Rabu, 21 Agustus 2019
Indonesia | English

Menginspirasi Lebih Banyak Orang untuk Donor Darah

12 Agustus 2019 Jurnalis : Galvan (Tzu Chi Bandung)
Fotografer : Galvan (Tzu Chi Bandung)


Relawan Tzu Chi menyiapkan makanan ringan bagi para peserta donor darah yang digelar di Kantor LIA Martadinata Bandung. 

Tzu Chi Bandung kembali bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) serta LBPP-LIA Martadinata mengadakan donor darah dalam rangka HUT ke 60 LBPP-LIA, 1 Agustus 2019. Donor darah yang berlangsung pada 1 Agustus 2019 di Kantor LBPP-LIA Martadinata Bandung ini selain bertujuan untuk menambah persediaan darah di PMI.

Pada baksos kali ini, berhasil terkumpul sebanyak 13 labu darah. Selagi acara berlangsung, relawan Tzu Chi kerap mendampingi para donor. Selain memberikan motivasi, relawan juga mensosialisasikan visi-misi Tzu Chi kepada seluruh peserta yang berada di lingkungan LIA. Para peserta pun dapat mengenal lebih luas lagi mengenai Tzu Chi serta terketuk hatinya untuk menjadi bagian dari relawan yang berjuluk The Blue Angels atau Malaikat Biru (relawan berseragam biru-red).

 

Donor darah berlangsung tertib. Selama donor darah berlangsung, para relawan Tzu Chi kerap mendampingi peserta pendonor darah. Hal ini pun menjadi ajang sosialisasi mengenalkan visi misi Tzu Chi.


Relawan Tzu Chi Pepeng Kuswati mendampingi para donor. 

Saat mendampingi, relawan menceritakan kontribusi Tzu Chi Bandung bagi masyarakat Jawa Barat seperti baksos kesehatan, pembangunan tiga jembatan gantung, pembangunan sekolah, pembagian sembako hingga bantuan pasien pengobatan lanjutan. Misi kemanusian ini sekaligus menjadi alasan bagi lembaga bahasa asing ini untuk bermitra dengan Tzu Chi dalam menjalankan aksi solidaritas.

Hal di atas dibenarkan oleh Rivi Rinowati selaku Branch Manager LIA Martadinata Bandung. Ia mengatakan dukungan dari Tzu Chi merupakan penyemangat bagi para pengurus LIA untuk selalu mengadakan kegiatan kemanusiaan. Karena menurutnya, bila penggabungan antar instansi yang bergerak di bidang sosial maka hasilnyapun semakin baik dalam menolong sesama.


Setelah melaksanakan donor darah, para relawan memberikan paket Tzu Chi yang terdiri dari telur, makanan ringan dan buletin Tzu Chi kepada para donor.


Soni Sonjaya berharap setiap tetesan darahnya dapat membantu orang yang membutuhkan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi atas kerjasamanya, kontribusinya dalam kegiatan donor darah menyambut HUT LIA yang ke-60 ini,” ucap  Rini.

Donor darah ini bukan hanya untuk para siswa LIA saja, namun terbuka untuk umum.  Soni Sonjaya (28), yang bekerja di sebuah Cafe tepat di samping kantor LIA turut berdonor darah. Baginya donor darah selain bermanfaat untuk orang lain, juga sebagai pemulihan metabolisme tubuh karena dengan berdonor, ia merasa semakin sehat.

 

Rivi Rinowati (paling kanan) menyimak penjelasan mengenai visi misi Tzu Chi yang disampaikan langsung oleh relawan Tzu Chi Bandung.

"Alhamdulillah senang bisa donor darah. Buat menolong orang juga. Kebetulan kan memang suka rutin berdonor. Harapan ke depan bisa donor lagi, mudah-mudahan selalu diberi kesehatan supaya bisa donor darah lagi,” katanya.

Kebahagiaan turut dirasakan oleh para relawan Tzu Chi, salah satunya terucap dari Pepeng Kuswati karena kegiatan ini dapat memberikan inspirasi pada lebih banyak orang untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya.

“Dalam kehidupan ini kita mempunyai kesempatan untuk menolong orang.  Jadi kita juga merasa bahagia sejalan untuk memberikan bantuan. Kan donor darah ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, cari darah juga kan kadang-kadang kosong di PMI nya, jadi alangkah baiknya kalau kita juga bisa bersumbangsih," tutur Pepeng.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 144 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat