Rabu, 18 September 2019
Indonesia | English

Merayakan Hari Jadi Dengan Berbagi

10 Juli 2019 Jurnalis : Pipi (Tzu Chi Padang)
Fotografer : Pipi (Tzu Chi Padang)


Acara bakti sosial kesehatan dan khitan dibuka langsung oleh Kapolda Sumbar  Irjen Pol. Drs. Fakhrizal, M.Hum dan Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Padang, Chaidir Chua.

Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73  yang jatuh pada1 Juli 2019, Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar bekerjasama dengan Tzu Chi Padang mengadakan kegiatan bakti sosial pengobatan umum dan khitan (sunat) yang diselenggarakan pada Selasa, 2 Juli 2019 di Rumah Sakit Bhayangkara Padang, SumateraBarat.Kegiatan bakti sosial ini bertepatan dengan periode liburan sekolah sehingga jumlah warga yang datang mendaftarkan anaknya untuk dikhitancukup tinggi.

Sejakjam 5 pagi, relawan Tzu Chi dan relawan dari Polda Sumatera Barat sudah bersiaga di lokasi baksos kesehatan.Pada pukul 7 pagi,pendaftaran ulang untuk pasien khitan kemudian dibuka. Pasien khitan umumnya datang dengan didamping oleh orang tua mereka. Mereka sengaja datang pagi-pagi agar mendapatkan urutan yang lebih awal.


Sejak pagi para orang tua sudah mengantri untuk mendaftarkan anaknya yang akan dikhitan.


Anak-anak yang akan dikhitan menunggu dengan didampingi orang tua mereka.

‘’Kemarin saya daftar langsung ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk khitan anak saya, dan hari ini selesai salat Subuh saya sengaja datang pagi-pagi untuk daftar ulang.Kalau datang siang takut nanti tidak kebagian nomor,” kata Rani, “biaya khitan di Puskesmas cukup mahal sekitar tiga ratus lima puluh ribuseorang, sementaraanak saya ada dua yang harus dikhitan.” Rani yang tinggal di Lubuk Buata, Padang mengungkapkan dengan penghasilan suaminya yang seorang supir, biaya tersebut terbilang cukup mahal. ”Syukur Alhamdulillahdengan adanya khitan gratis ini sangat meringankan beban kami,” kata Rani. Rasa syukur dan bahagia terpancar dari wajah Rani ketika ia kemudian mendapatkan nomor antrian untuk anaknya .

Acara bakti sosial kesehatan dan khitan dibuka langsung oleh Kapolda Sumbar  Irjen Pol.Drs.Fakhrizal,M.Hum.Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Padang Dr.Syahrial Sp.B, Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Padang, Chaidir Chua beserta relawan Tzu Chi dan  instansi lainya.


Setelah dikhitan, anak-anak mendapatkan obat dan juga suvenir dari Tzu Chi.

‘’Dalam rangka HUT Bhayangkara, Kabid.Dokkes Polda Sumbar (dr. Kombes Pol Aris Budiyanto.Sp.THT) mengajak kita (Tzu Chi Padang) untuk bekerjasamamengadakan baksos kesehatan umum dan khitan,kami dari Yayasan Buddha Tzu Chi menyambut kerjasama ini dengan sangat senang. Semogabaksos kesehatan ini bisamembantu masyarakat yang kurang mampu serta mewujudkan rasa cinta kasih antar sesama,‘’kata Chaidir Chua, Wakil Ketua Tzu Chi Padang .

Anak-anak yang akan dikhitan menunggu dengan sabar. Di ruang khitan, relawan Tzu Chi, dokter dan para orang tua bahu membahu bekerja sama untuk membantu dan mendampingi proses khitan. Mereka mendampingi supaya anak-anak tidak tegang dan takut secara berlebihan. Relawan Tzu Chi juga mendampingi anak-anak yang sudah dikhitan ketika mengambil obat dan juga suvenir yang sudah disiapkan. Dalam baksos kesehatan ini, ada 421 anak yang dikhitan, dan 35 orang yang mendapatkan pelayanan pengobatan umum.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 191 kali


Berita Terkait




Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Tiga faktor utama untuk menyehatkan batin adalah: bersikap optimis, penuh pengertian, dan memiliki cinta kasih.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat