Ceramah Master Cheng Yen: Memberi Penghiburan dengan Cinta kasih dan Welas Asih

Kejadian kali ini sungguh membawa kesedihan besar. Duka ini sungguh sulit tertahankan dan sulit dilukiskan. Namun, dalam kejadian ini, selain merasakan kesedihan yang mendalam, saya juga mengagumi ketenangan warga Taiwan. Kemarin, saya mendengar dan melihat orang-orang di lokasi kejadian tidak panik. Orang-orang di dalam kereta juga tetap tenang dan tidak gegabah. Mereka semua menunggu pertolongan dengan tenang tanpa mengeluh ataupun menjerit-jerit. Ini sungguh mengagumkan.

Inilah kebijaksanaan. Jadi, kebijaksanaan seperti ini dapat mengurangi banyak masalah. Inilah yang terjadi di lokasi kejadian. Kemarin, sepanjang hari saya terus mengikuti kondisi di lapangan lewat lensa kamera. Meski kamera tersebut hanya dipasang di satu tempat, tetapi saya tetap dapat melihat kondisi di lapangan. Saya sulit untuk berkata-kata.


Inilah mengapa belakangan ini saya terus mengatakan tentang pelajaran besar. Kini saya harus mengatakan tentang kesedihan besar. Kejadian besar seperti ini terjadi sangat dekat dengan Hualien. Karena itu, sulit bagi kita untuk menerimanya. Namun, peristiwa ini telah terjadi. Ini menunjukkan ketidakkekalan yang bisa terjadi dalam sekejap.

Dari sini kita diingatkan untuk senantiasa waspada dan mengingat ketidakkekalan. Meski banyak korban meninggal dan luka-luka, saya berharap para relawan Tzu Chi di Hualien tetap melakukan satu-satunya hal yang dapat dilakukan saat ini, yakni memberikan cinta kasih yang tulus dan welas asih yang merasa senasib sepenanggungan.

Dapat kita bayangkan, keluarga korban akan berdatangan ke Hualien. Kita harus memberikan pendampingan dan penghiburan yang tulus. Merasa sedih adalah hal yang wajar. Namun, kita hendaknya memberi tempat bagi mereka untuk mengungkapkan kesedihan ini. Kini yang mereka butuhkan ialah pendampingan dan penghiburan.


Dalam memberi penghiburan, kita harus memiliki empati. Kita memahami kesedihan mereka. Kita hanya dapat mendekati dan menghibur mereka. Saat mereka membutuhkan sesuatu, kita akan berusaha membantu. Inilah yang harus kita usahakan bersama saat ini.

Terima kasih kepada para relawan. Semoga pendampingan dari kalian dapat membuat mereka merasakan cinta kasih dan kepedulian dari orang-orang. Meski mereka tidak memiliki hubungan darah dengan kita, tetapi kita tetap memberikan pelukan hangat dan penghiburan yang tulus bagi mereka.

Dalam kejadian seperti ini, dana solidaritas yang kita bagikan tidak akan cukup untuk mengobati luka mereka. Namun, paling tidak kita menyampaikan rasa simpati kita terhadap mereka. Kita juga memberi mereka sepucuk surat. Meski kita telah membagikan dana solidaritas, kita tetap ingin mengungkapkan kepedulian dan perhatian yang tulus bagi mereka.

 

Terima kasih kepada ketua badan misi amal Tzu Chi yang berada di lapangan bersama para relawan yang terus mendampingi keluarga korban sepanjang malam. Kalian hendaknya bergantian. Saat harus beristirahat, pulanglah untuk beristirahat. Usahakan agar para relawan dapat bergantian.

Para relawan di Hualien, harap mendaftarkan diri untuk menjalankan estafet ini. Jika dibutuhkan, kita dapat meminta sebagian relawan untuk berjaga di rumah sakit. Sampaikan laporan ke Griya Jing Si dan kami di sini akan berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan, baik sumber daya manusia, barang, makanan, maupun yang lainnya. Harap kalian melakukan pendampingan dengan tulus dan saksama di sana. Kirimkan setiap informasi ke pusat komando di sini dan saya akan senantiasa mendampingi dari sini.

Cuaca juga sangat panas. Harap kalian juga memperhatikan orang-orang di sana, termasuk para awak media massa. Terima kasih kepada manajer Da Ai TV, Zhu-qi, serta para relawan dokumentasi kita yang telah meliput peristiwa ini. Harap kalian di sana dapat saling berbagi informasi. Jadi, jika ada kebutuhan, kita dapat berusaha memenuhinya dengan segera. Inilah yang saat ini dapat kita usahakan.

 

Terima kasih kepada para Bodhisatwa sekalian yang saat ini segera memberi pendampingan dan sumbangsih. Terima kasih. Semua orang hendaknya menjaga diri. Cuaca sangat panas. Semua orang harus menjaga diri. Berhati-hatilah dalam hal makan dan minum. Semua ini harus diperhatikan dengan baik. Terima kasih kepada para relawan.

Terima kasih juga kepada Wali Kota yang juga berada di lokasi dan memberi banyak bantuan. Semoga saat ini Pemerintah dan pihak swasta di Hualien dapat bekerja sama untuk membantu orang-orang yang datang dari luar Hualien. Ini tentu dapat kita usahakan. Terima kasih, Wali Kota Wei.

Terima kasih, para awak media massa. Semoga kita semua saat ini dapat benar-benar bekerja sama dengan baik. Kita hendaknya bersatu hati, harmonis, saling mengasihi, dan bergotong royong. Inilah yang selalu saya katakan. Terima kasih, Bodhisatwa sekalian. Informasi apa pun, harap kirimkan kemari. Saya tetap ada bersama kalian. Terima kasih.

Kesedihan besar sulit dilukiskan dengan kata-kata
Menyadari ketidakkekalan yang datang dalam sekejap
Bekerja sama dengan harmonis sebagai kekuatan pendukung
Merangkul dan menghibur dengan cinta kasih yang tulus

Ceramah Master Cheng Yen tanggal 3 April 2021    
Sumber: Lentera Kehidupan - DAAI TV Indonesia
Penerjemah: Hendry, Karlena, Marlina
Ditayangkan tanggal 5 April 2021
Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -