Sabtu, 07 Desember 2019
Indonesia | English

"Kita Muda, Kita Peduli, Kita Beraksi"

29 Oktober 2015 Jurnalis : Okmonrow Muliawan (Tzu Ching Palembang)
Fotografer : Jung Fuk, Okmonrow, Asan, Pani, Aling (Tzu Chi Palembang)


Materi tentang pelestarian lingkungan dibawakan oleh Okmonrow Muliawan, salah seorang Tzu Ching.

“Bumi kita sedang sakit” itu adalah kalimat yang cocok untuk menggambarkan kondisi Bumi kita saat ini. Berbagai bencana yang terjadi menunjukan seberapa parahnya sakit yang diderita bumi kita ini. Di Palembang sendiri saat ini sedang terjadi bencana kabut asap akibat kebakaran hutan melanda wilayah Pulau Sumatera dan Kalimantan. Terinspirasi dari hal-hal seperti inilah yang akhirnya mendorong para Tzu Ching Palembang mengajak anak-anak muda lainnya untuk peduli  pada lingkungan.

Pada tanggal 26 September 2015, pukul 08.00 – 12.00 WIB, Tzu Ching Palembang bersama Unit Kerja Mahasiswa (UKM) Pencinta Lingkungan Unika Musi Charitas mengadakan kegiatan WAVES (We Are Vegetarians and Earth Saviors) di Aula Fakultas Bisnis dan Akuntansi Unika Musi Charitas Palembang guna mengedukasi para mahasiswa/i di sana dalam rangka meningkatkan kepedulian mereka untuk melakukan pelestarian lingkungan. Acara dimulai dengan sambutan dari Romo Petrus Murwanto, SCJ, S.S., M.Hum  (Perwakilan Unika Musi Charitas) dan Subianto, mewakili relawan Tzu Chi Palembang. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan tentang Tzu Chi dan Tzu Ching yang dibawakan oleh Jung Fuk, sekaligus koordinator dalam kegiatan ini.

Materi dan tata cara pembuatan celemek daur ulang oleh anggota UKM Pencinta Lingkungan Unika Musi Charitas.

Kata sambutan oleh Subianto, mewakili Tzu Chi Palembang.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang pelestarian lingkungan oleh relawan Tzu Chi, Okmonrow Muliawan. Pada sesi ini mahasiswa/i diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga dan bagaimana cara menjaga lingkungan. Antusias mahasiswa sangat terlihat pada saat sesi ini berlangsung. Dengan sosialisasi ini diharapkan para mahasiswa dapat berpartisipasi dalam menjaga lingkungkan di sekitar lingkungan mereka sendiri.

Tidak hanya materi yang diberikan, tetapi para peserta pun diajak melakukan praktik langsung tentang tata cara pemilihan sampah daur ulang.

Penampilan isyarat tangan “Jiu Shi Xian Zai” (Sekarang Adalah Waktunya) yang dibawakan oleh Tzu Ching Palembang bersama UKM Pencinta Lingkungan Unika Musi Charitas.

Acara selanjutnya adalah pengenalan UKM Pencinta Alam Unika Musi Charitas sekaligus pelatihan tata cara membuat celemek daur ulang. Tujuannya untuk menunjukkan kepada para mahasiswa bahwa sesuatu yang mereka anggap tidak berharga ternyata dapat dimanfaatkan dan menjadi sesuatu yang berharga. Seperti moto misi pelestarian lingkungan Tzu Chi: “Mengubah Sampah Menjadi Emas, Emas Menjadi Cinta Kasih”.

Sebagai puncak acara, para mahasiswa diajak untuk melakukan pemilihan sampah daur ulang di halaman Fakultas Bisnis dan Akuntansi Unika Musi Charitas. Para mahasiswa terlihat sangat senang mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan adanya games yang menarik mereka untuk berinteraksi satu sama lain. Para mahasiswa tidak hanya diedukasi tentang tata cara memilah sampah daur ulang, tetapi juga menunjukan kepada mereka bahwa proses pemilahan sampah daur ulang juga bisa dilakukan dengan cara kreatif dan menyenangkan.

Artikel dibaca sebanyak : 1936 kali


Berita Terkait


Saatnya untuk Action

22 November 2019

Ayo Selamatkan Bumi dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat!

17 Oktober 2016

Lima Kebajikan untuk Bumi Setiap Hari

19 September 2016

Menjadi Superhero untuk Bumi

12 April 2016


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Hadiah paling berharga di dunia yang fana ini adalah memaafkan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat