Kamis, 04 Maret 2021
Indonesia | English

Satu Juta Paket Beras dan Masker Mulai Dibagikan

01 Maret 2021 Jurnalis : Arimami Suryo A.
Fotografer : Arimami Suryo A.


Relawan Tzu Chi, Joe Riadi secara simbolis menyerahkan Bantuan Sosial Peduli Covid-19 dalam rangka perayaan Imlek Nasional 2021 di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Pengusaha Peduli NKRI mulai membagikan Bantuan Sosial Peduli Covid-19 dalam rangka perayaan Imlek Nasional 2021. Gelombang pertama penyaluran bantuan ini dilakukan di Posko Merah Putih Kampung Tangguh Jaya, Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Kamis, 25 Februari 2021.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dan relawan dari Pengusaha Peduli NKRI. “Hari ini kita mengadakan seremoni pembagian tahap pertama 1 juta paket Bantuan Sosial Peduli Covid-19 yang dihimpun oleh Pengusaha Peduli NKRI bersama Tzu Chi dan organisasi lainnya,” ungkap Joe Riadi, Ketua Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Indonesia.


Para relawan dan perwakilan dari Pengusaha Peduli NKRI menghadiri seremoni acara pembagian 1 juta paket Bantuan Sosial Peduli Covid-19 tahap pertama untuk wilayah Jabodetabek.

Sebanyak 700 paket berupa 10 kg beras dan 20 pcs masker mulai didistribusikan untuk 7 wilayah yaitu Kelurahan Gelora, Kelurahan Petamburan, Kelurahan Kampung Bali, Kelurahan Kebon Kacang, Kelurahan Kebon Melati, Kelurahan Karet Tengsin, dan Kelurahan Bendungan Hilir yang kesemuanya masuk dalam wilayah Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Selain para relawan Tzu Chi dan perwakilan dari Pengusaha Peduli NKRI, Kegiatan ini juga dihadiri oleh Walikota Jakarta Pusat, Kapolres Jakarta Pusat, dan Dandim 0501/Jakarta Pusat untuk meresmikan Posko Merah Putih Kampung Tangguh Jaya, Petamburan. Setelah acara peresmian, kegiatan disusul dengan penyerahan secara simbolis Bantuan Sosial Peduli Covid-19 kepada perwakilan warga.


Dandim 0501/Jakarta Pusat, Kolonel Inf Luqman Arif didampingi relawan Tzu Chi secara simbolis menyerahkan paket kepada warga.

Pemberian bantuan 1 juta paket berupa beras dan masker ini pun diapresiasi oleh Dandim 0501/Jakarta Pusat, Kolonel Inf Luqman Arif. “Kegiatan ini tidak sampai di sini saja, berlanjut, dan berjenjang. Pembagian sembako Bantuan Sosial Peduli Covid-19 ini juga diharapkan akan terus berlanjut sampai Idul Fitri,” ungkapnya.

Salah satu warga yang menerima Bantuan Sosial Peduli Covid-19 ini adalah Ramdani (65), warga Petamburan 3, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Setiap hari pekerjaan Ramdani memulung serta mengumpulkan barang bekas. Ia sudah tidak bisa bekerja yang lain karena sudah lansia dan menderita penyakit paru-paru.


Ramdani (65), warga Petamburan 3 sangat senang mendapatkan bantuan beras dan masker.

Di masa pandemi Covid-19 ini, Ramdani merasa sangat kesulitan karena tidak bisa mengumpulkan barang bekas seperti biasanya. “Yah sangat menyulitkan,” ungkapnya lirih. Ia pun sangat senang menerima Bantuan Sosial Peduli Covid-19. “Saya senang bener (dapat bantuan beras dan masker),” kata Ramdani saat berbincang dengan relawan Tzu Chi.

Sambil menyusuri gang-gang sempit di wilayah Petamburan, relawan Tzu Chi kemudian mengantarkan Ramdani menuju rumahnya. “Saya ucapin banyak terima kasih sama yang bantu saya. Kalau saya tidak begini (mendapatkan bantuan) ya repot, kemana saja pasti saya uber (kejar),” ungkap Ramdani kepada relawan Tzu Chi saat mengunjungi rumahnya.


Relawan Tzu Chi juga ikut mengantarkan Ramdani melewati gang-gang sempit untuk menuju ke rumahnya.

Tahap pertama pembagian 1 juta paket Bantuan Sosial Peduli Covid-19 ini dialokasikan untuk wilayah Jabodetabek. Selain wilayah Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pembagian selanjutnya di wilayah Jakarta dilaksanakan di wilayah Kapuk Muara, Jakarta Utara pada Sabtu, 27 Februari 2021. Sedangkan gelombang lainnya akan menyusul di berbagai wilayah di Pulau Jawa.

Para relawan dan perwakilan Pengusaha Peduli NKRI juga berharap bantuan ini bisa tersalurkan dengan baik untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. “Harapan kami semoga kondisi pandemi ini cepat selesai dan masyarakat yang terdampak juga terbantukan. Dan masyarakat juga bisa mengetahui bahwa banyak para pengusaha yang peduli dengan kondisi pandemi Covid-19 ini,” ungkap Joe Riadi setelah kegiatan seremoni Bantuan Sosial Peduli Covid-19 selesai.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel dibaca sebanyak : 90 kali


Berita Terkait


Perhatian Tzu Chi dan Pengusaha Peduli NKRI untuk Warga Kapuk Muara

01 Maret 2021

Silaturahmi yang Terus Terjalin di Cirumpak

01 Februari 2021

Merasa Sangat Terbantu

15 Desember 2020

Tzu Chi Salurkan Beras untuk Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

10 Desember 2020

Peduli Warga Panunggangan Barat, Tzu Chi Salurkan 300 Paket Sembako

02 Desember 2020


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Setiap manusia pada dasarnya berhati Bodhisatwa, juga memiliki semangat dan kekuatan yang sama dengan Bodhisatwa.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat