Rabu, 18 September 2019
Indonesia | English

Tempat Tidur Lipat Serba Guna Jing Si

11 September 2014 Jurnalis : doc Tzu Chi Taiwan
Fotografer : Tzu Chi Foundation

Penghargaan Design The Red Dot adalah penghargaan produk Internasional desain yang dihadiahkan oleh The Design Zentrum Nordrhein di Jerman. Kategori penghargaan untuk desain produk, desain komunikasi dan konsep-konsep desain. Penghargaan desain The Red Dot diakui secara Internasional, seperti di Jerman dikenal dengan penghargaan IF dan di Amerika penghargaan International Design Excellence Awards (IDEA).  Setiap tahun penghargaan Desain The Red Dot menerima karya lebih dari 10.000 yang diserahkan dari 60 negara lebih.

Pada tahun 2014, sebanyak 4,815 jumlah pendaftar berasal dari 1,816 produsen. Tempat tidur lipat serba guna The Jing Si dipilih oleh 40 anggota juri sebagai pemenang penghargaan produk berkualitas tertinggi. Di balik kegembiraan memenangkan penghargaan ada cerita yang menggerakkan hati mengenai kehangatan dan cinta kasih.

Pada musim panas 2010, Pakistan dilanda bencana banjir yang hebat. Salah satu video penyelamatan bencana yang direkam oleh relawan Tzu Chi memperlihatkan bayi perempuan yang dibungkus dengan kain tipis dan terbaring kedinginan di lantai yang basah. Melihat gambar tersebut Master Cheng Yen merasa sangat sedih. Banyak korban dan anak kecil yang menderita akibat bencana banjir. Beliau mendiskusikan solusi penanganan bencana dengan relawan Tzu Chi dan memikirkan untuk menciptakan tempat tidur lipat yang akan digunakan untuk korban selamat dari bencana.

 Relawan-relawan merancang dan memproduksi tempat tidur lipat, sekitar 10.000 tempat tidur lipat diberikan pada korban bencana banjir di Pakistan yang selamat. Mereka menyediakan korban selamat dengan tempat yang aman dan nyaman untuk tidur. Di bawah bimbingan Master Cheng Yen, tim desain Tzu Chi membuat perbaikan lanjutan pada desain tempat tidur lipat. Akhirnya muncullah tempat tidur lipat serba guna Jing Si.  

Tempat tidur lipat multi fungsi ini memiliki tinggi 30 centimeter, maka akan tetap kering di tanah yang basah. Ukiran atas dan samping membuatnya ringan dan memungkinkan sirkulasi udara yang baik. Terbuat dari polypropylene yang bersahabat untuk kulit, tempat tidur lipat dapat digunakan untuk duduk dan tidur serta  mudah untuk dibawa.

Akibat Topan Haiyan yang menghancurkan Filipina pada Nopember 2013, tempat tidur lipat Jing Si disediakan dengan jumlah banyak untuk membantu korban selamat yang tidak terhitung jumlahnya. Selain itu bencana Topan Haiyan mengakibatkan para korban tidak memiliki rumah. Tempat tidur lipat juga membantu mencegah penyebaran penyakit-penyakit yang disebabkan bencana. Keberadaan Tzu Chi memberikan harapan serta tetap menjaga martabat korban banjir yang selamat. Pada suatu hari nanti mereka akan belajar untuk berterima kasih dan bersumbangsih untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Tempat Tidur Yang Memberkati dan Bijaksana
Tempat tidur lipat multi guna Jing Si diciptakan bertujuan untuk memberikan bantuan kepada korban yang menderita. Saat mereka merasakan penderitaan, para anggota Tzu Chi menolong korban yang membutuhkan. Para anggota Tzu Chi secara bersama-sama menyatukan kekuatan dan kebijaksanaan, terkait dengan tempat tidur lipat serba guna dirancang sebagai bantuan bencana yang sangat berguna dengan banyak fungsi.

Saat bencana, tempat tidur lipat memberikan keuntungan, membuat orang merasa tenang dan nyaman. Setelah membantu korban dari penderitaan, ada hal penting yang harus dilakukan yaitu membimbing mereka agar mengerti bahwa keserakahan manusia merupakan salah satu penyebab dari banyaknya bencana. Selain itu membantu untuk menyadarkan mereka dengan memurnikan hati dan pikiran manusia adalah solusi terakhir. Di dalam pemikirannya Master Cheng Yen memberi nama tempat tidur lipat ini sebagai “Tempat tidur Berkat dan Kebijaksanaan.” Penghargaan The Red Dot merupakan penghargaan Internasional kepada produk The Jing Si sebagai produk terbaik dari segi kualitas dan desain. Di samping itu melambangkan kasih universal Buddha dibalik produk-produk Jing Si untuk bantuan bencana.

Foto  Tzu Chi Foundation

Diterjemahkan oleh Susy Grace Subiono

Artikel dibaca sebanyak : 2384 kali


Berita Terkait


Berita Internasional: Cinta Kasih Lintas Benua untuk Afrika

24 Juni 2019

Berita Internasional: Bantuan Keuangan untuk Puluhan Mahasiswa Yaman di Istanbul

22 Januari 2019

Berita Internasional: Master Cheng Yen Terima Gelar Doktor Kehormatan

17 Januari 2019

Berita Internasional: Sekolah untuk Anak-anak Suriah di Istanbul Menjadi Sekolah Resmi

14 Desember 2018

Berita Internasional: Tzu Chi Memasang Sistem Penyaringan Air di Laos

12 September 2018


Kirim Komentar


Name
Required
Email
Required, not shown
Comment
Required
Recaptcha
Kebahagiaan berasal dari kegembiraan yang dirasakan oleh hati, bukan dari kenikmatan yang dirasakan oleh jasmani.

Kata Perenungan Master Cheng Yen

Tzu Chi Web Stat