Waisak 2022: Harapan dan Doa Memperingati Tiga Hari Besar Tzu Chi

Jurnalis : Calvin (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Abdul Rahim, Beverly Clara (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Minggu, 8 Mei 2022, Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Tanjung Balai Karimun memperingati perayaan Waisak, Hari Ibu Internasional dan HUT Tzu Chi ke-56 di kantor Tzu Chi Tj. Balai Karimun. Tepat pada pukul 09.00 WIB, 51 relawan dan masyarakat umum mengikuti perayaan Waisak dengan penih khidmat.

Waisak merupakan hari suci agama Buddha yang dirayakan setiap tahunnya pada bulan Mei, tepatnya pada waktu terang bulan atau purnama Sidhi. Bulan Mei juga adalah bulan yang paling bermakna bagi relawan Tzu Chi di seluruh dunia. Pada bulan ini relawan Tzu Chi merayakan Hari Waisak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia.

Pada Minggu kedua di bulan Mei, tepatnya pada 8 Mei 2022, Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Tanjung Balai Karimun mengadakan perayaan Waisak, Hari Ibu Internasional dan HUT Tzu Chi ke-56. Tepat pukul 09.00 WIB, 51 relawan Tzu Chi dengan khidmat memasuki ruangan untuk mengikuti perayaan Waisak.

Para anak-anak sekolah budi pekerti Tzu Chi (Tzu Shao) Tj. Balai Karimun turut hadir dengan penuh khidmat dan khusyuk melakukan prosesi pemandian Buddha rupang di kantor Tzu Chi Tj. Balai Karimun.

Ina (berada di tengah) relawan Komite Tzu Chi mengikuti prosesi perayaan Waisak di kantoor Tzu Chi Tj. Balai Karimun dengan memanjatkan doa agar semua mahkluk berbahagia, dunia bebas dari bencana. Ina berharap para relawan dan masyarakat bisa turut bervegetaris yang bertujuan untuk melindungi bumi.

Perayaan Waisak diawali dengan memberi penghormatan kepada para Buddha dan Bodhisattva, dan dilanjutkan dengan melantunkan Gatha Pendupaan. Para relawan yang hadir dengan khidmat melakukan prosesi pemandian Buddha rupang.

Ina (40) relawan Komite Tzu Chi yang mengikuti prosesi Waisak di Tzu Chi Tj. Balai Karimun memanjatkan doa agar semua mahkluk berbahagia dan dunia bebas dari bencana. Dia juga berharap para relawan Tzu Chi dan partisipan bisa ikut menerapkan gaya hidup vegetaris untuk melindungi bumi ini. “Semoga semua mahkluk berbahagia, dunia bebas dari bencana, lalu saya berharap relawan Tzu Chi ataupun masyarakat umum, kita sama-sama berusaha untuk bervegetaris, jadi kita bisa melindungi bumi ini. Semoga dengan ketulusan hati, wabah bencana Covid atau yang sekarang, yaitu Hepatitis misterius bisa hilang dari dunia ini,” harap Ina.

Sukmawati relawan Komite Tzu Chi sedang memanjatkan doa untuk semua makhluk dan dunia agar terbebas dari bencana. Sukmawati selaku pembawa acara mengucapkan terima kasih kepada para relawan Tzu Chi dan masyarakat umum yang telah turut mengikut perayaan Waisak dengan penuh khidmat.

Di penghujung perayaan Waisak, Sukmawati relawan Komite Tzu Chi selaku pembawa acara mengucapkan terima kasih kepada para relawan Tzu Chi dan masyarakat umum yang turut mengikut perayaan Waisak dengan penuh khidmat.

“Terima kasih atas partispasi para hadirin, prosesi pemandian Buddha rupang berlangsung dengan khidmat. Kita berharap semerbak moral dan Dharma dari Sang Buddha yang kita bawa pulang hari ini, dapat menjadi semerbak di alam manusia agar lahan batin manusia menjadi suci dan terang di setiap pelosok dunia” ucap Sukmawati dalam pesan cinta kasih.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Waisak 2022: Menyucikan Batin dan Membuka Kebijaksanaan

Waisak 2022: Menyucikan Batin dan Membuka Kebijaksanaan

09 Mei 2022

Minggu, 8 Mei 2022, insan Tzu Chi Indonesia mengikuti perayaan Waisak secara online dengan Tzu Chi Taiwan. Selain mengikuti melalui Youtube dan Zoom, sebagian relawan berkumpul di Aula Jing Si Jakarta, dan 8 Kantor Tzu Chi di kota lainnya.

Waisak 2022: Harapan dan Doa Memperingati Tiga Hari Besar Tzu Chi

Waisak 2022: Harapan dan Doa Memperingati Tiga Hari Besar Tzu Chi

11 Mei 2022

Minggu, 8 Mei 2022, Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Tanjung Balai Karimun mengadakan perayaan Waisak, Hari Ibu Internasional dan HUT Tzu Chi ke-56 yang diikuti oleh 51 relawan Tzu Chi dengan penuh khidmat.

Waisak 2022: Perayaan Waisak dan Hari Ibu yang Istimewa

Waisak 2022: Perayaan Waisak dan Hari Ibu yang Istimewa

09 Mei 2022

Minggu, 8 Mei 2022, 235 orang yang merupakan relawan Tzu Chi juga masyarakat umum turut mengikuti perayaan waisak yang diadakan oleh relawan komunitas He Qi Tangerang di Ehipassiko School, BSD – Tangerang.

Lebih mudah sadar dari kesalahan yang besar; sangat sulit menghilangkan kebiasaan kecil yang buruk.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -