Jumat, 15 November 2019
Indonesia | English

Pelestarian Lingkungan Sekaligus Berolahraga

24 Mei 2016 Jurnalis : Bagya Persada (Tzu Ching)
Fotografer : Bagya Persada (Tzu Ching)

Tzu Ching Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Saint Carolus melakukan senam Tai Chi Ala Tzu Chi yaitu Da Di He Feng

Sekali Mendayung Dua Tiga Pulau Terlampaui, merupakan peribahasa yang paling menggambarkan kegiatan yang digelar Tzu Ching Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Saint Carolus pagi itu. Tzu Ching, yang tak lain adalah muda mudi Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Sementara peribahasa tersebut berarti melakukan  dua atau  tiga pekerjaan sekaligus dalam satu waktu.

Ya, melakukan kegiatan pelestarian lingkungan sambil berolahraga. We Are Vegetarian and Earth Saviors (WAVES) adalah kegiatan pelestarian lingkungan yang rutin digelar setiap bulan oleh Tzu Ching (muda mudi Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Saint Carolus Jakarta. 

Peserta memungut sampah yang dapat didaur ulang di sepanjang jalan menuju asrama Saint Carolus

Pekan lalu, Minggu, 15 Mei 2016, WAVES digelar di Taman Suropati, Menteng. Salah satu koordinator acara, Karuna mengatakan selain menyebarkan misi cinta lingkungan, WAVES kali ini punya konsep kesehatan melalui olahraga di Taman Suropati.

“Jadi ini adalah ide lama untuk mengadakan WAVES di sebuah taman yaitu Taman Suropati, karena sempat bingung mau adakan WAVES yang seperti apa, akhirnya muncul ide lama tersebut, sekalian juga olahraga pagi,”jelas Karuna.

Peserta WAVES harus berjalan kaki selama 30 menit dari asrama putri Saint Carolus menuju Taman Suropati yang berjarak sekitar 2,5 kilometer. Sesampainya di Taman Suropati, mereka melakukan senam Tai Chi Ala Tzu Chi yaitu Da Di He Feng. Meski keringat bercucuran, para peserta tetap bersemangat melanjutkan acara selanjutnya.  Mereka pun tetap dapat fokus menyusun puzzle (potongan-potongan gambar) menjadi satu kesatuan.  Pesan moral akan dapat terbaca jika puzzle tersebut berhasil disusun dengan benar. Misalnya tentang satu hari lima kebajikan. Artinya dalam sehari, minimal kita melakukan lima kebajikan. 


Usai terkumpul, sampah diserahkan kepada para pemulung

Tampaknya Tzu Ching dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Saint Carolus tak pernah kehabisan ide membuat kegiatan WAVES selalu meriah. Seperti acara Gemufamire atau mereka menyebutnya Goyang Maumere, goyangan yang membuat badan secara otomatis membakar lemak namun terasa menyenangkan.

WAVES kemudian ditutup dengan kembali menyusuri jalan yang mereka lalui saat berangkat. Namun mereka wajib memungut sampah yang dapat didaur ulang di sepanjang jalan yang dilewati. Nantinya sampah yang terkumpul kemudian diberikan kepada pemulung yang berada dekat asrama mereka.

Karuna, sang koordinator acara berharap semangat pelestarian lingkungan WAVES dapat terus tertular ke semua orang. Karena kelestarian lingkungan adalah hal yang harus diwariskan untuk generasi mendatang. 

Artikel dibaca sebanyak : 2059 kali


Berita Terkait


Stop Buang-buang Makanan!

06 September 2019

Semangat Pelestarian Lingkungan di Festival Tzu Chi Xie Li Kampar

14 Agustus 2019

Siapapun Mampu Menjelaskan Tentang Pelestarian Lingkungan

27 Juli 2019

Sampah Bukan Warisan

10 Juli 2019

Semangat Pelestarian Lingkungan di Clean-Up Day Waduk Pluit

08 April 2019


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Menggunakan kekerasan hanya akan membesarkan masalah. Hati yang tenang dan sikap yang ramah baru benar-benar dapat menyelesaikan masalah.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat