Rabu, 13 November 2019
Indonesia | English

Pelatihan Relawan Abu Putih: Membangun Semangat Misi

22 April 2016 Jurnalis : Fammy Kosasih (He Qi Timur)
Fotografer : Fammy Kosasih, Giok Chin (he Qi Timur)

Pada hari Minggu ke-2 di bulan April 2016, relawan Tzu Chi Komunitas Kelapa Gading melaksanakan Pelatihan Relawan  Abu Putih di Plaza Summarecon lantai 8, Jl Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur.

Minggu, 10 April 2016 di Plaza Summarecon lantai 8, Jl Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur, sejumlah relawan Tzu Chi komunitas Kelapa Gading mengadakan acara Pelatihan Relawan Abu Putih. Sejak pukul 07:00 pagi, tampak relawan sudah berbenah dan mengatur persiapan untuk acara tersebut.

Tepat pukul 07.30 WIB, para peserta pun berdatangan dan acara dimulai 30 menit kemudian. Franciska Tan, relawan Tzu Chi  yang memandu acara pertama-tama menyampaikan terima kasih kepada pihak PT. Summarecon, Tbk yang sudah berkenan meminjamkan salah satu ruangannya di lantai 8 gedung Plaza Summarecon sebagai tempat pelatihan relawan kali itu. Lalu Franciska juga menyambut para peserta sekaligus membuka acara.

Dalam sesi pelatihan juga diisi dengan mendengarkan sharing relawan dengan tema Menjalin Jodoh Baik yang dibawakan oleh Johan Kohar. Di sini Johan Kohar menceritakan awal mula jalinan jodohnya dengan Tzu Chi dan bagaimana dirinya berkecimpung di dunia kerelawanan Tzu Chi hingga akhirnya ia menjadi pribadi yang baik.

Menjelang makan siang, Vivi Tan menyampaikan materi Keindahan Tata Krama Budaya Humanis Tzu Chi melalui gambar-gambar slide ilustrasi. Dari sharing ini Vivi Tan juga mengajak para insan peserta pelatihan untuk memperhatikan kelayakan penampilan diri mereka dalam sesi tata krama budaya humanis Tzu Chi.

Johan Kohar, relawan Tzu Chi Komunitas Kelapa Gading memberikan sharing mengenai kesukacitaan yang ia dapat selama bergabung menjadi relawan Tzu Chi

Menyadari Berkah, Menghargai Berkah, Menciptakan Berkah

Seusai makan siang, pelatihan dilanjutkan dengan mendengarkan sharing inspiratif dari Wie Sioeng  yang membawakan semangat misi amal Tzu Chi dengan tema, “Menyadari Berkah, menghargai berkah, serta menciptakan berkah” yang menceritakan sejarah awal misi amal Tzu Chi mulai terbentuk.  Menurut Wie Sioeng, di Tzu Chi khususnya di dalam menjalankan misi amal sosial, harus juga ada semangat dan prinsip menghargai jiwa, kesetaraan antara semua mahluk, dan cinta kasih.

Dalam sharingnya, Wie Sioeng banyak memberikan contoh-contoh kisah dari penerima bantuan dengan tujuan membuka wawasan juga membuka hati para insan cinta kasih di komunitas ini untuk semakin bijak dan semakin welas asih saat menyalurkan gelombang cinta kasih ini ke tengah masyarakat yang membutuhkan.

Dalam pelatihan, para relawan memberikan sharing mengenai visi dan misi Tzu Chi kepada peserta yang hadir

Sistem Jenjang Relawan dan Sosialisasi Tiga Hari Besar Tzu Chi

Setelah mendengarkan penjelasn mengenai misi amal Tzu Chi dari Wie Sioeng, sharing berlanjut yang dibawakan oleh Hendry Chayadi, yang menjelaskan tentang perubahan sistem jenjang kerelawanan di struktur relawan Tzu Chi Indonesia dan sosialisasi formasi barisan di perayaan tiga hari besar Tzu Chi (Waisak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi sedunia) yang diselenggarakan pada hari Minggu 8 Mei 2016 bertempat di lapangan olah raga sekolah Tzu Chi Intenational, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Dengan berakhirnya seluruh rangkaian sharing pada hari Minggu itu pada pukul 17.30, usai pula lah seluruh rangkaian pelatihan relawan abu putih yang ditutup dengan penghormatan sebanyak tiga kali lagi kepada Master Cheng Yen. Para peserta pun dengan berbaris rapi membubarkan diri keluar dari ruang pelatihan.

Artikel dibaca sebanyak : 1953 kali


Berita Terkait


Menyadari, Menghargai, dan Menciptakan Berkah

10 Mei 2019

Kesungguhan Hati Mendalami Tzu Chi

27 November 2018

Menumbuhkan Kebijaksanaan Dalam Kegiatan Pelestarian Lingkungan

09 Agustus 2018

Wu Liang Yi Jing dalam Pelatihan Relawan Abu Putih

24 Juli 2018

Bersama-sama Melatih Diri untuk Menebar Kebajikan

16 Maret 2018


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Jika menjalani kehidupan dengan penuh welas asih, maka hasil pelatihan diri akan segera berbuah dengan sendirinya.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat