Tzu Chi Salurkan Bantuan untuk Warga Kota Sintang dan Kab. Melawi

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya

Relawan Tzu Chi bersama TNI Polri dan Pemerintah Daerah Kota Sintang dan Kab. Melawi bersama-sama membawa satu karung beras ke atas mobil untuk disalurkan ke warga yang terdampak banjir di Kota Sintang.

Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Melawi dan Kota Sintang, Kalimantan Barat, Rabu 17 November 2021. Penyaluran bantuan tersebut berlangsung di Desa Nanga Belimbing, Kec. Pinoh Utara dengan didampingi oleh anggota Kodim dan Polres, serta Dinas Perhubungan Kabupaten Melawi. Relawan Tzu Chi menyalurkan 10.000 paket berisi 10 kg beras, 1 liter minyak goreng, dan 5 bungkus mi instan, serta 500 kg telur untuk dapur umum.

Komandan Kodim 1205/STG, Letkol Inf. Kukuh Suharwiyono, Satgas Penanganan Banjir di Kota Sintang mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang sudah hadir di tengah-tengah warga Kota Sintang yang saat ini mengalami bencana.

Relawan Tzu Chi membagikan paket beras kepada warga Desa Nanga Belimbing di Kab. Melawi. Akses jalan yang masih tergenang membuat relawan menggunakan jalur sungai untuk menyalurkan bantuan.

Relawan Tzu Chi didampingi oleh TNI-Polri membagikan paket bantuan untuk warga Nanga Belimbing, Pinoh Utara.

“Ini merupakan perhatian yang sangat diharapkan dari warga yang terdampak banjir. Hari ini kami akan menyalurkan bantuan dengan relawan Tzu Chi menggunakan jalur sungai dengan perahu karet. Semoga kebutuhan pokok masyarakat bisa terpenuhi terutama sembako,” ujar Letkol Kukuh.

Bantuan ini diberikan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama dan rasa kemanusiaan untuk sedikit meringankan beban warga yang terdampak banjir. Letkol Kukuh juga mengungkapkan bahwa saat ini warga sangat membutuhkan terpal untuk tenda, susu balita, popok bayi, pembalut, obat-obatan, dan obat nyamuk.

Relawan Tzu Chi mengemas paket beras masing-masing 10 kg dan 5 bungkus mi instan di ruang Aula Makodim 1205/STG.

Relawan Tzu Chi Sinar Mas di wilayah Sintang turut hadir dalam penyaluran bantuan banjir di Kota Sintang. Relawan Tzu Chi Sinar Mas turut menyalurkan bantuan paket sembako di wilayah desa binaan.

Tjiu Bun Fu, Koordinator Bantuan Banjir di Kota Sintang bersama relawan Tzu Chi Jakarta, Singkawang, dan relawan Tzu Chi Sinar Mas mengatakan bantuan yang diberikan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia adalah beras, minyak goreng, mi instan, dan telur (untuk dapur umum).

“Hari ini kami bersinergi dengan Kodim 1205/STG untuk menyalurkan sembako ke beberapa titik, seperti dapur umum dan pemukiman di pesisir sungai yang terdampak banjir sangat parah,” ujar Tjiu Bun Fu. “Bantuan yang kami berikan ini akan habis pada waktunya, namun cinta kasih yang kami berikan semoga dapat terkenang bagi warga Sintang, dan mudah-mudahan dapat meringankan beban saudara kita yang menjadi korban bencana banjir di sintang ini,” harapnya.

Suasana pengemasan paket beras dibantu oleh anggota TNI AD dan TNI AL.

Komandan Kodim 1205/STG, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang sudah hadir di tengah-tengah warga Kota Sintang yang saat ini mengalami bencana banjir.      
 

Di Kota Sintang, akses jalan warga juga ada yang beberapa terputus sehingga mereka terjebak di rumahnya. Perahu-perahu menjadi andalan warga untuk keluar rumah guna memenuhi kebutuhan mereka.

Kepala Desa Nanga Belimbing Wawan mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang sangat peduli kepada warga Melawi. “Terima kasih banyak Pak, atas bantuan ini. Karena memang bantuan ini sangat diperlukan oleh masyarakat yang terdampak banjir. Lalu karena kendala transportasi air yang sulit, jadi kami ambil ke sini (RSUD Nanga Pino) dan nanti saya bagikan langsung di sana (desa),” ungkap Wawan.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Tzu Chi Salurkan Bantuan untuk Warga Kota Sintang dan Kab. Melawi

Tzu Chi Salurkan Bantuan untuk Warga Kota Sintang dan Kab. Melawi

18 November 2021

Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat masih dilanda banjir hingga (17/11/2021). Relawan Tzu Chi menyalurkan 10.000 paket berisi 10 kg beras, 1 liter minyak goreng, dan 5 bungkus mi instan, serta 500 kg telur untuk dapur umum.

Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -