Jumat, 03 April 2020
Indonesia | English

Syukuran Imlek dan Peresmian Posko Daur Ulang

20 Februari 2014 Jurnalis : Purwanto (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)
Fotografer : Beverly, Mie Li, Yogie P (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

foto
Relawan Tzu Chi bersama-sama meresmikan depo pelestarian lingkungan Tzu Chi di tanjung Balai Karimun dalma serangkaian acara syukuran Imlek tahun 2014.

Beberapa bulan terakhir ini, cuaca di Tanjung Balai Karimun terasa panas. Sebulan lebih di musim penghujan ini, air tak kunjung datang menyirami tanah kota tanjung Balai Karimun. Padahal, hampir semua daerah di Pulau Jawa mengalami curah hujan tinggi bahkan sebagian wilayah terkena dampak banjir. Peristiwa ini merupakan contoh akibat global warming yang menyebabkan cuaca tidak menentu.

Walaupun panas menyengat di daerah Tanjung Balai Karimun, tidak menjadi penghalang bagi para relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun dalam mempersiapkan acara syukuran Imlek pada hari Sabtu, 8 Februari 2014. Sudah cukup lama para relawan penuh semangat saling bekerja sama untuk mempersiapkan segala keperluan acara nantinya. Sikap bekerja sama dan gotong royong antar relawan inilah yang menjadi dasar terlaksananya acara syukuran Imlek kali ini.

Di tahun 2014 ini, perayaan syukuran Imlek Tzu Chi di Tanjung Balai Karimun cukup berbeda dengan syukuran Imlek di tahun-tahun sebelumnya. Malam itu, pukul 19.00 WIB, semua relawan Tzu Chi memeriahkan syukuran Imlek sekaligus meresmikan depo pelestarian lingkungan Tzu Chi “Kasih (Karimun Bersih)”. Hadirnya depo pelestarian lingkungan Tzu Chi di Tanjung Balai Karimun ini memberikan sejuta harapan untuk daerah ini. Melalui depo pelestarian lingkungan ini agar dapat membangkitkan semangat jiwa Bodhisatwa di Kabupaten Karimun untuk menjadikan daerah yang indah, rapi, dan bebas dari sampah-sampah yang dapat mencemari lingkungan.

foto  foto

Keterangan :

  • Depo pelestarian lingkungan Tzu Chi "Kasih" yang kelask menjadi tempat para Bodhisatwa daur ulang dalam melakukan kegiatan pemilahan sampah daur ulang (kiri).
  • Relawan Tzu Chi wanita bersama-sama menyiapkan makanan untuk disajikan pada acara syukuran Imlek, sementara relawan laki-laki menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan (kanan).

Sebelum depo pelestarian lingkungan Tzu Chi “Kasih” diresmikan, para relawan melakukan kegiataan pemilahan sampah daur ulang di halaman rumah Kartono Shixiong dan Sukmawati Shijie. Di komplek depo Tzu Chi Tanjung Balai Karimun, tepatnya di halaman depan rumah relawan Tzu Chi inilah yang disulap menjadi tempat berlangsungnya syukuran imlek tahun 2014 ini.

foto  foto

Keterangan :

  • Relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengikuti kegiatan syukuran Imlek sekaligus peresmian depo pelestarian lingkungan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun (kiri).
  • selain peragaan isyarat tangan, relawan Tzu Chi juga menyuguhkan kreasi seni dengan menyanyi untuk kegembiraan bersama (kanan).

Memaknai Tahun Baru Imlek
Dari serangkaian acara ini, tentu setiap insan Tzu Chi mengharapkan terdapat manfaat yang ingin dicapai. Sehingga diharapkan agar dapat menumbuhkan sikap kebersamaan sesama relawan maupun dengan orang lain, menambah pengetahuan dan pengalaman, melatih keberanian, dan tentunya sebagai sarana untuk mengembangkan kepribadian dan batin yang lebih baik. Dalam acara syukuran imlek ini juga diputarkan ceramah Master Cheng Yen untuk memberikan motivasi pengembangan batin setiap insan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setelah ceramah Master Cheng Yen berakhir juga ditampailkan peragaan bahasa isyarat tangan oleh relawan. Selain itu terdapat penampilan kesenian bersama untuk memeriahkan acara dan menghidupkan suasana syukuran imlek yang dipandu oleh Nely Shijie dan Lissa Shijie.

Di penghujung acara, salah satu relawan 3 in 1 Tzu Chi, Mie Li Shijie memberikan sambutan dan pengarahan kepada semua relawan yang hadir. Ia berharap agar ke depan semua relawan dapat saling membantu dan bekerjasama untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang kita miliki di Tzu Chi. Melalui sikap tanggung jawab dan saling bekerjasama inilah Tzu Chi dapat menjadi lebih baik, maju, dan berkembang.

Artikel dibaca sebanyak : 1273 kali


Berita Terkait


Rasa Haru Tim Medis Dengan Bantuan Tzu Chi

02 April 2020

Bantuan Penanggulangan Covid-19 di Provinsi Riau

01 April 2020

Tzu Chi Palembang Peduli Penanganan Covid-19

01 April 2020

Dukungan untuk Tim Medis di Karimun

30 Maret 2020

Bermawas Diri dalam Merebaknya Wabah Virus

27 Maret 2020


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Bertuturlah dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik, lakukanlah perbuatan yang baik.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat