Sabtu, 14 Desember 2019
Indonesia | English

Internasional: Prestasi Rumah Sakit Dalin

07 September 2010 Jurnalis : Da Ai News
Fotografer : Da Ai News

 

 

fotoRumah sakit ini dibuka pada tahun 2000, memberikan rawat inap dan program penyuluhan, untuk mendidik masyarakat bagaimana cara menjaga kesehatan mereka.

Sebuah rumah sakit yang dibangun oleh Yayasan Buddha Tzu chi di daerah pedesaan di barat daya Taiwan merayakan ulang tahunnya yang ke-10 hari Minggu, 15 Agustus 2010. Rumah Sakit Dalin  telah mengubah kualitas perawatan medis di sebuah pulau di mana banyak orang sakit tidak bertahan sebelum mereka bisa mencapai rumah sakit.

Rumah Sakit Tzu Chi Dalin melayani Chiayi dan Yunlin, dua kabupaten di Taiwan dengan ketersediaan rawat inap terburuk  sebelum tahun 2000 – Yunlin, 27,8 per 10.000 orang dan Chiayi bahkan lebih rendah. Jika orang membutuhkan perawatan, keluarga mereka harus melakukan perjalanan panjang ke jalan utama pulau untuk mencapai sebuah kota besar di utara atau selatan. Dalam beberapa kasus, pasien meninggal sebelum mereka sampai di rumah sakit, kadang-kadang, kerabat mereka pergi jarak jauh untuk mengunjungi dan terlibat dalam suatu kecelakaan, yang menyebabkan korban jiwa. Kelangkaan perawatan inilah yang membuat Master Cheng Yen membangun sebuah rumah sakit di Dalin.

Rumah sakit ini dibuka pada tahun 2000, memberikan rawat inap dan program penyuluhan, untuk mendidik masyarakat bagaimana cara menjaga kesehatan mereka. Salah satunya adalah Zhan Qing Chuan, beliau  tidak memiliki riwayat komplikasi jantung sampai dua tahun yang lalu, ketika ia menderita serangan jantung suatu sore dan menjalani operasi yang menyelamatkan nyawanya. "Saya mengatakan kepada mereka bahwa, jika bukan karena Tzu Chi, saya pasti sudah mati," katanya.

Rumah Sakit Tzu Chi Dalin telah mengkhususkan diri dalam sumbangan organ dan transplantasi, Pembentukan tim khusus untuk penyumbangan organ dan transplantasi di tahun 2001 telah dilakukan. Sejak saat itu, dilakukan 27 transplantasi hati yang sukses dan operasi transplantasi ginjal, yang telah menyelamatkan nyawa warga di kabupaten terdekat. Salah satunya adalah Bai Suzhen, seorang wanita yang terlihat ceria. Dua tahun lalu, dia berada di ambang kematian karena dia membutuhkan donor hati yang baru. Dia telah menderita hepatitis B dan telah bekerja keras untuk memberikan anak-anaknya lingkungan yang aman dan sehat. Tetapi stres dan ketegangan yang disebabkan virus telah menyebar dan beliau hanya dapat  berdoa untuk segera mendapatkan donor hati yang baru. "Ketika saya tidak bisa bangun di pagi hari, saya akan bertanya-tanya mengapa," katanya "Jadi saya pikir, mungkin, saya tidak akan cukup beruntung untuk mendapatkan transplantasi dan berapa banyak waktu yang saya miliki. Saya tidak ingin berpikir tentang hal itu. Untungnya, Bai selalu berdoa agar mendapatkan donor hati yang baru yang dijawab satu tahun kemudian setelah ia dipindahkan ke Rumah Sakit Tzu Chi Dalin.

Rumah Sakit Berpredikat
Rumah Sakit Tzu Chi Dalin, adalah rumah sakit yang berada di peringkat 4 negara untuk transplantasi yang sukses. Rumah Sakit Tzu Chi Dalin telah menjadi sebuah pusat pendidikan untuk transplantasi dari orang-orang yang hidup. Rumah Sakit Tzu Chi Dalin benar-benar suatu berkat bagi penduduk Yunlin dan kabupaten Chiayi.

Rumah Sakit Tzu Chi Dalin juga telah mengkhususkan diri dalam pengobatan osteoarthritis, salah satu penyebab utama kecacatan pada  usia lanjut. osteoarthritis adalah penyakit degeneratif, yang disebabkan oleh penuaan dan kehausan pada sendi. Diperkirakan bahwa enam persen pria dan 20 persen wanita diatas usia 60 tahun rentan terhadap penyakit tersebut. Saat ini, bentuk paling umum dari pengobatan adalah obat penghilang rasa sakit. Biasanya, hanya jika jaringan telah benar-benar memburuk operasi penggantian lutut dapat diatur. Di Taiwan, jumlah orang dengan osteoarthritis tak  terhitung. Untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan, pasien biasanya diberi obat anti-inflamasi non-steroid, glukosamin atau  suntikan asam hialuronat. Pengobatan bedah adalah satu-satunya pilihan ketika sendi menjadi cacat. Namun salah satu dokter Rumah Sakit Tzu Chi Dalin, Lu Shaorui, telah menemukan pengobatan alternatif, sehingga orang tidak lagi harus menderita kesakitan.

Setelah hampir satu dekade pengamatan klinis, Dr Lu menemukan bahwa penyebab utama pembusukan dikarenakan oleh plica medial, jaringan lutut lunak yang termakan  usia dan trauma. Penelitian lebih lanjut divalidasi teorinya. "Ketika saya mengamati  kembali ke plica medial, saya menemukan bahwa degenerasi dari jaringan lunak menjadi komplikasi lain. Tidak hanya plica medial yang harus diatasi,  tapi masalah yang saling terkait lainnya harus diperlakukan dengan baik." 

Sebagai hasil dari penelitian itu, Rumah Sakit Tzu Chi Dalin telah mengembangkan "Lutut Sehat", suatu prosedur yang membantu regenerasi tulang rawan. Terima kasih bagi kerja Dr Lu,berkatnya,  lebih dari 5.000 pasien telah kembali mendapat kebebasan untuk berjalan dengan kemudahan dan kenyamanan. Salah satunya adalah relawan Luo Hua, yang kini bergerak dengan mudah dan percaya diri. 

Sulit membayangkan bahwa, sebelumnya, ia nyaris tidak bisa berjalan karena rasa sakit dan bengkak dari osteoarthritis. "Aku mencoba akupunktur dan pengobatan," katanya, "Aku diberi relaksasi otot, yang mengurangi rasa sakit dan tekanan. Jika saya tidak mengambil relaksasi, sendi saya akan sakit dan terus sakit. Aku akan berjalan sedikit dan kemudian beristirahat, ada suatu masa aku merasa akan jatuh, saat itu sangat menyiksa," terang Luo Hua. Berkat operasi arthroscopic yang disediakan oleh Dr Lu, mobilitasnya pun kini telah pulih. (Sumber: www.tzuchi.org, diterjemahkan oleh: Riani Purnamasari/He Qi Utara)
  
 
 

Artikel dibaca sebanyak : 1501 kali


Berita Terkait


Berita Internasional: Cinta Kasih Lintas Benua untuk Afrika

24 Juni 2019

Berita Internasional: Bantuan Keuangan untuk Puluhan Mahasiswa Yaman di Istanbul

22 Januari 2019

Berita Internasional: Master Cheng Yen Terima Gelar Doktor Kehormatan

17 Januari 2019

Berita Internasional: Sekolah untuk Anak-anak Suriah di Istanbul Menjadi Sekolah Resmi

14 Desember 2018

Tzu Chi Bagikan 550 Selimut untuk Korban Kebakaran di California

16 November 2018


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Menghadapi kata-kata buruk yang ditujukan pada diri kita, juga merupakan pelatihan diri.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat