Tzu Ching Camp Batam: Compassion In Action

Jurnalis : Supardi (Tzu Chi Batam), Fotografer : Supardi, Andy Tan, Vemmy Ho (Tzu Chi Batam)
Para peserta diajak dalam satu permainan edukasi dengan menutup kedua mata. Permainan ini mengumpulkan barang daur ulang dengan mata tertutup dan tim perlu teliti merasakan tepukan dan arah pijitan anggota dibelakang yang dapat melihat.

“Anak-anak zaman sekarang kalau tidak ada kegiatan paling main hp (smartphone), terus scroll-scroll sosmed (sosial media). Adanya kegiatan ini bisa membawa pengaruh terhadap anak-anak muda ke arah yang lebih positif. Lebih bisa mempergunakan waktu mereka dengan hal-hal berguna dan bermanfaat bagi banyak orang juga,” jawab Rita, mahasiswi peserta Tzu Ching Camp.

Rita merupakan satu dari 35 orang peserta yang mengikuti kegiatan Tzu Ching Camp yang berlangsung dua hari (30 April – 1 Mei ) di Aula Jing Si Batam. Selain untuk sosialisasi dengan teman sebaya, Tzu Ching Camp ini juga membuka ladang berkah bagi setiap mereka yang ingin memanfaatkan waktu mereka dengan aktivitas-aktivitas yang bermakna.

Pada Tzu Ching camp ini bertemakan “Compassion In Action” atau “Welas Asih dalam Tindakan” Para peserta dapat mengenal Tzu Chi secara benar, tidak ada cara lain yang lebih efektif daripada mengajak para peserta untuk mengunjungi rumah-rumah para penerima bantuan Tzu Chi atau Gan En Hu.

Rita, salahseorang peserta menyampaikan dalam sharingnya mengatakan semua kegiatan-kegiatan Tzu Chi sangat bermanfaat bagi anak-anak muda dalam menjalankan hidup besosial di masyarakat.  

“Tzu Chi artinya welas asih dan mencabut penderitaan. Begitu yang kita jalankan juga. Dengan cinta kasih kita berusaha melepas penderitaan para Gan En Hu dengan cara memberi pendampingan, memberikan materi dan lain-lain,”ujar Nelly. “Jadi kita ingin pengajak adik-adik supaya mereka juga tahu bahwa kita punya kesempatan atau kemampuan untuk bisa membantu orang lain. Dengan terjun langsung kita melihat apa sich yang dirasakan, apa sich yang ada dialami Gan En Hu kita, mereka juga menyadari mereka itu punya berkah,” lanjut Nelly Yeo, Wakil Ketua Tzu Chi Kepri.

Para peserta membentuk 10 kelompok yang kemudian akan didampingi oleh 10 PIC Amal Tzu Chi Batam, peserta camp terlebih dahulu mendengarkan pengarahan singkat dari Nelly Yeo untuk menghormati para penerima bantuan layak guru serta tidak melanggar privasi mereka dengan mengunggah foto selama kunjungan kasih ke sosial media.

PIC Camp Budiman (kanan) dan Wakil PIC Camp Mely Siska (kiri) menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang hadir mengikuti Tzu Ching camp. Mely mengatakan dalam kunjungan kasih itu peserta bisa melihat langsung orang yang hidup susah. Ini bisa mengajarkan mereka.

Setelah dua jam mengunjungi rumah penerima bantuan, para peserta berbagi kesan mereka selama kunjungan. Melihat penerima bantuan Tzu Chi yang tegar menghadapi cobaan hidup. Salah satu peserta sangat mengapresiasi melihat menyaksikan ketegaran seorang ibu yang merawat anak-anaknya dan tidak meninggalkan suaminya yang menderita kanker.

“Mereka bisa melihat langsung banyak orang yang hidup susah. Ini bisa mengajarkan mereka untuk lebih bersyukur. Mereka sekarang ini sudah perlu bersyukur.” ucap Mely Siska Wakil PIC Tzu Ching.

Sesi kunjungan kasih ke rumah Gan En Hu dalam acara Camp untuk muda-mudi tentunya sangat menantang. Pada camp ini panitia menampilkan bahasa isyarat tangan Wo Hen Xing Fu (Saya Sangat Bahagia) dan permainan kekompakan tim. Permainan ini tidak lain agar para peserta untuk lebih menghargai kesehatan (masih dapat melihat) dan pentingnya dukungan teman dan keluarga bagi seorang yang menderita.

Susi, mentor Camp dari relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun yang hadir bersama dua orang anaknya turut berbagi kesan-kesannya selama mengikuti camp Tzu Ching. Susi mengatakan pentingnya menggenggam kesempatan untuk berbuat kebajikan di tengah masyarakat.

Di penghujung acara, Susi,  mentor Camp dari relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun yang hadir bersama dua orang anaknya turut berbagi kesan-kesannya selama mengikuti camp Tzu Ching. “Anak muda di mana bisa lakukan, langsung praktik. Kita tidak sekadar niam keng (melafal sutra), kita bisa langsung praktekan,” ujar susi. Saya sering sharing ke anak saya, kita hari ini mau berbuat baik, belum tentu bisa, jadi harus menggenggam jodoh saat ini.”, ucap Susi, yang sudah menjadi relawan Komite dari Tanjung. Balai Karimun.

Panitia Tzu Ching Camp yang sudah mengenalkan Misi Amal Tzu Chi berharap para peserta Tzu Ching dapat mengenal sisi Tzu Chi yang sulit ditemui di sosial media. Tzu Chi bukan hanya yayasan yang hanya kegiatan baksos dan bagi sembako, melainkan kegiatan Tzu Chi untuk melatih diri serta membangkitkan cinta kasih guna membantu sesama.

Tzu Chi tidak membedakan suku, agama, ras saat menyalurkan bantuan dan setiap orang baik kaya atau miskin, semua orang bisa bersumbangsih. Inilah arti dan tujuan Tzu Chi yang panitia harap diterima oleh setiap peserta Tzu Ching Camp melalui materi Compassion In Action.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Tzu Ching Camp Batam: POWER UP…!!!

Tzu Ching Camp Batam: POWER UP…!!!

04 Mei 2023

Tzu Ching Batam sukses mengadakan Tzu Ching Camp yang berlangsung selama dua hari pada 30 April dan 1 Mei 2023. Kamp ini diikuti oleh para siswa dan mahasiswa kota Batam, Tanjung Balai Karimun dan Tanjung Batu.

Menggalang Semangat dan Memotivasi

Menggalang Semangat dan Memotivasi

31 Agustus 2015 Minggu, 16 Agustus 2015, bertempat di kantor cabang Yayasan Buddha Tzu Chi Medan, pendaftaran ulang Tzu Ching camp Medan, sudah di buka sejak pukul 08.00 WIB. Nantinya para Tzu Ching akan mengikuti camp pengembangan diri tanggal 16-17 Agustus, di Lotus Village Sibolangit, Medan, Sumatra Utara.
Kebahagiaan Meri dan Ika di Tzu Ching Camp

Kebahagiaan Meri dan Ika di Tzu Ching Camp

19 Agustus 2009 Faktor kesehatan yang membuatnya tidak bisa melanjutkan kuliah di akademi keperawatan, kini Ika berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya di akademi keguruan. “Sekarang harapan aku cuma ingin sembuh, terus aku bisa kerja dan tahun depan aku bisa lanjut kuliah ambil keguruan, berprestasi dengan baik dan mengabdikan diri,” harapnya.
Jangan menganggap remeh diri sendiri, karena setiap orang memiliki potensi yang tidak terhingga.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -