Baksos Kesehatan Umum dan Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Ilir Timur I

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Darmawan Handoko, Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang)

Relawan Tzu Chi Palembang membantu salah satu peserta baksos kesehatan umum yang dilakukan di SD Negeri 42, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Kesdam II/Sriwijaya, Puskesmas Dempo Kota Palembang, dan Kecamatan Ilir Timur I.

Pada Minggu, 7 Agustus 2022 Tzu Chi Palembang bekerja sama dengan Kesdam II/Sriwijaya dan Puskesmas Dempo Kota Palembang mengadakan kegiatan baksos kesehatan umum dan vaksinasi Covid-19 di SD Negeri 42, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kegiatan ini pun diikuti warga Kecamatan Ilir Timur I khususnya Kelurahan 13 dan 14 Ilir dengan rincian 435 peserta yang mengikuti baksos kesehatan umum, serta 336 peserta yang mengikuti vaksinasi Covid-19.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pembagian kupon baksos kesehatan yang dilakukan pada tanggal 31 Juli 2022 lalu. Sebelum kegiatan dimulai para relawan dengan penuh semangat mempersiapkan barang-barang yang akan dibutuhkan saat baksos kesehatan.

Kegiatan ini juga tetap menerapkan protokol kesehatan ketat seperti pengecekan suhu tubuh peserta, pemberian masker bagi yang tidak memakai masker, dan lainnya. Para peserta kemudian diarahkan menuju pendaftaran terlebih dahulu. Setelah itu satu persatu peserta diarahkan ke dokter untuk konsultasi atas keluhan penyakitnya.

Para tunas relawan Tzu Chi Palembang mengecek suhu tubuh peserta dan membagikan masker kepada para peserta sebagai bagian dari menjalankan protokol kesehatan ketat terkait Covid-19.

Tenaga kesehatan dari Kesdam II/Sriwijaya sedang mengecek tekanan darah salah satu peserta baksos kesehatan umum.

Setelah selesai pemeriksaan dan konsultasi, kemudian dokter memberikan resep yang bisa di ambil di bagian obat-obatan. Sambil menunggu obat, para pasien diajak menyaksikan video sosialisasi Tzu Chi agar lebih mengenal tentang Tzu Chi. Selain kegiatan baksos kesehatan umum, juga diadakan vaksinasi Covid-19 di kantor Kelurahan 13 Ilir yang lokasinya bersebelahan dengan SD Negeri 42. Hal ini dilakukan karena masih banyak warga yang belum melakukan vaksinasi.

Sekretaris Kecamatan Ilir Timur I, Heru Setia Budi, S.STP., M.Si yang meninjau kegiatan baksos kesehatan umum dan vaksinasi Covid-19 juga mengucapkan apresiasi kepada Tzu Chi dan pihak-pihak yang ikut dalam kegiatan tersebut.

“Saya sampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Yayasan Buddha Tzu Chi dan pihak-pihak lainnya yang telah bekerja sama dengan pemerintah Kecamatan Ilir Timur I khususnya di Kelurahan 13 dan 14 Ilir dalam melaksanakan pengobatan dan vaksinasi Covid-19. Semoga kegiatan tersebut tetap berkesinambungan dan tetap dilakukan secara terus menerus untuk membawa kebaikan bagi warga masyarakat sekitarnya,” ungkap Heru Setia Budi, S.STP., M.Si.

Dokter TIMA Palembang, Hendra Kurniawan sedang mengecek catatan kondisi fisik dasar salah satu peserta baksos kesehatan umum.

Kepala Puskesmas Dempo, Kota Palembang, drg. Novi Artati yang memantau kegiatan vaksinasi juga mengapresiasi Tzu Chi yang menggandeng instansi lainnya untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat.

“Kami dari Puskesmas Dempo sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi serta seluruh jajarannya. Vaksinasi massal dan baksos kesehatan umum ini sangat berguna bagi masyarakat di kelurahan 13 dan 14 ilir. Semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan, sehingga masalah kesehatan yang ada di kelurahan 13 dan 14 Ilir dapat kita atasi bersama,” ujar drg. Novi Artati.

Selain kegiatan baksos kesehatan umum, kegiatan kali ini juga melayani vaksinasi Covid-19 yang bertempat di Kantor Kelurahan 13 Ilir.

Salah satu peserta yang ikut dalam kegiatan ini adalah Maini, warga Kelurahan 13 Ilir. Ia merasa kegiatan baksos kesehatan umum yang diadakan Tzu Chi Palembang beserta instansi lainnya sangat berguna bagi warga.

“Kegiatan ini bagus dan dengan diadakannya baksos kesehatan gratis di SD Negeri 42 ini kami dapat berobat dengan senang hati. Semoga dapat diadakan kembali kegiatan baksos kesehatan ini pada tahun depan,” ujar Maini.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Jalinan Welas Asih yang Terus Berlanjut

Jalinan Welas Asih yang Terus Berlanjut

24 Oktober 2018
Setiap Detik Berjuang Demi Kebajikan, begitulah tema Bakti Sosial Kesehatan tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Tzu Chi Batam bersama Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK). Baksos kesehatan besar yang melakukan tindakan bedah terhadap penderita Katarak, Benjolan, Hernia dan Bibir Sumbing ini sudah merupakan kedelapan kalinya sejak tahun 2008. 
Penyuluhan dan Konsultasi Alat Kontrasepsi

Penyuluhan dan Konsultasi Alat Kontrasepsi

22 September 2022

Penyuluhan dan pemeriksaan untuk ibu hamil dilakukan relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Kalimantan Timur 1 dari unit GMKE pada 15 September 2022 lalu. 

Bantuan Untuk Warga Mekar Jaya, Kabupaten Lampung Timur

Bantuan Untuk Warga Mekar Jaya, Kabupaten Lampung Timur

21 Maret 2018
Banjir yang melanda Desa Mekar Jaya, Kabupaten Lampung Timur menyisakan kepedihan bagi warga. Tidak hanya rumah, sawah warga juga tergenang sehingga menyebabkan gagal panen. Relawan Tzu Chi Lampung terjun ke lokasi banjir dengan membawa bantuan bagi warga.
Meski sebutir tetesan air nampak tidak berarti, lambat laun akan memenuhi tempat penampungan besar.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -