Cara Menggerakkan Relawan Memberikan Bantuan Bencana


Ada orang bertanya kepada Master Cheng Yen:

Kemampuan Tzu Chi untuk menggerakkan relawan dalam beberapa tahun ini sangat luar biasa, selain disebabkan oleh bangkitnya hati yang penuh cinta kasih, apakah masih ada sebab lainnya?

 

Master Cheng Yen menjawab:

Insan Tzu Chi memiliki satu filosofi yang sama, yaitu dikarenakan ada orang yang membutuhkan bantuan, kita baru memiliki kesempatan untuk memberikan sumbangsih dan perhatian. Sebagai contoh adalah ketika terjadi bencana topan Herb dulu, tahukah Anda betapa besarnya penderitaan warga (korban) di atas pegunungan sana? Mereka sangat membutuhkan bantuan. Karena mereka sedang menderita, maka mereka membutuhkan bantuan kita, jadi kita harus berterima kasih kepada mereka. Ini adalah konsep pemikiran bersama pada diri semua insan Tzu Chi.

Karena tujuan dan filosofi semua orang adalah satu, dengan sendirinya semua orang akan melangkah pada satu jalur yang sama dan setiap orang bersumbangsih atas inisiatif sendiri. Setelah bersumbangsih semua orang akan saling mengucapkan terima kasih. Ini adalah sesuatu yang sangat sulit dimengerti dan hanya dapat dipahami jika kita telah mempraktikkannya sendiri.

 

Tiga faktor utama untuk menyehatkan batin adalah: bersikap optimis, penuh pengertian, dan memiliki cinta kasih.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -