Minggu, 27 September 2020
Indonesia | English

Menanamkan Nilai-Nilai Humanis

22 November 2019 Jurnalis : Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas)
Fotografer : Randhy Putra (Tzu Chi Sinar Mas)


Pada pembukaan kegiatan Lomba Budaya Humanis, para siswa dan relawan dari wilayah Indragiri menampilkan bahasa isyarat tangan Satu Keluarga.

”Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.” 

(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Selain di dalam keluarga, penanaman budi pekerti kepada para generasi penerus adalah tanggung jawab kita bersama sebagai insan manusia. Pada tahun 2019 ini, relawan Tzu Chi Sinar Mas bergerak untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada para siswa melalui kegiatan Lomba Budaya Humanis tingkat Perkebunan Sinar Mas wilayah Riau. Setelah dilaksanakan di berbagai tempat di sekitar wilayah Perkebunan Sinar Mas, pada 2 November 2019 para relawan wilayah Riau berkesempatan untuk melaksanakannya.

Perlombaan kali ini diadakan di Sei Rokan Training Center, Siak, Provinsi Riau. Sebanyak 42 peserta perlombaan dari 8 sekolah berkumpul sejak pukul 08.00 pagi dan diawali dengan kegiatan penuangan Celengan Bambu Tzu Chi. Sekolah yang berpartisipasi dalam perlombaan ini adalah SDN 04 Samsam, SDN 05 Samsam, SDN 17 Telaga Samsam, SDN 06 Belutu, SDN 14 Belutu, SDN 021 Sekijang, SDN 022 Sekijang, dan SD Eka Tjipta Indra Sakti.

 

Sebelum perlombaan dimulai, para relawan terlebih dahulu mengajak para siswa untuk menyalurkan kepedulian melalui celengan bambu.


Suasana Lomba Cepat Tepat Kata Perenungan Master Cheng Yen.

”Sungguh luar biasa melihat semangat anak-anak ini, mereka dengan percaya diri tampil dan mengikuti perlombaan. Semoga nilai-nilai kebaikan yang diajarkan melalui program ini dapat dilaksanakan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari mereka nantinya,” ungkap Septianus Harianja, Ketua Xie Li Siak.

Perlombaan berlangsung dengan penuh semangat dan antusias. Selain di dampingi oleh para guru dan relawan, tiap-tiap sekolah juga turut membawa siswa-siswi lainnya untuk memberikan dukungan dan yel-yel kepada teman mereka yang sedang berlomba. Suara nyanyian dan sorak sorai pun mengisi suasana perlombaan pada hari itu.


Evi Sucita, Duta Dharma Wanita Tzu Chi Sinar Mas wilayah Sumatera yang hadir dalam kegiatan sedang memberikan semangat kepada para peserta lomba.


Muhammad Rizal Yahya, pemenang Lomba Cepat Tepat bersama kakaknya, Nayla Salsabila, pemenang Lomba Bercerita.

Adapun kategori yang dilombakan adalah lomba menggambar humanis, lomba mewarnai humanis, lomba bercerita humanis, dan lomba cepat tepat Kata Perenungan Master Cheng Yen.

Setelah rangkaian babak perlombaan dilaksanakan, sekitar pukul 3 sore nama-nama pemenang pun akhirnya diumumkan oleh panitia. Momen pengumuman menjadi semakin berbahagia ketika Muhammad Rizal Yahya Juara Satu Lomba Cepat Tepat berpelukan dan menangis terharu dengan kakaknya Nayla Salsabila yang juga mendapatkan Juara Satu Lomba Bercerita.


Selain kepada para peserta lomba, relawan juga memberikan apresiasi kepada sekolah-sekolah yang ikut berpartisipasi.

”Bersyukur kami kakak-adik bisa juara. Kami mengucapkan terima kasih atas bimbingan para guru dan relawan. Bahagia kami bisa membanggakan orang tua dan juga sekolah kami,” kata Nayla terharu.

Sebelum perlombaan tingkat Perkebunan Sinar Mas wilayah Riau ini dilaksanakan, Tzu Chi Sinar Mas juga telah melaksanakan berbagai perlombaan di tingkat wilayah relawan komunitas Tzu Chi Sinar Mas. Adapun Xie Li yang terlibat dalam rangkaian kegiatan ini adalah Siak, Kampar, dan Indragiri. Diawali dengan pembinaan kepada para siswa, para relawan bergerak menanamkan nilai-nilai humanis Tzu Chi kepada para siswa.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 1161 kali


Berita Terkait


Berlomba Dalam Kebaikan

07 November 2019

Benih-benih Cinta Kasih di Lomba Budaya Humanis

09 Mei 2019

Semangat Cinta Kasih di Lomba Budaya Humanis

12 April 2019

Menginspirasi Para Siswa Melalui Lomba Budaya Humanis

05 April 2019

Menanamkan Kebaikan Melalui Lomba Budaya Humanis

25 Juli 2018


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat