Kamis, 04 Maret 2021
Indonesia | English

Peringatan Imlek Nasional Tahun 2021: Untukmu Negeri Kami Berbakti dan Peduli

20 Februari 2021 Jurnalis : Khusnul Khotimah
Fotografer : Khusnul Khotimah


Presiden RI Joko Widodo berharap di tahun yang baru ini Bangsa Indonesia berhasil menghadapi tantangan-tantangan yang ada dan mencapai tujuan yaitu kemajuan-kemajuan yang signifkan.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya mengawali Perayaan Imlek Nasional Tahun 2021 yang digelar secara virtual, Sabtu pukul 10.00 WIB, 20 Februari 2021. Perayaan ini dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo yang berada di Istana Kepresidenan Bogor.

Perayaan ini juga diikuti oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, para pimpinan Lembaga Negara, para duta besar negara sahabat, para menteri Kabinet Indonesia Maju, para gubernur, serta tokoh masyarakat. Terlihat juga dalam layar Zoom, beberapa relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Peringatan Imlek Nasional tahun ini bertajuk Untukmu Negeri Kami Berbakti dan Peduli. Ketua Panitia Perayaan Imlek Nasional Tahun 2021, Gandi Sulistiyanto mengatakan, pada pemerintahan Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid, beliau mengeluarkan kebijakan publik yang makin inklusif. Tak hanya menjadikan Tahun Baru Imlek sebagai peringatan keagamaan dan budaya, namun juga membukakan ruang yang makin luas bagi masyarakat Tionghoa untuk berkontribusi bagi bumi pertiwi melalui beragam cara, minat, dan profesi.

“Tidak hanya lekat dengan aktifitas ekonomi dan bisnis semata,” ujarnya dalam sambutan sebagai Ketua Panitia Perayaan Imlek Nasional Tahun 2021.


Ketua Panitia Perayaan Imlek Nasional Tahun 2021, Gandi Sulistiyanto mengungkapkan, peringatan Imlek Nasional tahun ini bertajuk Untukmu Negeri Kami Berbakti dan Peduli.

Tahun ini, sambung Gandi Sulistiyanto, kontribusi masyarakat Tionghoa bagi bumi pertiwi hadir dalam wujud yang berbeda, yaitu melalui niat tulus memutus mata rantai penyebaran pandemi. Ia menuturkan, saat pandemi mulai masuk ke Indonesia, para pengusaha yang tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI, dan KADIN langsung bergerak mengupayakan pengadaan bantuan peralatan kesehatan seperti ventilator, APD, rapid test kit, serta masker yang kemudian disalurkan ke penjuru nusantara.

Saat penyaluran bantuan peralatan kesehatan masih berlangsung, bantuan pangan seperti paket sembako dan beras juga diberikan kepada masyarakat yang secara ekonomi begitu terpukul dengan dampak dari pandemi.

“Kami laporkan Bapak Presiden, hingga Februari 2021 bantuan tersebut telah menyentuh lebih dari 358 institusi dan lembaga, dan lebih dari 1080 rumah sakit dan puskesmas yang tersebar di Jabodetabek dan 26 provinsi lainnya,” ujarnya.

Bantuan tak berhenti di situ, saat ini Pengusaha Peduli NKRI bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang didukung organisasi lainnya sedang menyiapkan satu juta paket beras dan masker bagi warga kurang mampu.

Tahun yang Penuh Keberanian, Keteguhan, dan Kedisiplinan


Beberapa tamu undangan yang mengikuti Perayaan Imlek Nasional 2021.

“Pertama-tama pada segenap warga Tionghoa di seluruh tanah air, di seluruh Indonesia, saya menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Imlek yang ke 2572. Selamat memasuki tahun baru kerbau di tahun 2021, tahun yang mestinya penuh kekuatan besar, tahun yang penuh keberanian, keteguhan dan kedisiplinan, tahun yang menguatkan kesetiaan kita kepada bangsa dan Negara,” ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo berharap di tahun yang baru ini Bangsa Indonesia berhasil menghadapi tantangan-tantangan yang ada dan mencapai tujuan yaitu kemajuan-kemajuan yang signifkan.

“Kekuatan, keberanian, keteguhan, dan kedisiplinan kerbau harus kita tunjukkan untuk menyelesaikan tantangan-tantangan yang ada yaitu krisis pada saat ini,” tambah Presiden Joko Widodo.

Tahun Baru Imlek 2572 kali ini memang ditandai dengan shio Kerbau Logam yang berarti pekerja keras, tekun sekaligus jujur, dengan kesabaran yang tinggi, terencana untuk mencapai kemajuan, konsisten serta persisten.


Para pemuka agama mendoakan keselamatan bagi bangsa.

Penanganan masalah kesehatan akibat pandemi Covid-19 harus terus dilakukan. Kedisiplinan 3M, 3T, PPKM skala mikro, dan juga vaksinasi harus dilakukan secara cepat dan efektif. Kekuatan semua elemen bangsa harus bersama-sama dikerahkan dan bergotong royong menyelesaikan masalah ini.

“Vaksinasi target kita 182 juta penduduk kita. Saya sampaikan harus bisa diselesaikan pada akhir tahun ini. Memang bukan sesuatu yang mudah, tetapi hitung-hitungan saya, kita memiliki 30.000 vaksinator, ditambah lagi kemarin saya mendapat laporan dari panglima dan Kapolri, ada tambahan lagi 9.000 vaksinator dari TNI/Polri, artinya kita memiliki 39.000 vaksinator,” terang presiden.

Kalau satu vaksinator bisa menyuntik 30 orang, berarti satu  hari ada 1.200.000 orang yang bisa mendapat vaksin. Namun, kata presiden, problem besarnya adalah ketersediaan vaksin saat ini yang belum memenuhi jumlah yang ia inginkan.


Cucu dari Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid, Aurora Maica Madura tampil apik membawakan lagu Ibu Pertiwi.


Para peserta Perayaan Imlek Nasional 2021 yang tampak di layar Zoom.

Begitu juga dengan permasalahan ekonomi, semua pihak harus bersama-sama bergotong royong untuk pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah sendiri telah memberikan bantuan sosial di tahun 2020 dan diteruskan pada tahun ini untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya dan meningkatkan daya beli masyarakat.

“Penanganan permasalahan kesehatan dan perekonomian tidak bisa dipisahkan. Kita harus menunjukkan bukti bahwa permasalahan kesehatan bisa ditangani dengan baik sehingga muncul kepercayaan untuk kebangkitan ekonomi kita,” pungkas presiden.

 

Editor: Hadi Pranoto

Artikel dibaca sebanyak : 288 kali


Berita Terkait


Bersyukur dan Berbagi di Tahun Baru Imlek

19 Februari 2021

Berkah Imlek untuk Keluarga Cun Nyoh

08 Februari 2021

Berbagi Kebahagiaan Lewat Angpau Imlek

08 Februari 2021

Bingkisan Imlek untuk Sekolah Garuda dan SD Emanuel

29 Januari 2021

Merayakan Imlek dengan Bersumbangsih Bagi Sesama

13 Februari 2020


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Orang yang berjiwa besar akan merasakan luasnya dunia dan ia dapat diterima oleh siapa saja!

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat