Ulang Tahun Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Duri Kosambi ke 3

Jurnalis : Camelia Febriani, Fotografer : Rudi Darmawan & James Yip

21 Desember 2014, relawan Tzu Chi merayakan hari berdirinya Depo Pelestarian Tzu Chi Duri Kosambi yang ke-3.

Pada Minggu yang cerah, para relawan Tzu Chi yang tergabung dalam komunitas He Qi (wilayah) Barat telah mempersiapkan perayaan Ulang Tahun Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Duri Kosambi, Jakarta Barat yang ke-3. Perayaan ulang tahun tersebut diadakan selama 2 hari, yaitu pada 20-21 Desember 2014.  Dimana 20 Desember 2014, diadakan baksos kesehatan Degeneratif dan di  21 Desember 2014 puncak perayaan hari ulang tahun.

Acara dimulai pukul 15.00 WIB, sebanyak 220 orang menghadiri kegiatan hari itu. Untuk memeriahkan acara juga diselingi oleh lomba peragaan isyarat tangan antar Hu Ai (komunitas), perayaan hari ibu, kilas balik Depo Pelestarian Lingkungan Duri Kosambi, dan ditutup dengan makan malam bersama diiringi dengan lagu Natal.

Tujuan dari peringatan hari ulang tahun adalah sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada donatur, relawan daur ulang dan juga warga sekitar  yang telah bersumbangsih di depo pelestarian lingkungan. “Kemarin kita mengadakan baksos degeneratif yang diperuntukan untuk warga sekitar Duri Kosambi. Kegiatan hari ini karena mengingat besok (22/12) adalah hari ibu, maka hari ini kita peruntukan perayaan hari ibu ,” tutur Elly Chandra selaku Pic kegiatan dan sekaligus ketua dari Hu Ai Kebun Jeruk.

Untuk memeriahkan acara juga diselingi dengan  perayaan hari ibu, mengingat esok (22/12) adalah hari ibu

Prosesi Hari Ibu

Sebelum prosesi hari ibu dimulai, Linda Budiman menayangkan video tentang ibu dan peragaaan gerakan isyarat tangan “Mama Hao” oleh relawan. Setelah itu sebanyak 14  anak yang mengikuti prosesi hari ibu diberi kesempatan menunjukan bakti terhadap mamanya. Dengan mencuci kaki, menyuapi, menyisir dan memberi teh untuk mamanya. Prosesi ini dimaksudkan supaya kita diingatkan kembali bahwa mama juga pernah melakukan ini terhadap anaknya.

Bobby adalah salah satu relawan Tzu Chi yang datang bersama mamanya untuk mengikuti perayaan hari ulang tahun depo. Dan ia berkesempatan untuk mengikuti prosesi hari ibu.

Mama Bobby terkena stroke sejak Agustus 2014 silam. Secara bergantian ia, adik, dan papanya merawat sang mama. Di rumah, Bobby sering melakukan cuci kaki mama sambil memijat-mijat kaki mamanya tetapi ada perasaan berbeda ketika melakukan prosesi cuci kaki di rumah dan di hari ibu ini.

Tidak lupa peragaan isyarat tangan juga turut ditampilkan oleh relawan untuk menghibur tamu undangan yang hadir.

”kalau di sini dilakukan dengan hikmah ya, kalau di rumah ya saya pijit-pijit trus saya lap gitu. saya merasa bersyukur ya masih diberi kesempatan untuk mencuci kaki mama,” aku Bobby.

Acara ulang tahun depo diakhiri dengan makan malam bersama. Beragam masakan vegetarian satu persatu disuguhkan dimeja makan oleh relawan. Dengan alunan lagu natal, makan malam terasa lebih hangat.

Semoga dengan bertambahnya usia depo Kosambi yang ke 3, depo Kosambi akan panjang umur, dan makin banyak masyarakat yang dapat bersumbangsih di depo kosambi ini.


Artikel Terkait

Tak perlu khawatir bila kita belum memperoleh kemajuan, yang perlu dikhawatirkan adalah bila kita tidak pernah melangkah untuk meraihnya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -