Rabu, 19 September 2018
Indonesia | English

Membina Generasi yang Berbudi Pekerti Baik

11 Juni 2018 Jurnalis : Calvin (Tzu Chi Tj. Balai Karimun)
Fotografer : Vincent, Amudi, Calvin (Tzu Chi Tj. Balai Karimun)


Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun melakukan kegiatan rutin tiap bulan sekali yaitu, Kelas Budi Pekerti pada Minggu, 10 Juni 2018.

Minggu, 10 Juni 2018, Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun melakukan kegiatan rutin tiap sebulan sekali yaitu Kelas Budi Pekerti. Sebelum masuk ke tahun ajaran baru pada bulan berikutnya, Tzu Chi Karimun mengajak para Xiao Tai Yang berserta orang tuanya untuk mengikuti kegiatan ini.

Sekitar pukul 08.30 WIB, para siswa-siswi berserta orang tua sudah mulai berdatangan ke kantor Tzu Chi Karimun. Sebanyak 55 orang berpartisipasi pada kegiatan ini. Tepat pada pukul 09.00 WIB, kegiatan pun dimulai dengan membacakan 10 sila Tzu Chi dan dilanjutkan dengan menonton kilas balik Kelas Budi Pekerti selama satu tahun ajaran 2017/2018. Berbagai peristiwa seperti belajar budi pekerti, bermain game, polah lucu anak-anak terekam dalam sebuah video singkat. Mereka pun menonton sembari tertawa bahagia dan merasa geli saat melihat foto-foto mereka masuk dalam video tersebut.


Para siswa-siswi menonton sebuah tayangan Kilas Balik Kelas Budi Pekerti selama satutahun ajaran 2017/2018. 


Anak-anak merasa bahagia mengikuti kegiatan kelas budi pekerti. Mereka tertawa geli ketika melihat aksi mereka dalam video kilas balik.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi murid dengan jumlah kehadiran penuh. Hal ini dilakukan untuk memberikan apersiasi para siswa-siswi yang selalu hadir untuk mengikuti kegiatan kelas budi pekerti agar lebih semangat, tekun, dan benar-benar mendapatkan ilmu budi pekerti yang telah mereka pelajari selama mengikuti kegiatan ini.

Lissa Mama juga mengajak para siswa-siswi untuk mengumpulkan daur ulang yang ada di rumah mereka dan dibawa ke Tzu Chi Karimun saat mereka mengikuti kegiatan kelas budi pekerti.

Generasi yang Berbudi


Penghargaan diberikan kepada para murid yang memenuhi kehadiran penuh selama satu tahun ajaran kelas budi pekerti.

Banyak manfaat yang bisa anak-anak dapatkan dengan mengikuti kelas budi pekerti yang rutin diadakan oleh Tzu Chi Karimun. Mereka lebih sopan santun, bertanggung jawab, disiplin, jujur, ikhlas, mandiri dan bersumbangsih dalam bentuk apapun. Setiap kali mengadakan kegiatan ini, relawan pendidikan akan selalu memberikan materi yang berkaitan dengan budi pekerti. Meski begitu tidak sekadar memberikan materi saja, mereka juga mengajak para siswa-siswi untuk berinteraksi melalui simulasi permainan yang mempunyai makna sesuai dengan tema materi yang dibawakan oleh Papa dan Mama relawan pendidikan.

Devin Wesley (12), salah satu siswa kelas budi pekerti merasa senang karena pada tahun ajaran baru nanti ia telah lulus dan menjadi Tzu Shao. Sama halnya dengan Jovin (13) yang merasa senang mengikuti kegiatan Tzu Chi.


Pemberian kartu ucapan terima kasih kepada anak-anak yang akan menjadi Tzu Shao pada tahun ajaran berikutnya. 

“Menyenangkan karena bisa bertemu dengan teman-teman lainnya,” ujarnya. Ia pun mendapatkan piagam penghargaaan kehadiran penuh karena selalu mengikuti kegiatan kelas budi pekerti di Tzu Chi Karimun.


Devin Wesley (kanan) merasa senang karena akan menjadi bagian dari Tzu Shao.


Jovin, salah satu siswa yang mendapatkan penghargaanatas kehadiran penuh. Ia juga akan menjadi Tzu Shao.

Editor: Yuliati

Jovin, salah satu siswa yang mendapatkan penghargaanatas kehadiran penuh. Ia juga akan menjadi Tzu Shao.

Artikel dibaca sebanyak : 321 kali


Berita Terkait


Menjalin Silaturahmi dengan Pondok Pesantren Hidayatullah

18 September 2018

Belajar Menjadi Anak Yang Bersusila

15 Agustus 2018

Mendidik Anak Berbudi Pekerti Sejak Dini

24 Juli 2018

Mengajarkan Memasak Makanan Vegetaris

06 Juni 2018

Belajar Saat Mengajar

05 Juni 2018


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Dalam berhubungan dengan sesama hendaknya melepas ego, berjiwa besar, bersikap santun, saling mengalah, dan saling mengasihi.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat