Menjalin Cinta Kasih Menyambut Imlek 2023

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya, Susi Christine (He Qi Pusat)

Julia Ming Hui (kanan) menyapa umat Wihara Khema didampingi Romo Chen Xiang sebelum pembagian paket Imlek 2023. Tzu Chi membagikan 90 paket Imlek 2023 berisi 10 kg beras, 20 bungkus mi instan, 2 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, dan masker medis. 

Tahun Baru Imlek 2023 akan jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023. Setiap tahun Imlek dikaitkan dengan tanda binatang menurut siklus zodiak Tiongkok. Tahun 2023 adalah tahun  Kelinci Air. Lambang Kelinci adalah simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa.

Jelang perayaan Imlek, Yayasan Buddha Tzu Chi menyalurkan bantuan 90 paket Imlek 2023 untuk warga Tionghoa di sekitar Wihara Khema Pangeran Jayakarta, Pasar Pecah Kulit, Jakarta Barat. Pembagian paket Imlek ini berlangsung di Wihara Khema Jakarta Barat.

Julia Ming Hui koordinator pembagian paket Imlek berkesempatan menyosialisasikan tentang Tzu Chi dan menginformasikan keberadaan depo pelestarian lingkungan di Jalan Pangeran Jayakarta.

Relawan Tzu Chi Cucu Fong (kiri) menyapa Ping Ping yang datang ke Wihara Khema bersama mamanya. Relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Pusat membagikan 90 paket Imlek di Wihara Khema Pasar Pecah Kulit, Pangeran Jayakarta, Jakarta Barat.

Julia Ming Hui, relawan Tzu Chi yang mengkoordinator pembagian 90 paket Imlek ini mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Romo Chen Xiang (pemimpin kebaktian) dan Bapak Ivan (Ketua Wihara Khema) yang telah bersedia memberi kesempatan kepada relawan Tzu Chi untuk berbagi kasih kepada umat Wihara Khema.

“Momentum perayaan Imlek, kami dari Yayasan Buddha Tzu Chi membagikan paket Imlek  kepada warga Tionghoa yang membutuhkan,” ucap Julia Ming Hui yang dibantu oleh 15 orang relawan dari komunitas He Qi Pusat. Julia mengungkapkan, bantuan paket Imlek ini sebagai wujud kepedulian Yayasan Tzu Chi untuk membantu sesama saudara yang akan merayakan Imlek 2023.

Bahagia Menerima Paket
Ping Ping (55) salah satu umat Wihara Khema yang menerima paket Imlek ini mengungkapkan kebahagiaannya. Ping Ping datang ke Wihara Khema bersama sang Ibu yang sudah lanjut usia untuk menjalankan kebaktian di Wihara Khema. “Saya sangat senang sekali karena bantuan ini sangat membantu warga yang terdampak di masa pandemi ini. Bantuan ini membuat umat Wihara Khema merasa senang sekali,” ungkap Ping Ping.

Ping Ping mengatakan paket Imlek  yang didapat dari Yayasan Buddha Tzu Chi ini akan dibagi lagi untuk tetangga di rumah. “Saya kan dapat dengan mama saya, nanti yang punya saya akan saya bagi untuk tetangga saya di rumah,” ungkap Ping Ping.

Relawan Tzu Chi menyusuri Jalan Pasar Pecah Kulit menuju rumah Nenek Mimi umat Wihara Khema untuk memberikan paket bantuan Imlek 2023.  Ada 15 orang relawan komunitas He Qi Pusat yang terlibat dalam pembagian bantuan paket Imlek 2023 di Wihara Khema.

Menyambut perayaan Imlek 2023 ini Ping Ping berharap perekonomian bisa lebih baik dan berharap Tzu Chi lebih banyak lagi mengunjungi wihara-wihara dan membantu warga yang kurang mampu. “Tzu Chi sangat bagus sekali dengan memberikan sumbangan-sumbangan seperti ini dan sangat membantu bagi orang-orang yang kurang mampu,” tegas Ping Ping.

Ucapan bahagia yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Wihara Khema Ivan. “Saya sangat gembira sekali, umat-umat di sini sangat gembira karena dengan hadirnya relawan Tzu Chi sedikit membantu mereka dalam menyambut Imlek. Semoga apa yang diberikan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban yang akan merayakan Imlek,” ucap Ivan Ketua Wihara Khema. Seluruh umat di Wihara Khema menyambut gembira kehadiran relawan Tzu Chi. “Relawan Tzu Chi sangat bijaksana dalam membantu, tidak pilih kasih,” lanjut Ivan.     

Ivan (kanan) Ketua Wihara Khema, Romo, dan relawan Tzu Chi secara simbolis membagikan bantuan paket Imlek 2023 yang berlangsung di Wihara Khema.

Ivan berharap hubungan relawan Tzu Chi dengan umat Wihara Khema dapat lebih erat lagi. “Saya dan umat di sini berharap relawan Tzu Chi dapat menjalin hubungan yang lebih erat lagi, ini bukti indahnya berbagi,” harap Ivan.

Pada kesempatan itu Julia menyosialisasikan Misi Amal Tzu Chi dan menjelaskan sedikit sejarah terbentuknya Yayasan Buddha Tzu Chi yang berpusat di Hualien, Taiwan. Julia juga menginformasikan bahwa Yayasan Buddha Tzu Chi akan membuka Depo Pelestarian Lingkungan di daerah Pangeran Jayakarta, tepatnya di depan showroom Honda.

Julia Ming Hui menghibur Nenek Mimi (70) di wilayah Tangki. Relawan bersama Romo Chen Xiang dan beberapa relawan Tzu Chi datang langsung ke rumah umat untuk memberikan paket Imlek 2023. 

“Nah nanti jika Bapak Ibu di rumah nih yang di daerah sini (Pangeran Jayakarta) mempunyai barang-barang yang masih layak pakai, tetapi sudah tidak terpakai boleh disumbangkan ke Depo Tzu Chi. Ketika Ibu-Ibu belanja ke pasar, kantong plastik, botol plastik, kertas karton, kardus-kardus, botol kaca, dan barang-barang yang masih bisa didaur ulang boleh disumbangkan ke Depo Tzu Chi di Pangeran Jayakarta. Barang-barang ini akan menjadi emas dan emas menjadi cinta kasih,” ajak Julia dengan semangat. 

Pada kesempatan itu Julia bersama relawan dan Romo Chen Xiang berkunjung ke rumah salah satu umat Wihara Khema yang tidak dapat datang ke Wihara karena sudah lanjut usia. Relawan Tzu Chi datang berkunjung untuk memberikan paket Imlek 2023 yang berisi 10 kg beras, 20 bungkus mi instan, 2 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, dan masker medis. 

Editor: Erli Tan

Artikel Terkait

Paket Sembako Tzu Chi Menambah Kebahagiaan Warga Jelang Imlek

Paket Sembako Tzu Chi Menambah Kebahagiaan Warga Jelang Imlek

09 Januari 2023

Di hari besar keagamaan, Tzu Chi Indonesia hampir tak pernah absen membagikan paket sembako. Pun di Tahun Baru Imlek, di Bogor, Jawa Barat ada enam lokasi pembagian sembako, salah satunya di Makin Bogor - Lithang Gerbang Kebajikan.

Menjalin Cinta Kasih Menyambut Imlek 2023

Menjalin Cinta Kasih Menyambut Imlek 2023

09 Januari 2023

Jelang perayaan Imlek 2023, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia membagikan 90 paket Imlek kepada umat Wihara Khema, Pecah Kulit, Jakarta Barat terutama warga prasejahtera yang akan merayakan Tahun Baru Imlek.

Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -