Wujud Kepedulian Melalui Donor Darah

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang)

Relawan Tzu Chi Palembang mendampingi salah satu peserta donor darah yang dilakukan di Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech, Kota Palembang pada 11 September 2022.

Pada Minggu, 11 September 2022 relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Kemuning bekerja sama dengan PMI Kota Palembang mengadakan kegiatan donor darah di Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu ketersediaan stok darah PMI untuk pasien-pasien yang membutuhkan bantuan transfusi darah.

Sebelum kegiatan donor darah para relawan dan petugas PMI bergotong royong mempersiapkan serta menyusun semua perlengkapan yang dibutuhkan saat kegiatan donor darah. Setelah para peserta berdatangan, kegiatan kemudian dimulai tetapi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan ketat terkait Covid-19.

Kegiatan donor darah ini juga tetap melaksanakan protokol kesehatan ketat terkait Covid-19. Para peserta juga dicek suhu badan serta diwajibkan menggunakan handsanitizer.

Tercatat ada 58 peserta yang mendaftar untuk mengikuti donor darah. Setelah proses screening kesehatan berupa pengecekan Hemoglobin (Hb) dan tekanan darah, hanya 47 peserta yang lolos dan  berhasil mendonorkan darahnya.

Selain donor darah, dalam kegiatan ini juga dilakukan serah terima 10 unit kursi untuk donor darah dari Tzu Chi Palembang yang diwakili oleh relawan Novriko kepada Ketua UTD (Unit Transfusi Darah) PMI Kota Palembang.

Novriko, mewakili Tzu Chi Palembang menandatangani penyerahan 10 unit kursi untuk donor darah kepada UTD (Unit Transfusi Darah) PMI Kota Palembang.

Salah satu peserta yang turut mendoorkan darahnya dalam kegiatan ini adalah Bambang Triharmono (72). Kegiatan donor darah kali ini adalah donor darah yang ke-154 kali baginya. “Ini sudah yang kedua kalinya donor darah di gedung PalComTech. Saya senang sekali karena suasananya nyaman dan juga enak. Menurut saya manfaat dari donor darah itu banyak, pertama kita bisa membantu orang lain dan juga untuk kesehatan kita sendiri,” Ujar Bambang Triharmono.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Donor Darah dan Menggalang Hati

Donor Darah dan Menggalang Hati

26 Mei 2015
“Dengan donor darah yang kita lakukan dapat menyelamatkan nyawa seorang ibu, berarti kita telah menyelamatkan sebuah keluarga, dan berharap ke depannya Yayasan Buddha Tzu Chi Jambi juga dapat melakukan donor darah ini secara berkala dan akan sangat kami dukung.”
Mari Berdonor Darah

Mari Berdonor Darah

25 Oktober 2022

Komunitas Xie Li Tamken yang merupakan bagian dari Tzu Chi Palembang kembali mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang, Minggu 23 Oktober 2022. Sebanyak 144 orang berhasil mendonorkan darahnya.

Mengawali 2019 dengan Berbuat Kebajikan

Mengawali 2019 dengan Berbuat Kebajikan

07 Januari 2019

Mengawali tahun 2019, Minggu, 6 Januari, Tzu Ching Unpri (Universitas Prima Indonesia) mengajak para mahasiswa dan masyarakat untuk berbuat kebajikan dalam kegiatan Donor Darah. Kegiatan ini adalah kegiatan pertama yang meraka adakan dan bertempat di RSU Royal Prima, Jl. Ayahanda No. 68 A, Medan


Giat menanam kebajikan akan menghapus malapetaka. Menyucikan hati sendiri akan mendatangkan keselamatan dan kesejahteraan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -