Rabu, 21 Agustus 2019
Indonesia | English

Bersama Menghargai Bumi

12 Mei 2015 Jurnalis : Christine Desyliana (He Qi Barat)
Fotografer : Ferly, Robert, Christine Desyliana (He Qi Barat)

Penanaman akan cinta lingkungan sejak dini dilakukan oleh Sekolah Global Montessori, Citra 2 dengan mengundang Tzu Chi untuk mengisi sosialisasi pelestarian lingkungan.

Kita harus berterima kasih dan menghargai bumi yang telah menyediakan tempat tinggal dan sumber daya bagi kita.” Kata Perenungan Master Cheng Yen

Memperingati Hari Bumi Sedunia, Sekolah Global Montessori mengundang Yayasan Buddha Tzu Chi untuk melakukan sosialisasi mengenai pelestarian lingkungan yang ditanamkan sejak dini kepada para siswa sekolah tersebut. Sosialisasi yang dilakukan pada Senin, 27 April 2015 itu diikuti oleh 32 siswa SD dan 56 siswa TK.

Sebelumnya, Sekolah ini sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi di Lippo, Tangerang pada 2010 dan daerah depo Kosambi, Jakarta Barat pada 2013. Mereka menilai Tzu Chi memang serius misi Pelestarian Lingkungan demi menciptakan dunia bebas dari bencana. Itulah mengapa pihak sekolah mengundang dan mempecayakan pengenalan mengenai cinta lingkungan kepada Tzu Chi.

Pemberian materi pelestarian lingkungan disajikan dengan canda namun tetap menanamkan nilai-nilai penting, seperti apa itu pemanasan global, penyebabnya, akibatnya, cara antisipasi, dan cara penanganannya. Penjelasan materi juga dilengkapi dengan foto dan video kartun agar mudah dimengerti oleh para siswa. Mereka juga menyimak dengan serius setiap poin yang disajikan karena mereka paham bahwa informasi ini mudah dilakukan di kehidupan sehari-hari.

Sosialisasi ini diikuti oleh 32 siswa SD dan 56 siswa TK.

Setelah materi selesai disampaikan, relawan Tzu Chi menutup acara dengan memberikan sebuah penampilan isyarat tangan yang berjudul “Sebuah Dunia yang Bersih”. Para siswa juga mempersembahkan sebuah lagu yang berjudul “Heal The World” yang dinyanyikan bersama dengan relawan.

Di akhir acara, Ms. Nia, Kepala Sekolah SD dan TK menyerahkan barang daur ulang secara simbolis kepada Karlina Shijie selaku Fungsionaris Pelestarian Lingkungan wilayah Cengkareng Barat. Selain itu juga dititipkan 2 karung beras dan 3 dus mi instan kepada Yayasan Buddha Tzu Chi untuk diberikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Perbuatan nyata dan kerjasama antara Sekolah Global Montessori dan relawan Yayasan Buddha Tzu Chi ini memberikan kesan yang mendalam. Hal ini sesuai pesan Master Cheng Yen, memasuki 49 tahun berdirinya Tzu Chi, “ketulusan jalinan kasih sayang antar sesama membawa kebaikan bagi dunia,  pendidikan moral dan kesadaran lingkungan yang nyata menciptakan masyarakat yang penuh berkah.” Semoga lingkaran kebajikan dan kehangatan terus berputar dan menyebar ke seluruh belahan Bumi.

Relawan Tzu Chi menutup acara dengan memberikan sebuah penampilan isyarat tangan yang berjudul “Sebuah Dunia yang Bersih”.

Artikel dibaca sebanyak : 1452 kali


Berita Terkait


Sampah Bukan Warisan

10 Juli 2019

Lingkungan Kita, Tanggung Jawab Bersama

12 Februari 2019

Sosialisasi Pelestarian Lingkungan Perdana Di Cikarang

31 Oktober 2018

Sosialisasi Pelestarian Lingkungan di Sekolah Mutiara Bangsa II

11 April 2017

Melindungi Bumi dengan Pelestarian Lingkungan

22 Februari 2017


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat