Menggalang Hati Pendonor Darah

Jurnalis : Tan Maryani (He Qi Barat 1), Fotografer : Christine Desyliana, Tan Maryani (He Qi Barat 1)
Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 1 mengajak para peserta melakukan isyarat tangan Satu Keluarga dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Perumahan Citra 2, Kelurahan Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.

Pada Sabtu, 11 Juni 2022 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 1 mengadakan kegiatan donor darah yang diselenggarakan atas kerja sama antara PMI Cabang Kota Tangerang dan Perumahan Citra 2, Kelurahan Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.

Sejak pagi, relawan pun sudah berdatangan untuk mempersiapkan ruangan serta keperluan lainnya untuk kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Perumahan Citra 2 ini. Dengan kerja sama yang baik dan kompak, tepat pukul 07.00 WIB, persiapan kegaiatan ini pun selesai.

Sambil menunggu kedatangan pihak PMI, koordinator kegiatan, Rudy Rosadi dan Fu Arlandi memimpin para relawan untuk berdoa bersama agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Lalu dilanjutkan dengan pengarahan singkat untuk mengingatkan kembali mengenai berkah para relawan yang bertugas pada hari itu.

Rudy Rosadi (kiri) koordinator utama kegiatan donor darah memberikan pengarahan kepada seluruh relawan Tzu Chi yang akan bertugas.

Vivi, warga Perumahan Permata Palem, Jakarta Barat sedang mendonorkan darahnya. Ia pun bertekad akan mengikuti kegiatan serupa 3 bulan kedepan.

Setelah tim PMI tiba di lokasi, dengan penuh cekatan para relawan membantu menurunkan barang-barang untuk donor darah dari mobil PMI. Setelah semua siap kegiatan donor darah pun segera dimulai. Dalam kegiatan ini, animo masyarakat sangat besar sekali untuk bersumbangsih mendonorkan darahnya demi kemanusiaan.

Bie In yang tinggal di Perumahan Kalideres Permai, Jakarta Barat datang ke lokasi dengan mengayuh sepeda karena sangat ingin mendonorkan darahnya. Selain dapat menolong sesama, Bie In juga merasakan manfaat donor darah bagi tubuhnya. “Badan menjadi lebih ringan dan sehat,” ungkap Bie In. Walaupun tidak tinggal di Perumahan Citra 2, namun tak menyurutkan niat Bie In untuk bersumbangsih. Ia pun mendapatkan informasi tentang kegiatan donor darah ini karena melihat status Whatsapp dari salah satu relawan Tzu Chi.

Bie In yang tinggal di Perumahan Kalideres Permai, Jakarta Barat dengan bersemangat mengayuh sepeda untuk mendonorkan darahnya.


Demikian juga dengan Vivi yang datang bersama suami. Mereka tinggal di Perumahan Permata Palem, Jakarta Barat dan mengetahui informasi donor darah ini melalui spanduk yang dipasang relawan Tzu Chi di pintu masuk Perumahan Citra 2. Mereka pun merasakan kegiatan donor darah ini sangat baik dengan pelayanan yang bagus dan sopan. Sehingga 3 bulan kedepan mereka berniat untuk kembali mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah ini juga didukung oleh relawan dan sukarelawan Tzu Chi. Karena mendengar informasi dari rekan kerja mereka tentang kegiatan kemanusian ini, Anwary, Samuel dan Andre pun tertarik menjadi sukarelawan dalam kegiatan ini.

Walaupun lokasi tempat tinggal mereka bertiga jauh, Anwary dari Kunciran, Samuel dari Priuk, Tangerang, dan Andre dari Citra Raya tetapi tidak menjadi penghalang untuk mereka untuk bertemu di Gedung Pertemuan Citra 2. Dengan bermodalkan tekad dan bantuan Goggle Map, mereka bertiga akhirnya tiba di lokasi dan dapat bersumbangsih.

Dengan penuh kehangatan dan keramahan, relawan Tzu Chi menyambut para peserta donor darah.

Mereka sangat terkesan dengan kegiatan donor darah ini. Sebagai generasi muda, Anwary, Samuel dan Andre bangga dapat melakukan kegiatan positif yang dapat membantu sesama manusia. Selain itu juga menambah wawasan mereka.

Baik peserta donor maupun sukarelawan Tzu Chi merasa sangat terkesan dengan terlaksananya kegiatan donor darah yang tertata dengan rapi dan baik. Mereka juga terkesan dengan sambutan relawan yang hangat, ramah, dan bersahaja sehingga mereka sangat antusias untuk turut serta di kegiatan mendatang.

Suksesnya acara donor darah ini tentu saja tidak lepas dari dukungan dan peran serta perangkat RT dan RW 012, Perumahan Citra 2, Kelurahan Pegadungan serta para relawan. Total dari 110 orang yang mendaftar, hanya 78 orang yang lolos screening kesehatan dan berhasil mendonorkan darahnya. Kedepannya, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan pada 10 September 2022 di lokasi yang sama.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Donor Darah Baik Bagi Kesehatan

Donor Darah Baik Bagi Kesehatan

10 Desember 2012 Tampak berapa relawan Hu Ai Pluit dan Pantai Indah Kapuk (PIK) sedang berkemas memenuhi meja pendaftaran untuk kegiatan donor darah yang diadakan rutin per tiga bulanan di Jingsi Books & Café, Pluit, Jakarta Utara.
Menyempatkan Donor Darah di Sela-sela Pekerjaan

Menyempatkan Donor Darah di Sela-sela Pekerjaan

22 Maret 2019
Tzu Chi Sinar Mas kembali mengajak para karyawan sekitar gedung perkantoran MSIG Tower di Jakarta Selatan untuk berbuat kebaikan melalui donor darah dan Penuangan Celengan Bambu, 12 Maret 2019. 
Indahnya Berbagi Melalui Donor Darah

Indahnya Berbagi Melalui Donor Darah

07 Agustus 2015 “Terlahir sebagai manusia sangatlah sulit, kita harus selalu memiliki hati penuh welas asih untuk selalu bersumbangsih membantu meringankan penderitaan orang lain, selalu menggenggam kesempatan berbuat kebajikan karena ketidakkekalan selalu datang setiap saat menghampiri setiap kehidupan manusia. Hal ini menjadi faktor pendorong saya berdonor darah.” ujar Jensen.
Benih yang kita tebar sendiri, hasilnya pasti akan kita tuai sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -