Sabtu, 19 Oktober 2019
Indonesia | English

Semangat Siswa Membantu Sesama

12 April 2017 Jurnalis : Abdul Harris (Tzu Chi Sinar Mas)
Fotografer : Abdul Harris (Tzu Chi Sinar Mas)

Satu demi satu para siswa SDN 06 Betutu, Kabupaten Siak, Provinsi Riau menuangkan celengan bambu milik mereka masing-masing didampingi relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas, Xie Li Siak.

Dalam rangka meningkatkan kepedulian kepada sesama, sebanyak 20 orang relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Siak berpartisipasi dalam kegiatan penuangan celengan bambu bersama 350 orang pelajar di SDN 06 Betutu, Kabupaten Siak, Provinsi Riau pada Minggu, 5 Maret 2017.

Penuangan celengan bambu ini bukan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh relawan Tzu Chi Xie Li Siak. Kegiatan ini sudah rutin dilakukan para relawan. Sedikit demi sedikit Rupiah yang disumbangkan dari para pelajar ini dikumpulkan dan akan dialokasikan untuk membantu sesama yang membutuhkan.

doc tzu chi

Penyerahan celengan bamboo secara simbolis dari relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas, Xie Li Siak kepada para siswa SDN 06 Betutu.

Pihak sekolah, baik para guru maupun murid antusias dengan kedatangan para relawan Xie Li Siak. Ini diungkapkan salah satu perwakilah Sekolah SDN 06 Betutu, Ali Abror.

“Kami sangat berterima kasih kepada Tzu Chi yang sudah bersusah payah hadir di sekolah kami. Kami juga berterima kasih karena telah memberikan kesempatan kepada anak didik kami untuk dapat berbagi kepada sesama. Kami harap hasil celengan siswa kami dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan,” ujar Ali Abror mewakili kepala sekolah SDN 06 Betutu yang kebetulan berhalangan hadir.

Sebelum acara penuangan celengan bambu dilakukan, relawan Tzu Chi Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Siak melakukan penyerahan celengan bambu secara simbolis kepada beberapa perwakilan siswa SDN 06 Betutu. Para siswa juga sangat memahami tujuan mulia melalui celengan bambu ini.

Setelah acara simbolis, para siswa dari kelas I hingga kelas VI SD ini bersama-sama melakukan penuangan celengan bambu. Salah satu siswa mengaku koin yang ia sumbangkan melalui celengan bambu ini dapat membantu orang yang membutuhkan. “Dari sebagian uang jajan, saya sisihkan untuk ditabung di dalam celengan bambu. Saya melakukannya dengan senang karena saya tahu nantinya uang ini akan digunakan untuk membantu teman-teman yang membutuhkan,” ujar Putra salah satu siswa kelas VI SD.

Ratusan siswa SDN 06 Betutu, Kabupaten Siak, siap menuangkan celengan-celengan bambu milik mereka.

Suasana penuangan celengan bambu berlangsung dengan menyenangkan. Ekspresi bahagia dan keikhlasan terpancar dari wajah para siswa SDN 06 Betutu. Kondisi ini menggugah hati para relawan, karena anak yang usianya masih sangat muda sudah belajar untuk membantu meringankan beban sesama melalui celengan bambu. Para relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas, Xie Li Siak berharap semangat ini tidak hanya dirasakan oleh para siswa di SDN 06 Betutu saja, namun juga dapat menular ke pelajar-pelajar lainnya.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel dibaca sebanyak : 1238 kali


Berita Terkait


Senang Menjadi Bagian dari Pemberi Harapan

23 September 2019

Memupuk Kebiasaan Baik Melalui Celengan Bambu

24 Juni 2019

Penuangan Celengan Bambu dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional

20 Mei 2019

Tekad Berbagi Melalui Penuangan Celengan Bambu

20 Oktober 2017

Membangun Kebiasaan Bersumbangsih

03 Januari 2017


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Mengonsumsi minuman keras, dapat melukai orang lain dan mengganggu kesehatan, juga merusak citra diri.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat