marianto Irawadi sangat apresiasi terhadap relawan Tzu Chi dalam kegiatan kemanusiaan.

Timmy Jawira koordinator relawan Tzu Chi kegiatan donor darah mengatakan selain donor darah, pendonor juga diberi pelayanan check gula darah gratis. Timmy sangat bersyukur masih banyak warga yang mau mendonorkan darahnya di masa pandemic Covid 19.

“Saya sangat bersyukur, hari ini ada 118 orang mendaftar untuk mendonorkan darahnya dan hanya 26 orang yang gagal, jadi hari ini kita mendapatkan 92 kantong darah dengan perincian golongan darah (A) ada 26 kantong, golongan darah (B) ada 23 kantong, Golongan darah (AB) ada 8 kantong dan golongan darah (O) ada 35 kantong” ungkap Timmy.

Suasana saat donor darah berlangsung, dimana relawan dan anggota TIMA tetap memberikan perhatian kepada pendonor.

Timmy berharap kantung-kantung darah ini bisa membantu untuk mencukupi kebutuhan darah di rumah sakit-rumah sakit karena selama pandemi Covid 19 kebutuhan darah meningkat dan berkurangnya masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

Yayassan Tzu Chi di dukung oleh 55 orang relawan Tzu Chi dan 15 orang anggota TIMA (Tzu Chi International Medical Association) dalam kegiatan donor darah ini. Sejak pukul 6.30 Wib relawan Tzu Chi dari kota Medan berangkat menuju Tanjung Morawa dengan penuh semangat.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Setetes Darah, Secercah Harapan

Setetes Darah, Secercah Harapan

28 Maret 2016
Yayasan Buddha Tzu Chi  Indonesia komunitas (He Qi) Barat kembali bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada Sabtu, 5 Maret 2016 pukul 08.30 WIB.

"Niat Baik Berdonor Darah di Tengah Wabah"

28 Agustus 2020

Pada 15 Agustus 2020 Xie Li Lampung melaksanakan kegiatan donor darah dengan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19. Untuk menghindari antrian yang menyebabkan pendonor berkerumun, relawan melakukan pengaturan kedatangan pendonor menjadi 5 sesi. Jumlah pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya adalah sebanyak 75 orang.

Menghimpun Cinta Kasih Lewat Donor Darah

Menghimpun Cinta Kasih Lewat Donor Darah

21 Desember 2021

Relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Kemuning mengadakan kegiatan donor darah di Depo Pelestarian Lingkungan Soak, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang.

Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -