Jumat, 21 Februari 2020
Indonesia | English

Pembagian Beras Cinta Kasih Tzu Chi Di Kelurahan Polonia

18 Februari 2006 Jurnalis : Januar (Tzu Chi Medan)
Fotografer : Peter Chuwardi (Tzu Chi Medan)

Demi menyediakan lebih banyak lagi kesempatan kepada para relawan baru untuk bisa bersumbangsih bagi mereka yang lebih membutuhkan, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Penghubung Medan kembali mengadakan kegiatan bakti sosial pembagian beras cinta kasih bagi keluarga miskin di Kelurahan Polonia, Medan. Pada hari Sabtu (18/2), sekitar 20 orang relawan baru Tzu Chi dibimbing oleh 10 orang insan Tzu Chi terjun langsung untuk mengadakan survey dan membagikan kupon beras kepada warga di 13 Lingkungan yang ada di Kelurahan Polonia. Dibawah panas terik matahari yang menyengat, para relawan berkunjung dari satu rumah ke rumah lainnya, selain untuk memastikan kelayakan para penerima bantuan, juga untuk menjalin interaksi langsung antara relawan dengan warga. Dengan melihat langsung kondisi hidup mereka yang hidup dalam keprihatinan, para relawan akan dapat mengetahui betapa beruntungnya kehidupan mereka saat ini, bisa menghargai keberuntungannya dan mau berusaha untuk menciptakan berkah keberuntungan baru dengan cara bersumbangsih bagi sesama.

Setelah pembagian kupon, keesokan harinya pada Minggu (19/2) dilaksanakan pembagian beras bertempat di halaman Sekolah Perguruan Methodist IV, acara dimulai pada jam 14.00 WIB dengan kata sambutan dari Sucipto Tjokro yang mewakili Tzu Chi dan Lurah Polonia Ramli Lubis yang mewakili warga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Tzu Chi atas bantuan yang diberikan kepada warganya. Acara dilanjutkan dengan pembagian beras secara simbolis dari relawan Tzu Chi Tjoa Tjit Hoen kepada Lurah Polonia dan penanda-tanganan berita acara serah terima bantuan oleh keduanya. Sebagai penutup acara seremonial, Al-Ustad Tukimin dari P3N memimpin pembacaan doa bersama, agar acara pembagian beras dapat berlangsung dengan penuh berkah.

Hampir seribuan warga yang telah mengantri dengan tertib sejak siang kemudian satu persatu mendapatkan paket bantuan sebanyak satu karung beras 20 kg, sekitar 1 jam lamanya sebanyak 967 paket bantuan berpindah tangan kepada warga Kelurahan Polonia. Sesuai motto pemberian bantuan Tzu Chi ¡§Menghargai Jiwa Manusia¡¨, para relawan dengan ringan tangan membantu mereka yang tidak mampu mengangkat sendiri berasnya, para relawan tanpa kecuali relawan wanita bolak-balik memikulkan beras bagi para manula, penyandang cacad dan anak-anak, menghantarkannya ke tepi jalan untuk mendapatkan angkutan pulang ke rumah masing-masing. Beras yang diberikan memang sedikit, namun diharapkan selain bisa meringankan beban hidup para warga untuk waktu tertentu, yang terpenting adalah menunjukkan pada mereka adanya saudara yang penuh cinta kasih dalam masyarakat saat kini.

Artikel dibaca sebanyak : 1364 kali


Berita Terkait


Rumah Baru Semangat Baru

19 Februari 2020

Bersyukur dan Menjaga Kepercayaan Donatur

19 Februari 2020

Memperingati 30 Tahun Jing Si Yu

18 Februari 2020

Perubahan-Perubahan Positif Lewat Pembelajaran Kata Perenungan

13 Februari 2020

Ramah Tamah Imlek

13 Februari 2020


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Saat membantu orang lain, yang paling banyak memperoleh keuntungan abadi adalah diri kita sendiri.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat