Kamis, 04 Maret 2021
Indonesia | English

Menambah Sukacita Jelang Tahun Baru Imlek

09 Februari 2021 Jurnalis : Hellen Friscila, Stephen Siega, Suharjo Marzuki (Tzu Chi Palembang)
Fotografer : Hellen Friscila, Stephen Siega, Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang)


Semangat para relawan Tzu Chi Palembang saat hendak membagikan paket sembako. 

Jelang perayaan Imlek, para relawan Tzu Chi Palembang di beberapa komunitas membagikan paket sembako cinta kasih bagi warga kurang mampu. Di Komunitas Radial Palembang misalnya, mereka membagikan 50 paket (4/1/2021). Lalu di Komunitas Taman Kenten Palembang (31/1/2021), mereka membagikan 100 paket. Sementara di Komunitas Kemuning Palembang, ada 50 paket yang dibagikan, (31/1/2021).

Paket sembako ini berisi beras, minyak, mie, bihun, biskuit, sirup, masker, dan tak lupa kue keranjang. Warga penerima paket sembako di tiga wilayah ini sungguh bersukacita. Tidak hanya karena paket sembako ini turut menambah kebahagiaan dalam merayakan Imlek, namun juga karena merasa diperhatikan oleh para relawan Tzu Chi Palembang.

 

Sebelum paket bantuan dibagikan, terlebih dulu relawan melakukan survey bagi calon penerima bantuan.

Namun kebahagiaan sesungguhnya tak hanya dirasakan para penerima paket sembako ini. Para relawan yang menyalurkan juga merasakannya, meski penyaluran paket sembako ini butuh perjuangan, seperti para relawan di Komunitas Radial Palembang yang harus menelusuri lorong yang gelap, sempit dan becek untuk sampai di wilayah pembagian, Kamis sore, 4 Januari 2021. Para relawan bersatu hati, semangat serta harmonis saat mengantarkan paket sembako.

Ada kejadian yang menyentuh hati saat para relawan Komunitas Taman Kenten membagikan paket sembako. Mereka bertemu dengan Pak Akaw (65), yang dari kondisinya sebenarnya layak menerima paket sembako. Tetapi Pak Akaw tegas menjawab, “Jangan bagi aku sembako, aku sudah sukses, anak-anak aku sudah sarjana galo, malah ada yang jadi Sales Manager, banyak yang dibawah kito lebih susah, kata Pak Akaw dengan logat Palembang yang kental.

 

Paket Sembako Imlek yang siap dibagikan. 

Mendengar jawaban Pak Akaw, para relawan begitu terharu. Pak Akaw mensyukuri dan menghargai berkah yang diberikan anak-anaknya, dan itu sudah lebih dari cukup.

Selain komunitas Tzu Chi Radial dan Tzu Chi Taman Kenten,  terdapat juga komunitas Tzu Chi Kemuning Palembang yang membagikan 50 paket sembako cinta kasih pada Minggu, 31 Januari 2021.  Para relawan yang menyukseskan pembagian paket sembako juga turut berbahagia melihat sukacita yang tampak dari wajah para penerima bantuan.

 

Warga penerima bantuan merasa gembira dan menyampaikan rasa terima kasih kepada para relawan Tzu Chi. Pembagian paket ini tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak. 

Kegiatan ini sendiri dapat terlaksana berkat sumbangsih para donatur dan para relawan Tzu Chi. Bantuan paket sembako cinta kasih yang disalurkan melalui komunitas relawan Tzu Chi masing-masing tentu akan habis pada saatnya, tetapi cinta kasih dan rasa syukur terkandung di dalamnya akan berlangsung sepanjang masa. Dalam kondisi pandemi Covid-19 semoga kita senantiasa aman, tenteram, serta bertumbuh dalam berkah dan kebijaksanaan.

Editor: Khusnul Khotimah     

Artikel dibaca sebanyak : 309 kali


Berita Terkait


Bingkisan Imlek untuk Para Penerima Bantuan Tzu Chi

05 Februari 2021

Bersyukur dan Menggarap Ladang Berkah melalui Pembagian Paket Imlek

03 Februari 2021

Paket Cinta Kasih Di Awal Tahun

01 Februari 2021

Bentuk Kasih Sayang untuk Anak Asuh

22 Januari 2021

Bingkisan Kecil dengan Cinta Kasih yang Besar

22 Januari 2020


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Tiga faktor utama untuk menyehatkan batin adalah: bersikap optimis, penuh pengertian, dan memiliki cinta kasih.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat