Ceramah Master Cheng Yen: Melindungi Kehidupan dengan Ikrar Tak Berujung


“Kini, departemen geriatri RS Tzu Chi Dalin bertanggung jawab memberikan pelayanan terpadu bagi kaum lansia. Sesungguhnya, semua orang tahu bahwa kini masyarakat kita mengalami penuaan. Kita telah melakukan pendataan dan mendapati bahwa lebih dari 40 atau 50 persen pasien yang datang ke RS telah berusia 65 tahun atau lebih,”
kata Zhang Shun-qin Kepala departemen geriatric.

“Ada banyak warga lansia yang menderita berbagai jenis penyakit kronis. Mengenai penyakit kronis mereka, yang lebih penting ialah berusaha untuk meningkatkan fungsi tubuh dan kualitas hidup mereka. Kami berharap dengan demikian, mereka dapat menjalani hidup yang mereka inginkan,” pungkas Zhang Shun-qin.

Sesuai hukum alam, penyakit dalam hidup ini adalah penderitaan yang tidak terhindarkan. Kaum lansia yang jatuh sakit dan hidup sebatang kara tanpa siapa-siapa yang bisa menjadi sandaran mereka, mereka pasti sangat menderita. Jadi, penderitaan hidup sangat sulit untuk dideskripsikan dan tidak habis untuk diceritakan. Karena itu, para dokter dan perawat harus memiliki kekuatan ikrar yang sangat besar agar bisa mengerahkan cinta kasih yang tak terbatas. Terlebih lagi, kini saya benar-benar merasakan bahwa dokter bukan sekadar profesi. Dokter harus bisa melindungi kehidupan dan kesehatan dengan cinta kasih.

Saya selalu berkata bahwa kita harus melindungi kehidupan dan kesehatan dengan cinta kasih. Ini disebut menjaga tekad dan menjalankan ajaran. Kalian menjadi dokter atau perawat sesuai ikrar kalian. Setelah berikrar, kalian harus menjaga ikrar kalian seumur hidup. Intinya, untuk menjaga kesehatan dan kehidupan pasien dengan cinta kasih, kita harus menjaga tekad dan ikrar kita. Dengan menjaga tekad dan menjalankan ajaran, jalan kita akan menjadi sangat lapang. Demikianlah kehidupan yang paling bernilai.


Demi menghasilkan uang, orang-orang dari berbagai bidang dan profesi mengembangkan karier dan menjalankan bisnis mereka dengan tekun. Namun, kita hanya memiliki satu arah, yaitu mengasihi dan melindungi kehidupan. Berhubung telah memilih bidang medis, kita harus berfokus menjalankannya.

Dahulu, kita bekerja keras untuk mendirikan RS di Dalin. Ada sebuah lirik lagu tentang RS Tzu Chi Dalin yang berbunyi, "Rumah sakit di tengah sawah." Saat itu, dari mana kita bisa mendapatkan dokter, perawat, dan dana pembangunan rumah sakit? Saya sama sekali belum ada rencana. Saya hanya memiliki keyakinan. Saya yakin bahwa diri sendiri tidak memiliki pamrih dan setiap orang memiliki cinta kasih. Yang penting, saya tidak memiliki pamrih.

Saya hanya berharap di Yunlin dan Chiayi yang begitu luas, saya dapat membangun sebuah rumah sakit yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan setempat dan melindungi kesehatan warga setempat. Kini, kita telah memberikan pelayanan medis di Dalin selama 23 tahun. Sungguh, saya sangat terhibur karena kita tidak menyimpang sedikit pun. Yang membuat saya makin sukacita ialah kita telah memperoleh pengakuan internasional.

Memperoleh pengakuan berarti kita telah berdiri dengan mantap dan makin perlu untuk memikul tanggung jawab. Jangan tinggi hati karena memperoleh pengakuan. Sebaliknya, kita harus mengingatkan diri sendiri untuk menghimpun kekuatan semua orang dan menentukan arah tujuan selanjutnya agar kita dapat berdiri dan berjalan makin mantap.


Saya berharap rumah sakit ini bukan hanya mengobati pasien, tetapi juga memberikan edukasi. Para dokter kita di sana sungguh merupakan teladan dalam bidang medis. Meski kini teknologi medis sangat canggih, tetapi tidaklah mudah untuk menemukan dokter yang memiliki keterampilan medis sekaligus cinta kasih. Meski demikian, kita bisa melihat di delapan rumah sakit kita, setiap kepala RS sangat tulus dan bersungguh hati, para dokter dan perawat juga berpegang pada semangat Buddha.

Kita hendaknya bersungguh-sungguh meneruskan keteladanan dan berusaha untuk lebih maju lagi. Satu-satunya cara ialah membina insan berbakat dengan memberikan keteladanan. Karena itulah, kita harus meneruskan keteladanan mereka. Kita telah menjalankan misi kesehatan dan misi pendidikan kita hingga memperoleh pengakuan dari orang-orang. Berkat rumah sakit ini, kalian semua bisa berhimpun di sini.

Sesungguhnya, berkat adanya jalinan jodoh dengan Dalin, barulah kalian dapat mendedikasikan diri di sini hingga memperoleh pengakuan dari orang-orang. Jadi, butuh perpaduan antara manusia dan materi. Meski diri kita sangat berbakat, tetapi tanpa tempat untuk bersumbangsih dan jalinan jodoh yang matang, berbakat pun tidak ada gunanya.

Saya sering berkata bahwa saya tidak bisa melakukan apa-apa. Yang saya andalkan hanyalah jalinan jodoh. Di kehidupan lampau, saya telah menjalin banyak jodoh baik dengan orang-orang sehingga kini ada banyak orang yang memberikan dukungan pada saya. Selama ini, kita terus menjalankan Tzu Chi selangkah demi selangkah dengan mantap.


Kini, rumah sakit kita hendaknya membalas budi masyarakat. Selain itu, kita juga harus menjaga tekad dan menjalankan ajaran. Mari kita membangkitkan ikrar. Saya telah mendirikan bangunan yang berwujud. Kini, semuanya bergantung pada kalian, para dokter dan perawat. Hendaklah kalian mewujudkan ikrar kalian secara menyeluruh dengan mengembangkan bakat dan kekuatan cinta kasih kalian.

Di RS Tzu Chi Dalin, saya melihat banyak staf yang memiliki kualitas yang baik sehingga membuat orang yang melihat mereka membangkitkan rasa hormat. Di sinilah letak kesuksesan kita. Saya berharap kita semua dapat menjaga tekad dan menjalankan ajaran.

RS Tzu Chi Dalin memiliki lingkungan yang tenang dan sederhana, jalur gerak yang praktis, dan peralatan medis yang lengkap. Jadi, kita memiliki peralatan medis yang lengkap untuk menyelamatkan pasien. Asalkan kita membangkitkan, menjaga, dan menjalankan tekad untuk menyelamatkan nyawa pasien dengan cinta kasih, saya yakin bahwa kita dapat mengembangkan nilai kehidupan kita. 

Penderitaan kaum lansia sebatang kara yang jatuh sakit sulit untuk dideskripsikan
Menjaga tekad dan menjalankan ajaran
Bersyukur, menghargai jalinan jodoh, dan menghimpun cinta kasih
Melindungi kehidupan dengan langkah yang mantap

Ceramah Master Cheng Yen Tanggal 05 April 2024
Sumber: Lentera Kehidupan – DAAI TV Indonesia
Penerjemah: Hendry, Marlina, Shinta, Janet
Ditayangkan Tanggal 07 April 2024
Keindahan sifat manusia terletak pada ketulusan hatinya; kemuliaan sifat manusia terletak pada kejujurannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -