Jumat, 06 Desember 2019
Indonesia | English

Hadir dan Melayani Dengan Cinta Kasih

02 Juli 2019 Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)
Fotografer : Marcopolo AT, Ame Lauw (Tzu Chi Biak)


Tim Medis Tzu Chi melakukan pemeriksaan kepada Mesak Pariabo, warga di Desa Syabes dalam Baksos Kesehatan menyambut HUT Bhayangkara ke-73 kerja sama antara Yayasan Buddha Tzu Chi dan Polres Biak.

Seperti biasa di hari Sabtu, relawan Tzu Chi Biak berkumpul di Kantor Tzu Chi Biak untuk mendengarkan harumnya Dharma di pagi hari. Setelah selesai relawan tidak langsung pulang, melainkan berangkat ke Mapolres Biak bersama-sama dengan anggota Polres Biak melakukan survei ke dua desa yang nantinya akan menjadi tempat penyelenggaraan Baksos Kesehatan Tzu Chi.  

Rabu, 26 Juni 2019, relawan Tzu Chi Biak bersama anggota Polres Biak dengan menggunakan mobil kemudian berangkat ke Desa Syabes Distrik Yendidori untuk melaksanakan Baksos Bhayangkara 2019. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Tzu Chi Biak, Polres Biak, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Biak, serta Pemda Biak.


Relawan melakukan survei ke rumah-rumah warga untuk melihat kondisi kesehatan masyarakat.


Warga yang sakit akan didata dan diberikan kartu pemeriksaan dalam Baksos Kesehatan ini.

Setibanya di Desa Syabes masyarakat menyambut kedatangan seluruh rombongan dengan senang hati. Rombongan penari mengiringi langkah relawan menuju tempat pelaksanaan. Wakapolres Biak, Kompol Tonny Upuya, SE Biak mengatakan, “Tahun ini pusat perhatian dari penyelenggaraan kegiatan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73 adalah bakti sosial. Masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik melalui baksos kesehatan ini.“ Senada dengan Wakapolres Biak, Frans Asyererm, Kepala Kampung Birubi berkata, “Kami mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada Polres Biak yang telah memilih Kampung Syabes dan Birubi sebagai tempat perayaan HUT Bhayangkara tahun ini. Semoga yang menjadi tujuan bersama kegiatan ini dapat tercapai.”

Di acara pembukaan ini relawan Tzu Chi Biak kemudian membawakan isyarat tangan Satu keluarga yang diikuti oleh seluruh masyarakat. Selesai acara pembukaan, baksos kesehatan pun dimulai. Masyarakat dengan sabar mengantri dan mendaftar, kemudian dilanjut dengan pemeriksaan tensi darah dan pemeriksaan lainnya oleh para dokter. Dalam baksos kesehatan ini IDI Biak mengirimkan 4 dokter muda yang sedang menjalani program internship di Kabupaten Biak, dengan didampingi 4 dokter dari RSUD Biak dan 1 dokter dari Polres biak.


Relawan Tzu Chi dan anggota Polres Biak membantu pasien-pasien yang berusia lanjut.


Warga juga mendapatkan bantuan berupa sembako.

Mesak Pariaribo (66 tahun) yang sehari-hari bekerja di kebun berkata, “Saya mengucap syukur kepada Tuhan atas berkat yang dilimpahkan kepada kami hari ini melalui Tzu Chi Biak dan Polres Biak. Kami masyarakat di sini merasa senang mendapatkan pelayanan kesehatan dan paket sembako.”

Masyarakat Kampung Syabes dan Birubi hari itu tidak saja mendapatkan pelayanan kesehatan, tapi mereka juga mendapatkan paket sembako yang terdiri dari beras (5 kg), minyak goreng (1 liter), teh celup (1 pak), dan gula pasir (1 kg). Total ada 145 paket yang dibagikan, dan 7 anak yang mendapatkan obat cacing dan vaksin polio tahap 2.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 318 kali


Berita Terkait


Deteksi Dini Untuk Mencegah Gizi buruk

24 Oktober 2018


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Berbicaralah secukupnya sesuai dengan apa yang perlu disampaikan. Bila ditambah atau dikurangi, semuanya tidak bermanfaat.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat