Selasa, 13 April 2021
Indonesia | English

Perhatian Tzu Chi dan Pengusaha Peduli NKRI untuk Warga Kapuk Muara

01 Maret 2021 Jurnalis : Anand Yahya
Fotografer : Anand Yahya


Relawan Tzu Chi, Permabudhi, INTI dan Eka Tjipta Foundation memberikan kupon beras ke rumah-rumah warga di RW 05 Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Kupon beras ini nantinya bisa diambil melalui Ketua RT masing-masing, atau anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Kamal Muara.

Relawan Tzu Chi bekerja sama dengan Pengusaha Peduli NKRI dan organisasi lainnya memberikan 600 paket beras (satu karung berisi 10 Kg) dan 12.000 masker bagi warga di RW 05, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Relawan membagikan 600 kupon beras secara langsung ke rumah-rumah warga. Beras dan masker sendiri dapat diambil pada hari Minggu dan Senin, melalui Ketua RT masing-masing atau melalui Babinsa dan Babinkamtibmas di Kapuk Muara.


Pemberian beras secara simbolis dilakukan di Kantor RW 05. Beras seberat 10 Kg dan 20 lembar masker medis diberikan kepada setiap warga.


Relawan dari perwakilan organisasi dan donatur turut memberikan kupon beras ke rumah-rumah warga bersama relawan Tzu Chi Indonesia.

Acara pemberian kupon beras ini di hadiri oleh Dandim Kapuk Muara, Camat Penjaringan, Danramil 02 penjaringan, dan Kapolsek Penjaringan Jakarta Utara. Pemberian beras ini menggunakan metode baru untuk mencegah kerumunan dan mencegah terjadinya klaster Covid-19, untuk menghindari kontak antara relawan dengan warga dan juga mengikuti protokol kesehatan yang ketat.


Depika Romadi, Camat Penjaringan turut hadir memberikan paket beras dan masker medis secara simbolis kepada warga.


Kol. Inf. Roynald secara simbolis memberikan paket 10 kg beras beserta 10 lembar masker medis kepada warga RW 05, Kelurahan Kapuk Muara yang terdampak pandemi Covid-19.

Koordinator pemberian kupon beras yang juga Ketua Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia Joe Riadi mengatakan dalam pemberian kupon beras kali ini relawan Tzu Chi dibantu oleh organisasi dari Permabudhi, INTI, Sinarmas Peduli, Artha Graha Peduli, dan Pengusaha Peduli NKRI. “Acara pemberian kupon (beras) kali ini mereka para donatur ikut turun memberikan langsung kupon beras ke rumah-rumah warga, dimana kegiatan ini baru dilakukan oleh para donatur selama pandemi Covid-19,” ujar Joe Riadi.


Perwakilan dari Eka Tjipta Foundation, salah satu donatur yang tergabung dalan Pengusaha Peduli NKRI juga berkesempatan memberikan langsung secara simbolis paket bantuan beras dan masker medis kepada warga.


Relawan Tzu Chi bersama donatur dari Pengusaha Peduli NKRI menyusuri lorong-lorong untuk memberikan langsung kupon beras dan masker medis dengan didamping Ketua RT masing-masing.

Salah satu warga penerima beras, Watno (50) mengatakan sangat bersyukur menerima beras dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. “Alhamdulillah memang beras ini yang saya butuhin. Saya terima kasih banyak udah dibantu, kan saya kerja enggak, saya hanya jualan air bersih aja ke tetangga-tetangga paling sehari dapet Rp. 15.000, sederigennya saya jual seribu lima ratus,” ungkap Watno.


Ketua Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Joe Riadi memberikan10 Kg beras dan 10 lembar masker medis kepada warga Kapuk Muara.           

Lain halnya dengan Ani (42) yang tinggal di RT 01 RW 05 Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Ani sehari-hari bekerja di pabrik sendal, namun sudah 7 bulan ini ia tidak bekerja lagi karena konveksi tempatnya bekerja tutup sejak pandemi Covid-19 melanda. Ani yang bekerja di pabrik sandal menerima upah setiap minggu yang menurutnya sangat tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari. “Ya habis mau bagaimana, untuk makan dicukup-cukupi aja. Ini terima kasih sekali dapat beras 10 Kg dari Buddha Tzu Chi, terima kasih banyak,” ujar Ani.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 270 kali


Berita Terkait


50 Paket Beras untuk Warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

16 Maret 2021

Seratus Lima Puluh Ton Beras dan 300 Ribu Masker Medis untuk Warga Jadetabek

12 Maret 2021

Satu Juta Paket Beras dan Masker Mulai Dibagikan

01 Maret 2021

Silaturahmi yang Terus Terjalin di Cirumpak

01 Februari 2021

Merasa Sangat Terbantu

15 Desember 2020


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat