Presiden Joko Widodo Meninjau Bantuan Tzu Chi di Sintang

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Muchlis Jr (Biro Pers Sekretariat Presiden), Anand Yahya, Arimami Suryo A.

Relawan Tzu Chi yang turut memberikan bantuan untuk para korban banjir di Kab. Sintang dan Kab. Melawi pada 16 – 19 November 2021 lalu turut hadir dalam kunjungan Presiden Jokowi pada Rabu, 8 Desember 2021.

Musibah banjir besar di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat mendapat tanggapan dari Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi lokasi bantaran Sungai Kapuas di Desa Ladang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat pada Rabu, 8 Desember 2021.

Relawan Tzu Chi yang turut membantu menyalurkan bantuan untuk warga Kab. Sintang dan Kab. Melawi pada 16 – 19 November 2021 lalu turut hadir dalam kunjungan Presiden Jokowi ini.

Hong Tjhin, Sekretaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia berkesempatan menjelaskan kepada Presiden Joko Widodo beserta pihak dari Kementerian PUPR, Kementerian Sosial, Kementerian Perhubungan, dan Sekretaris Negara tentang jumlah bantuan yang sudah Tzu Chi salurkan.

Hong Tjhin, Sekretaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia berkesempatan menjelaskan kepada Presiden Joko Widodo beserta Kementerian PUPR, Kementerian Sosial, Kementerian Perhubungan, dan Sekretaris Negara tentang jumlah bantuan yang sudah Tzu Chi salurkan.

Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Kodim 1205/STG dan Polairud Kab. Sintang menyalurkan bantuan paket sembako untuk korban banjir di Kota Sintang dan Kab. Melawi, Kalimantan Barat serta dapur umum di lokasi pengungsian.

Bantuan yang telah Tzu Chi salurkan yaitu berupa beras sumbangan dari Pengusaha Peduli NKRI dan KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) sebanyak 220.000 kg, mi instan (83.000 bungkus), minyak goreng (4.575 pouch), air mineral (21.000 botol), biskuit (15.000 bungkus), telur (500 kg), obat masuk angin (5.000 buah), selimut (1.000 buah), pembalut (8.000 buah), popok bayi (12.000 buah), dan paket higienis (sabun mandi, sikat dan pasta gigi) sebanyak 1.000 buah untuk warga Kab. Sintang dan Kab. Melawi.

Pada sambutannya Presiden Joko Widodo mengatakan akan membangun infrastruktur dalam rangka mengatasi banjir. “Pembangunan tanggul geotube yang diisi pasir dalam jangka pendeknya bisa mengurangi banjir,” ujar Jokowi.

Hong Tjhin sekretaris umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menunjukkan bantuan beras donasi dari Pengusaha Peduli NKRI dan KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) melalui Yayasan Tzu Chi Indonesia.

Presiden Joko Widodo juga mengatakan bahwa bencana banjir yang terjadi di Kab. Sintang dan Kab. Melawi disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi akan tetapi, untuk jangka menengah dan panjangnya Jokowi menginstruksikan untuk melakukan pembangunan tanggul yang baik serta memperbaiki kerusakan aliran sungai dan wilayah tangkapan hujan. Presiden pun menginstruksikan untuk kembali melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Kapuas dan Sungai Melawi.

Dukungan dari Pengusaha Peduli NKRI
Sebelumnya, Tzu Chi Indonesia bersama para pengusaha di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia KADIN) atau yang disebut Pengusaha Peduli NKRI berkomitmen dalam memberikan perhatian kepada masyarakat terkait penanganan pandemi Covid-19. Komitmen ini diwujudkan dengan penggalangan donasi untuk pengadaan 35.000 ton beras bagi 7 juta kepala keluarga yang penyalurannya mulai dilaksanakan pada Jumat, 23 Juli 2021 di Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara. Selain beras, donasi tersebut juga digunakan untuk pengadaan konsentrator oksigen, penyaluran obat-obatan untuk pasien Covid-19, serta dukungan penyelenggaraan sentra vaksinasi bersama.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Pengusaha Peduli NKRI menggelar acara Kickoff Penyerahan Beras PPKM Darurat Donasi Pengusaha Peduli NKRI di Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara pada 23 Juli 2021.

Di awal pandemi, inisiatif yang dilakukan Tzu Chi Indonesia bersama Pengusaha Peduli NKRI yang bermula pada Maret tahun 2020, berhasil menggalang dana lebih dari Rp 660 miliar. Dana yang terkumpul kemudian diwujudkan untuk pengadaan bahan pangan bagi masyarakat, beserta peralatan kesehatan seperti ventilator, alat pelindung diri, peralatan uji cepat, masker bagi para tenaga kesehatan, dan fasilitas medis melalui koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Bantuan ini pun sudah tersebar ke 358 institusi dan 1.080 rumah sakit serta Puskesmas di Jabodetabek, dan 26 provinsi lain di Indonesia.

Selain itu dalam momentum perayaan Imlek, Tzu Chi Indonesia dan Pengusaha Peduli NKRI juga telah melaksanakan pembagian 7.381.790 kg beras dan 13.739. 840 lembar masker medis kepada 738.179 keluarga yang terdampak (secara ekonomi) wabah Covid-19 yang tersebar di 6 Provinsi di Pulau Jawa.

Editor: Metta, Hadi

Artikel Terkait

Tzu Chi Salurkan Bantuan untuk Warga Kota Sintang dan Kab. Melawi

Tzu Chi Salurkan Bantuan untuk Warga Kota Sintang dan Kab. Melawi

18 November 2021

Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat masih dilanda banjir hingga (17/11/2021). Relawan Tzu Chi menyalurkan 10.000 paket berisi 10 kg beras, 1 liter minyak goreng, dan 5 bungkus mi instan, serta 500 kg telur untuk dapur umum.

Presiden Joko Widodo Meninjau Bantuan Tzu Chi di Sintang

Presiden Joko Widodo Meninjau Bantuan Tzu Chi di Sintang

09 Desember 2021

Sekretaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin berkesempatan menjelaskan bantuan yang telah disalurkan Tzu Chi Indonesia untuk warga Sintang.

Seulas senyuman mampu menenteramkan hati yang cemas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -