Minggu, 24 Juni 2018
Indonesia | English

Kebersamaan yang Tidak Membeda-bedakan

12 Juni 2018 Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)
Fotografer : Marcopolo AT, Gunawan Ho (Tzu Chi Biak)


Tzu Chi Biak Bekerja sama dengan beberapa perbankan di Kota Biak menggelar acara buka puasa bersama di Masjid Agung Baitur-Rahman, Sabtu 9 Juni 2018. Buka Puasa ini juga diisi dengan ceramah dari Ustad Maulana.

Cuaca sangat cerah di hari Sabtu 9 Juni 2018. Setelah mendengarkan harumnya Dharma di pagi hari relawan Tzu Chi Biak bergerak ke Masjid Baitur-Rahman Biak. Relawan yang telah mendapatkan tugas mulai mengerjakan bagiannya masing-masing. Hari itu adalah hari di mana kegiatan Tzu Chi Biak yaitu Buka Puasa Bersama dilangsungkan. Pada dini hari relawan yang bertugas menjemput Ustad Maulana telah menjemput dan mengantarkan ke Wisma Gunadi untuk beristirahat sebentar.

Jam 15.00 WIT relawan sudah mulai berkumpul. Pada 15.30 para tamu mulai berdatangan memenuhi halaman Masjid Agung Baitur-Rahman, karena penceramahnya adalah seorang yang terkenal dan dapat diterima semua kalangan maka tempat yang sudah dipersiapkan menjadi penuh sesak. Masih banyak undangan yang tidak mendapatkan kursi tempat duduk. Dalam Buka Puasa Bersama ini Tzu Chi Biak Bekerjasama dengan Perbankan Biak (Bank Mandiri, BRI, Bank Danamon, Bank Papua, Asuransi Sinarmas dan BNI) serta pengurus Masjid Agung Baitur-Rahman.


Persiapan relawan di Masjid Agung Baitur-Rahman  jelang acara buka puasa.


Acara ini juga dihadiri beberapa tokoh dari lintas agama. 

Kegiatan dibuka oleh relawan dengan mengajak bersama seluruh undangan untuk memeragakan isyarat tangan Satu Keluarga, kemudian dilanjutkan pembacaan ayat-ayat suci Al-quran yang dibacakan oleh qoriah Nur Atikah yang adalah Juara 1 MTQ tingkat Propinsi Papua. Kemudian Ketua Kantor Penghubung Biak Susanto Pirono memberikan sambutannya  dilanjutkan oleh Sekretaris Daerah Biak Numfor,  Markus O. Mansnembra. Ahirnya yang telah ditunggu oleh para undangan Tausiah oleh Ustad Maulana dari Jakarta. Banyak relawan dan undangan yang mendapatkan pemahaman baru tentang keagamaan dari ceramah Ustad Maulana.

Setelah waktu berbuka tiba, tamu undangan dibagikan takjil yang dipersiapkan oleh relawan Permas Biak dengan cita rasa yan enak. Remaja Masjid Agung Baitur-Rahman juga  turut serta menghibur dengan membawakan lagu-lagu qasidah yang dibawakan dengan baik dan kompak oleh seluruh anggota.


Keakraban para tokoh agama.


Relawan Tzu Chi membawakan isyarat tangan Satu Keluarga.

Kemudian acara makan bersama dilangsungkan dengan menu yang sudah menjadi ciri khas Tzu Chi yaitu makanan vegetarian. Salah satu peserta bahkan mengatakan kalau tidak diberitahu bahwa semua makanan yang dihidangkan adalah vegetarian ia akan tidak dapat membedakan antara daging asli dengan daging vegetarian. Kegiatan hari itu diakhiri dengan pembagian bingkisan dari Tzu Chi Biak berupa Kopiah dan Tasbih, serta untaian kasih dari Perbankan Biak. Yang menerima bingkisan sebanyak 80 orang adalah anak-anak Panti Asuhan Pancasila, Ponpes Baabusalam dan Ponpes Hidayatullah

Afika Salam, siswa kelas VII DDI Baabusalam Biak senang dengan kegiatan buka puasa bersama Tzu Chi ini. “Karena sederhana dan menyenangkan, saya juga amat mengidolai Ustad Maulana sehingga saya amat gembira dapat mendengarkan secara langsung ceramahnya,” kata Afika.


Ketua DPRD Biak Numfor, Zeth Sandy (kiri), Pangkosek Hanudnas IV Biak Marsma TNI Jorry S.Koloay (baju putih), Ustad Maulana dan Ketua Tzu Chi Biak Susanto Pirono  mengikuti gerakan isyarat tangan Satu Keluarga.


Qasidah oleh remaja Masjid Agung Baitur-Rahman.

Ustad Maulana juga menyampaikan pesan kepada relawan Tzu Chi sebelum keberangkatan kembali ke Jakarta.  “Saya berterima kasih kepada Tzu Chi Biak yang secara luar biasa dapat mengadakan kegiatan dan berbagi kasih tanpa membeda-bedakan SARA. Mudah-mudahan Tzu Chi bisa ada di seluruh pelosok Nusantara dan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia serta makin bertambah banyak relawan,” ujarnya.


Pembagian bingkisan dari Tzu Chi Biak dan untaian kasih dari Perbankan Biak.

Editor: Khusnul Khotimah

Keakraban para tokoh agama.

Artikel dibaca sebanyak : 455 kali


Berita Terkait


Perwujudan Cinta Kasih Universal

12 Juni 2017

Buka Puasa Bersama

04 Agustus 2015

Puasa Bentuk Pelatihan Diri

04 Agustus 2014


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat