Sepenuh Hati Melayani Masyarakat di Masa Pandemi

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Dok. Tzu Chi Hospital
Pasien di IGD Pandemi yang dalam sepekan sangatlah banyak.

Lonjakan kasus Covid-19 di Jakarta dalam sepekan terakhir membuat banyak rumah sakit kewalahan. Begitu juga yang terjadi di Tzu Chi Hospital, tepatnya di Pandemic Ward yang melayani pasien Covid-19.

Terkait penanganan pasien Covid-19, ada tiga jenis pelayanan di Tzu Chi Hospital, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Pertama, pelayanan Drive Thru, yang di dalamnya ada pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction), Swab Antigen, dan pemeriksaan antibodi kuantitatif. Sejak dibuka pada 2 Juni 2021, Drive Thru tak pernah sepi. Sepekan terakhir bahkan melayani lebih dari 150 sampel.

Tim Medis di Pandemic Ward Tzu Chi Hospital dengan mengenakan APD lengkap berjuang menangani pasien Covid-19 yang saat ini jumlahnya kembali melonjak tajam.

Yang kedua, pelayanan IGD Pandemi yang dibuka sejak 14 Juni 2021. IGD Pandemi ini idealnya hanya untuk 3 pasien, namun kini melayani hingga 5 pasien seiring banyaknya pasien yang mengantre. Pelayanan yang ketiga adalah Rawat Inap, di mana ada 55 Bed, dan semuanya sudah penuh terisi.

Selain membludaknya pasien yang datang ke Tzu Chi Hospital, tantangan lain yang dihadapi adalah adanya risiko tenaga medis yang bisa terserang Covid-19. Namun meski begitu, pelayanan di Tzu Chi Hospital harus terus berjalan.

Dengan penuh keberanian dan tanggung jawab kemanusiaan, tim medis berjuang menangani pasien Covid-19.

“Tentu kami bersyukur ada kesempatan untuk membantu di saat yang tepat meskipun dengan keterbatasan kami. Karena kalau berbicara volume, sebenarnya Pandemic Ward di rumah sakit kami kecil, yakni 56 bed untuk membantu pasien Covid-19, tetapi kami bersyukur kami bisa membantu banyak orang,” terang Suriadi, Direktur Umum Tzu Chi Hospital.

Selain memberikan pelayanan di rumah sakit, Tzu Chi Hospital juga terlibat aktif dalam program vaksinasi. Vaksinasi di antaranya digelar di Mal PIK Avenue, PIK sejak Mei 2021 hingga saat ini yang melayani lebih dari seribu orang setiap harinya. Vaksinasi juga digelar di Aula Jing Si, PIK pada 25-30 Juni 2021 yang melayani sekitar seribu orang setiap harinya.

Suriadi (kiri), Direktur Umum Tzu Chi Hospital bersyukur Tim Tzu Chi Hospital selain terus dapat memberikan layanan di rumah sakit, juga terus aktif dalam program vaksinasi.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Bantuan untuk Pembuatan Peti Jenazah Korban Covid-19

Bantuan untuk Pembuatan Peti Jenazah Korban Covid-19

18 Juni 2021

Membantu masyarakat yang keluarganya meninggal akibat Covid-19, Tzu Chi Padang memberikan 60 lembar triplek untuk pembuatan peti kepada Perkumpulan Sosial Katolik dan Pemakaman (PSKP) Santo Yusuf.

Bersatu Hati Melewati Masa Pandemi Covid-19

Bersatu Hati Melewati Masa Pandemi Covid-19

18 Mei 2020

Pembagian 500 paket sembako bagi warga Cikarang, Bekasi. Pembagian paket sembako ini bekerja sama dengan Kodim 0509/Bekasi Koramil 07/Cikarang. Paket sembako ini diberikan untuk warga desa binaan Desa Sukaraya dan Desa Karang Asih di Cikarang, Bekasi.

Bantuan Sosial Peduli Covid-19 di Kelurahan Ancol dan Kelurahan Pademangan Barat

Bantuan Sosial Peduli Covid-19 di Kelurahan Ancol dan Kelurahan Pademangan Barat

17 Mei 2021

Tzu Chi bersama Polsek Pademangan dan Artha Graha Peduli menyalurkan paket beras dan masker medis untuk warga Kp. Dao Kel. Ancol dan warga Pademangan Barat.

Hanya orang yang menghargai dirinya sendiri, yang mempunyai keberanian untuk bersikap rendah hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -