Baksos Donor Darah di Tzu Chi Jambi

Jurnalis : Suriyanto Wijaya (Tzu Chi Jambi), Fotografer : Ortwen, Wendy (Tzu Chi Jambi)

Relawan Tzu Chi Komunitas Jambi tetap menjalankan protocol Kesehatan ketika mengadakan kegiatan donor darah.

“Hidup manusia tidak kekal. Bersumbangsihlah pada saat anda dibutuhkan, dan lakukanlah selama anda bisa melakukannya"
Kata Perenungan Master Cheng Yen

Sejak Pandemi Covid-19 stok darah di Palang Merah Indonesia Kota Jambi tidak lah terlalu banyak. Untuk mendukung ketersediaan stok darah ini, relawan Tzu Chi Komunitas Jambi bekerja sama dengan PMI Kota Jambi mengadakan Bakti Sosial Donor Darah pada 7 Agustus 2022 di Gedung Serba Guna Karunia Global School Jambi.

Kegiatan donor darah berhasil mengumpulkan 171 orang calon donor, tetapi yang bisa ikut mendonorkan darah hanya 129 orang. Beberapa calon donor yang tidak bisa mendonorkan darahnya dikarenakan kadar HB atau tensi darah yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Sebelum mendonorkan darah calon donor mengecek tensi dan kadar HB terlebih dahulu.

Relawan juga berkesempatan untuk mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah ini tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Calon donor yang baru datang terlebih dahulu dicek suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer, kemudian diarahkan untuk melakukan registrasi. Setelah proses regitrasi selesai, calon donor mengecek dicek tensi darah dan kadar HB (hemoglobin) di dalam darah, apabila hasil pengecekan bagus maka calon donor bisa mendonorkan darahnya.

Salah satu calon donor yang ikut dalam kegiatan donor darah adalah Cahyadi. Ini kali pertama bagi Cahyadi mengikuti kegiatan donor darah yang diadakan oleh Tzu Chi Komunitas Jambi. “Baksos donor darah yang diadakan oleh Tzu Chi Jambi sangat bagus ya, pertama saya datang disambut oleh relawan yang sangat ramah dan baik jadi merasa nyaman ikut donor darah yang diadakan oleh Tzu Chi Jambi. Semoga kedepannya Tzu Chi Jambi bisa kembali mengadakan kegiatan donor darah lagi dan bisa jadi agenda rutin,” kata Cahyadi.

Karena Ditolong Membuat Ingin Menolong

An Nisaa Zumi (memakai rompi) sangat berterima kasih karena telah diajak untuk ikut serta dalam kegiatan Donor Darah Tzu Chi Komunitas Jambi.

An Nisaa Zumi yang merupakan gan en hu (penerima bantuan Tzu Chi) Tzu Chi komunitas Jambi tidak mau ketinggalan untuk ikut menggarap ladang berkah pada Bakti Sosial Donor Darah. Walaupun menggunakan kursi roda, An Nissa tetap semangat ketika bertugas mendata calon donor yang ingin mengambil celengan bambu. Perasaannya bahagia dan penuh semangat.

“Saya sangat berterima kasih kepada relawan Tzu Chi Jambi yang telah mengajak saya untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah pada hari ini,” kata An Nissa. “Pertama, saya merasa agak sedikit gugup apakah saya bisa melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik. Tapi untung ada relawan Tzu Chi yang selalu memberikan semangat kepada saya sehingga saya bisa melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik,” lanjutnya, “relawan Tzu Chi sangat baik dan ramah kepada saya, semoga ke depannya kalau ada kegiatan lagi saya siap menyumbangkan tenaga.”

Foto Bersama relawan Tzu Chi Komunitas Jambi.

Yudi Limardi selaku Koordinator kegiatan sangat kagum dengan antusias warga Jambi yang ikut serta dalam kegiatan donor darah pada hari minggu ini. Ia juga senang dengan kekompakan dan semangat dari relawan Tzu Chi Komunitas Jambi.

“Kegiatan donor darah pada hari minggu ini mendapatkan respon positif dari warga Jambi dan terlihat lumayan banyak yang ikut serta dalam kegiatan donor darah ini. Untuk relawan terlihat sangat kompak dan semangat dalam menjalankan tugas yang telah diberikan kepada mereka, semoga semangat dan kekompakan dari relawan semua bisa selalu terjaga sehingga barisan relawan Tzu Chi Jambi bisa terus bertambah,” ungkap Yudi.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Langkah Pertama Menuju New Normal

Langkah Pertama Menuju New Normal

23 Juli 2020

Setelah vakum selama 5 bulan, Tzu Chi Batam kembali bekerja sama dengan PMI Cabang Batam untuk mengadakaan Bakti Sosial Donor Darah. Kegiatan skala besar pertama Tzu Chi Batam di masa pandemi ini diselenggarakan pada 19 Juli 2020 di Aula Jing Si Batam.

Donor Darah untuk Kemanusiaan

Donor Darah untuk Kemanusiaan

22 April 2022

Selama bulan Ramadan stok kebutuhan darah Palang Merah Indonesia (PMI) mulai menurun. Untuk itu, pada hari Minggu, 17 April 2022, Yayasan Buddha Tzu Chi Tj. Balai Karimun bersama dengan PMI kembali melaksanakan kegiatan donor darah.

"Ayo Donor Darah"

19 Juni 2014
untuk kesembilan kalinya He Qi Selatan mengadakan bakti sosial donor darah yang berlokasi di  Jing Si Books & café Blok M Plaza bekerja sama dengan Rumah Sakit Fatmawati yang mana untuk kali ini berhasil mengumpulkan 51 orang donor. Para donor berasal dari kalangan masyarakat umum dan relawan Tzu Chi. Acara yan dimulai dari pukul 14.00 – 17.00 WIB itu berjalan dengan
Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -