Minggu, 25 Agustus 2019
Indonesia | English

Menguatkan dan Membangkitkan Semangat Kerelawanan

01 Juli 2019 Jurnalis : Moses Silitonga (Tzu Chi Sinar Mas)
Fotografer : Randhy Putra, Lisa Kristiani (Tzu Chi Sinar Mas)


Liu Su Mei, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia turut melantik relawan Abu Logo Tzu Chi Sinar Mas.

“Segala perbuatan harus dimulai dari sebuah tekad, bagaikan menanam sebatang pohon yang berawal dari sebutir benih”. Kata perenungan Master Cheng Yen itulah yang menguatkan tekad Tzu Chi Sinar Mas untuk melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pelantikan Relawan Abu Logo Tahun 2019 pada tanggal 22-23 Juni 2019. Sebanyak 169 relawan Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas dari berbagai wilayah di Indonesia menyatukan hati di Jing Si Tang, Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara untuk mengikuti Kamp Pelatihan Relawan Abu Logo 2019.

Para relawan Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas ini berasal dari perkebunan-perkebunan Sinar Mas di berbagai wilayah di Indonesia. Mereka sebagian besar merupakan karyawan dan istri-istri dari karyawan (Relawan Dharma Wanita) di perkebunan Sinar Mas, serta masyarakat umum lainnya.


Para peserta pelatihan dengan seksama mengikuti dan menyimak setiap materi yang disampaikan.


Pelatihan juga diselingi dengan game-game kecil yang membangun suasana akrab dan kebersamaan.

Sebelum Pelatihan Relawan Abu Logo diadakan Pelatihan Relawan Dharma Wanita telah berlangsung dua hari sebelumnya. Tema dari rangkaian kegiatan pelatihan pada tahun ini adalah Menguatkan Akar, Membangkitkan Tekad. Rangkaian kegiatan dalam pelatihan ini diharapkan menjadi pengingat bagi para relawan akan nilai-nilai yang mendasari setiap insan Tzu Chi dalam memberikan cinta kasih sehingga tekad para relawan semakin dikuatkan.

Para relawan mulai berkumpul sekitar pukul 11 siang. Setelah proses registrasi selesai, kegiatan pelatihan dimulai pada pukul 1 siang. Berbagai materi kegiatan dilaksanakan untuk membentuk karakter relawan yang lebih humanis dan berkomitmen. Materi yang disampaikan selama dua hari kegiatan meliputi materi yang berkaitan dengan budaya humanis, misi Tzu Chi, talkshow relawan inspiratif, laporan perkembangan Tzu Chi Hospital dan materi inspiratif humanis lainnya.

Setelah mengikuti pelatihan, tibalah puncak dari rangkaian yaitu Pelantikan Relawan Abu Logo Tzu Chi Sinar Mas Tahun 2019 pada tanggal 23 Juni 2019. Momen pelantikan dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Buddha Tzu Chi Indonesia, Liu Su Mei dan Franky Oesman Widjaja.


Para Relawan Abu Logo Tzu Chi Sinar Mas yang bary dilantik mengabadikan momen bersama pengurus Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.


Kasmayadi pada saat dilantik menjadi Relawan Abu Logo Tzu Chi Sinar Mas. Terselamatkan dari bencana dan gempa tsunami di Palu tahun 2018 lalu membuat tekad Kasmayadi semakin kuat untuk menjadi relawan Tzu Chi.

“Keluarga, tempat kerja kita, komunitas kita, kemudian kesempatan kita untuk berbagi, percayalah bahwa apa yang kita lakukan akan membawa kebaikan bagi banyak orang. Mari bersyukur untuk kesempatan ini,”ungkap Franky O. Widjaja yang juga Chairman Sinar Mas Agribusiness and Food.

Salah satu relawan yang dilantik adalah Kasmayadi. Relawan dari Xie Li Kalimantan Tengah 1 ini sebelumnya telah aktif mengikuti kegiatan Tzu Chi di wilayah Perkebunan Sinar Mas. Perjuangan dirinya dan keluarga untuk bertahan hidup ketika gempa dan tsunami menerjang Palu pada tahun 2018 memberikan pelajaran atas rasa syukur baginya. (Kisah lengkap Kasmayadi:http://www.tzuchi.or.id/inspirasi/kisah-humanis/hidup-di-kesempatan-kedua/73 )

“Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kesempatan ini. Selama dua hari ikut di sini saya semakin memahami bagaimana kami relawan harus menjadi relawan yang penuh welas asih,”ungkap Kasmayadi usai dilantik.


Franky Oesman Widjaja, Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang juga Chairman Sinar Mas Agribusiness and Food melantik relawan Abu Logo Tzu Chi Sinar Mas

Kasmayadi telah memiliki tekad yang kuat untuk mengikuti Pelatihan dan Pelantikan Relawan Abu Logo pada tahun 2019. Dirinya bersama relawan lainnya mengikuti rangkaian kegiatan hingga pelantikan dengan penuh sukacita.

“Seperti yang sudah saya ungkapkan dulu bahwa kejadian yang saya alami sembilan bulan yang lalu mengajarkan saya agar terus berbuat baik, karena saya telah selamat dari bencana. Dengan saya sudah dilantik ini, saya akan lebih berkomitmen lagi,”tegasnya dengan penuh semangat.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 424 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Bekerja untuk hidup sangatlah menderita; hidup untuk bekerja amatlah menyenangkan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat