Rabu, 13 November 2019
Indonesia | English

Menolong Sesama Melalui Donor Darah

03 September 2019 Jurnalis : Johannes Islim (Tzu Chi Palembang)
Fotografer : Septepani, Johannes Islim, Saputra Tjen, Johan Yap (Tzu Chi Palembang)


Relawan bergotong royong memasang spanduk dibeberapa titik strategis di dalam kota Palembang

Tzu Chi Palembang bekerja sama dengan Palang Merah (PMI) Indonesia pada hari Minggu, 25 Agustus 2019 mengadakan kegiatan donor darah di Komplek Ramayana Ilir Barat No. 19-20, Palembang, Sumatera Selatan. Kegiatan ini rutin dilakukan Tzu Chi Palembang setiap 3 bulan sekali.

Persiapan awal yang dilakukan relawan  meliputi  pemasangan spanduk di beberapa titik strategis di dalam kota Palembang, membagikan infomasi melalui media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram), dan mengirimkan pesan singkat ke para donor darah aktif.


Pendonor dengan suka cita menyumbangkan darahnya


Relawan ikut serta menyumbangkan darahnya

Selain petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI), kegiatan donor darah ini juga didukung oleh 35 relawan, diantaranya 8 orang Tim Medis Tzu Chi yang membantu memberikan pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolestrol.

Pelayanan yang Baik
Selama kegiatan berlangsung, Novriko, relawan Tzu Chi berinisiatif mengajak relawan berkeliling komplek untuk melakukan sosialisasi donor darah ke pengunjung komplek dan mendapatkan 8 calon donor. Salah satunya M. Guntur, yang bekerja sebagai tukang ojek. ”Ini donor darah saya yang ke-49 kali, kebetulan ada relawan yang sosialisasi donor darah, langsung saya ikut karena waktunya tepat. Relawannya melayani dengan baik dan ramah sehingga  jika ada kesempatan lagi saya akan ikut lagi,” kata Guntur.

Donor darah  diikuti oleh 75 orang dari masyarakat umum dan  relawan. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, dinyatakan hanya 60 orang saja yang layak mendonorkan darahnya. Hal ini karena kondisi para calon donor yang belum memenuhi syarat kesehatan, seperti tensi yang terlalu tinggi atau kadar Hb (hemoglobin) yang tinggi.


Pemeriksaan Hemaglobin oleh Palang Merah Indonesia untuk kelayakan pendonor untuk menyumbangkan darahnya.

Kegiatan ini berjalan dengan baik berkat kerja sama yang baik antara relawan dan PMI. Menurut Jovina, “Ini kali pertama saya menjadi koordinator donor darah, walaupun rasanya belum siap, tapi kalau bukan sekarang kapan lagi. Kerja sama relawan membuat saya terharu, mereka begitu siap, sigap, dan ikhlas.  Saya juga berterima kasih kepada para donor yang sudah bertekad untuk datang membantu sesama.”

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 276 kali


Berita Terkait


Jangan Menunda Berbuat Baik

14 Oktober 2019

Donor Darah, Dapat Berkah

08 Oktober 2019

Sebersit Niat untuk Bersumbangsih Melalui Donor Darah

08 Oktober 2019

Sebungkus Darah, Sejuta Kebaikan

03 September 2019

Meningkatkan Kepedulian Melalui Donor Darah

15 Agustus 2019


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Giat menanam kebajikan akan menghapus malapetaka. Menyucikan hati sendiri akan mendatangkan keselamatan dan kesejahteraan.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat